Inilah 10 Tanaman Hias yang Perlahan Meracuni Kesehatanmu

Inilah 10 Tanaman Hias yang Perlahan Meracuni Kesehatanmu

Tanaman indoor cenderung semakin populer karena banyak orang tinggal di rumah berlahan sempit. Saat menghias rumah, akhirnya mereka memilih tanaman yang sebenarnya harus diwaspadai, terutama kalau berisiko terhadap kesehatan.

Di Sisi Terang, kami sangat mengerti bahwa memiliki tanaman hias membuatmu senang dan sedikit menghijaukan hidup kita, tapi kami juga ingin menjaga keselamatan keluargamu dari keracunan. Awas: daftar tanaman di bawah ini mungkin membuatmu terkejut!

1. Dieffenbachia

Meskipun memiliki daun berwarna indah, Dieffenbachia alias daun bahagia atau sri rejeki adalah salah satu tanaman utama yang bisa menyebabkan keracunan.

Paparan tak sengaja bisa menyebabkan lecet di mulut, diare, mual dan muntah, sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, pembengkakan, dan rasa nyeri.

2. Lidah mertua

Sansevieria, yang populer dengan nama “lidah mertua”, adalah tanaman indoor yang digunakan sebagai dekorasi rumah. Tanaman ini mengandung zat bernama saponin, yang bisa meracuni jika tertelan.

Karena saponin bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare, lebih baik jauhkan hewan peliharaan dari tanaman ini!

3. ZZ plant

Zamioculcas zamiifolia, atau lebih umum disebut pohon dolar aliasZZ plant,” berpotensi menimbulkan nyeri, iritasi kulit, dan pembengkakan jika tertelan.

Jika kamu menyentuhnya, cuci area yang terkena dengan air mengalir dan kalau perlu, hubungi tenaga medis profesional.

4. Aloe

Tanaman Aloe memiliki berbagai kegunaan dan kehadirannya dalam daftar ini mungkin membuatmu terkejut! Menurut para ilmuwan, tanaman ini mengandung zat yang bisa menyebabkan diare, alergi, dan masalah ginjal.

5. Marigold

Jika tertelan, Tagetes, atau yang lebih dikenal dengan nama Marigold atau bunga tai ayam, bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Getah tanaman ini juga bisa menyebabkan ruam kulit.

6. Philodendron

Philodendron mengandung bahan yang disebut kalsium oksalat yang bisa menyebabkan nyeri dan kesulitan menelan. Meskipun tanaman ini tampak indah, ingat untuk menjauhkan hewan peliharaan darinya.

7. Keladi

Daunnya yang berbentuk hati memang cantik dan mungkin tampak ramah, tapi waspadalah, tanaman ini bisa jadi berbahaya dan beracun.

Jika binatang dan anak-anak menyentuh daun keladi, mereka bisa kesulitan bernapas dan mengeluarkan air liur berlebihan. Dalam kasus ini, paling baik menghubungi spesialis toksikologi atau badan khusus yang menangani keracunan dan cuci/basuh area yang terkena.

8. Pothos

Tanaman ini berdaun besar cantik, yang menjadikannya sangat elegan sebagai dekorasi rumah. Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama devil’s ivy.

Seperti keladi, tanaman ini juga mengandung zat seperti kalsium oksalat, yang mungkin menyebabkan iiritasi pada bibir, lidah, dan mulut, keluar air liur berlebihan, dan bahkan muntah.

9. Daun patah tulang

Meskipun tampak cantik, daun patah tulang bergetah korosif yang bisa menyebabkan iritasi ekstrem terhadap kulit dan mata. Itu sebabnya, tanaman ini harus ditangani dengan hati-hati menggunakan sarung tangan dan pelindung mata.

Jika tanaman ini terkena mata, kemerahan, gatal, dan sensasi terbakar akan terjadi dan bahkan berefek negatif terhadap penglihatan manusia.

10. Bunga Foxglove

Juga dikenal sebagai Digitalis purpurea, bunga ungu cantik ini hadir sebagai tanaman hias di kebun atau ditanam sebagai tanaman rumah.

Yang hanya diketahui sedikit orang adalah bahwa daun, bunga, dan bahkan bijinya mengandung bahan yang dikenal sebagai digoksin yang bisa fatal bagi hewan dan manusia yang menelannya.

Karena racunnya, memiliki tanaman ini di dalam rumah bisa berisiko sangat tinggi terhadap kesehatan manusia dan hewan yang hidup di sekitarnya.

Adakah tanaman dari daftar ini yang membuatmu khawatir? Jika ya, dan kamu masih ingin memiliki salah satunya, pastikan untuk menjauhkannya dari anak-anak dan hewan peliharaan dan selalu kenakan sarung tangan saat menanganinya.

Apa kamu punya salah satu dari tanaman ini di rumah? Jika ya, beri tahu kami di kolom komentar dan bagikan pengalamanmu!

Bagikan Artikel Ini