Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah 7 Tips untuk Menjadikan Gigimu Putih dan Sehat

92% orang dewasa yang berusia antara 20 sampai 64 tahun mengalami gigi berlubang pada gigi permanen mereka. Kedengarannya ini adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindari. Tapi kalau tetap mengikuti tips profesional yang benar, kita bisa menyelamatkannya atau setidaknya memperlama masa hidup sehat gigi kita.

Kami di Sisi Terang suka tersenyum dan ingin semua orang menikmati tawa, maka hari ini kami hadirkan 7 tips yang bisa membantumu lebih sering tertawa dengan gigi yang sehat.

1. Minum kopi dan teh dengan susu

Minuman kopi bisa sangat asam, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk kopi hitam. Jika kamu meminumnya setiap hari, kopi bisa menipiskan gigi-gigimu. Selain itu, kopi hitam akan menodai gigi, sebab mengandung tanin.

Solusinya, minumlah kopi dengan susu. Hal yang sama berlaku bagi teh hitam.

2. Jangan gosok gigi langsung setelah minum teh atau kopi.

Para ahli berkata, yang terbaik adalah tidak mencampuradukkan pasta gigi dengan kopi. Lebih baik menggosok gigimu 30 menit sebelum minum kopi. Jika kamu menggosok gigi sesudahnya, tunggu setidaknya 1 jam, baru gosok gigi. Kopi dan teh menguraikan email gigi karena komposisinya yang asam.

Yang terbaik, ikuti aturan ini bukan cuma setelah minum kopi, tapi juga setelah makan.

3. Minum air berfluorida setelah makan.

Air liur berperan penting dan menjaga keamanan gigi kita. Kopi dan makanan mengurangi produksi air liur. Cukup minum lebih banyak air putih, yang terbaik adalah air yang mengandung fluorida, setelah makan. Hal ini bisa menghentikan terbentuknya lubang gigi dan memperkuat gigi.

4. Dapatkan sealant gigi sementara.

Sealant gigi efektif untuk mencegah kerusakan gigi pada permukaan penggigit gigi geraham. Area ini bisa terisi oleh partikel-partikel makanan dan sulit dihilangkan dengan sikat gigi. Dalam kasus ini, sealant bisa menyelamatkanmu. Berkonsultasilah kepada dokter gigi jika kamu membutuhkannya.

5. Lakukan flossing sebelum gosok gigi.

Membersihkan gigi dengan benang gigi (flossing) secara teratur juga bisa mengurangi napas berbau dan penyakit lain dengan hilangnya plak. Spesialis menganjurkan agar kamu melakukan ini tepat sebelum menggosok gigi, bukan sesudahnya. Tindakan ini akan membantu sikat gigimu mencapai area yang tadinya tertutup.

6. Lakukan flossing dengan cara yang sama tiap hari.

Tetaplah melakukan flossing dengan pola yang teratur. Mulailah dengan gigi atas dan bergeraklah dari kiri ke kanan. Setelah selesai, lakukan hal yang sama pada gigi bawah dari kiri ke kanan.

7. Kunyah permen karet sampai 20 menit.

Mengunyah permen karet selalu lebih baik dilakukan sehabis makan, tapi permen karetnya harus yang bebas gula. Kunyah sampai 20 menit untuk meningkatkan produksi air liur dan mengurangi dampak asam setelah makan.

Tips-tips mana yang kamu ikuti untuk menjaga kesehatan gigimu? Sesering apa kamu menggosok gigi setelah makan?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Kesehatan/Inilah 7 Tips untuk Menjadikan Gigimu Putih dan Sehat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya