Inilah 5 Keajaiban Mandi Air Dingin Bagi Kulitmu

Banyak dari kita berpikir bahwa mandi air dingin menggunakan pancuran akan memberi kita dorongan energi dan membantu menyegarkan diri di pagi hari. Tapi mandi di air dingin juga punya banyak manfaat lain bagi kecantikan. Mandi pancuran sebentar dengan air dingin atau agak dingin adalah trik kecantikan mudah yang bisa memberi perubahaan luar biasa pada kulit.

Sisi Terang sudah melakukan riset untuk mengetahui manfaat mandi air dingin menggunakan pancuran secara rutin bagi kulitmu. Dan ternyata, mandi air dingin ini bisa membawa perubahan mengejutkan bagi kulitmu.

1. Mandi air dingin membuat kulitmu sehat berkilau.

Mandi air dingin membantu meningkatkan sirkulasi darah. Untuk wajah, mandi air dingin memungkinkan kulitmu tampil segar berkilau. Bukan cuma itu, kamu tidak perlu terlalu lama terpapar air dingin kalau mau kulitmu lebih cerah. Mandi dengan air yang tidak terlalu dingin atau bahkan suam-suam kuku sudah cukup untuk menyegarkan kulitmu.

2. Mandir air dingin mencegah penuaan kulit.

Kebiasaan mandi air dingin secara teratur setiap hari membantu kulitmu awet muda lebih lama. Air dingin mengaktifkan sistem sarafmu, sehingga tubuh melepaskan hormon dan molekul otak yang berguna untuk menangkal stres. Penelitian menyebutkan bahwa tekanan psikologis memiliki dampak langsung pada penuaan kulit dan memengaruhi banyak sistem di dalam tubuh secara negatif.

3. Mandir air dingin mencegah kondisi kulit akibat stres.

Mandi air dingin mengirimkan banyak impuls listrik ke otak dan merangsang pelepasan “hormon bahagia” atau endorfin. Saat bahan kimia ini dilepaskan oleh tubuh, tingkat stresmu menurun dan membuatmu lebih kebal terhadap masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis.

4. Mandir air dingin mengencangkan pori-pori.

Air panas dapat menghilangkan minyak pelindung yang diproduksi oleh kulit, sedangkan air dingin dapat memperkecil pori-porimu sementara. Air dingin juga membantu memberi wajahmu daya tahan dan meningkatkan kecerahan kulit. Karena air dingin dapat mengompres pembuluh darah, wajahmu takkan terlihat terlalu bengkak atau merah lagi.

5. Mandir air dingin meredakan ketidaknyamanan dari sejumlah masalah kulit.

Sementara mandi air panas dapat membuat kulit meradang, menimbulkan kemerahan, gatal, dan bahkan mengelupas, air dingin justru melakukan yang sebaliknya. Bagi mereka yang kulitnya gatal-gatal, pancuran air dingin dapat membantu mengatasi sensasi ingin menggaruk. Menurut sebuah penelitian, mendinginkan kulit dengan mandi air dingin juga membantu mengurangi gatal-gatal akibat psoriasis.

Kamu lebih sering mandi menggunakan air panas atau dingin? Apa kamu pernah memperhatikan pengaruhnya terhadap kulitmu?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini