Inilah Alasan Kamu Harus Melepas Perhiasan Sebelum Tidur

Banyak dari kita punya perhiasan yang memiliki arti spesial, sampai-sampai kita tak ingin melepasnya. Terkadang, kita terlalu lelah untuk melepaskan semua cincin dan gelang kita sebelum tidur. Meskipun banyak dari kita yang tidur tanpa melepas perhiasan, ternyata hal ini punya efek yang lumayan tidak bagus, lho.

Kami di Sisi Terang benar-benar dapat memahami keputusan untuk tidak melepas perhiasan sebelum tidur. Jadi, kami memutuskan untuk mencari tahu apakah tidur dengan perhiasan bisa berakibat buruk untuk kesehatan maupun permatamu.

1. Kamu akan kesulitan melepaskan cincinmu di pagi hari.

Kamu mungkin pernah memperhatikan kalau tangan dan jarimu tampak sedikit lebih besar di pagi hari. Ini terjadi karena saat kita berbaring tak bergerak di malam hari, cairan menumpuk di dalam jaringan dan menyebabkan kita bangun dengan tangan yang agak bengkak. Jika kamu tertidur dengan memakai cincin, akan jauh lebih sulit melepasnya di pagi hari. Untuk lebih mudah melepaskan cincin dari jari yang bengkak, kamu perlu menggunakan sabun cair atau minyak sayur, atau bahkan memasukkan tanganmu ke dalam air es untuk mengurangi bengkaknya.

2. Tidurmu bisa terganggu.

Tidur dengan mengenakan kalung dapat membuat istirahat malammu penuh risiko, terutama jika kamu suka berguling-guling. Rantai kalung bisa terjerat di rambut atau melilit lehermu, lalu mengganggu tidurmu. Jika kalung favoritmu memiliki liontin, benda ini dapat menusukmu saat tidur, dan itu bisa membuatmu terbangun. Kalau kamu tidak bisa berpisah dari perhiasan yang sangat berarti bagimu di malam hari, pilihlah desain yang tidak akan mengganggu tidurmu, seperti kalung yang terbuat dari bahan yang lembut dan fleksibel.

3. Kulitmu bisa saja iritasi.

Sebagian bahan baku perhiasan, seperti nikel, dapat menimbulkan reaksi alergi lalu membuat kulitmu gatal dan memerah. Meskipun emas dan perak mungkin terdengar seperti pilihan yang aman, keduanya juga sering mengandung logam lain. Jika kulitmu sensitif dan rentan alergi, pastikan perhiasanmu terbuat dari emas 14 karat atau yang lebih tinggi. Ini berarti kandungan emasnya lebih murni dan kecil kemungkinannya untuk menimbulkan reaksi alergi.

4. Cuping telingamu bisa kendur.

Tidur sambil memakai giwang bisa membuat tidak nyaman. Tidur tanpa melepas anting yang besar dan berat juga dapat membuat cuping telingamu menua dan memanjang. Lama-lama, daun telinga pun akan kehilangan elastisitasnya. Jika kamu tidak memberinya waktu untuk beristirahat dan bernapas di malam hari, daun telinga akan terkulai dan kendur. Mengenakan anting di malam hari juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Ketika sebum (zat kekuningan yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak pada kulit) bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, ini bisa membuat lubang tindikanmu berbau tidak sedap.

5. Kebiasaan ini bisa menyebabkan bertumpuknya bakteri.

Jika kamu tidak melepas perhiasan untuk membersihkannya dengan benar, perhiasan favoritmu itu bisa menjadi tempat berkembang biaknya kotoran dan bakteri. Cincin yang melekat erat dengan kulit berfungsi sebagai perangkap kelembapan, menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri.

6. Perhiasanmu bisa saja rusak.

Meskipun tidur dengan tetap memakai cincin pertunangan atau cincin kawin sudah menjadi kebiasaan banyak orang, tetap saja lebih baik melepasnya sebelum tidur. Hal ini demi menjaga kondisi perhiasan tersebut. Kalau kamu orang yang tidak bisa diam saat tidur, perhiasanmu bisa terbentur ranjang atau nakas, lalu pecah. Saat kamu berguling dalam tidur, bagian tajamnya bisa menyangkut pada seprai, yang bisa membuat kainnya rusak. Tidur dengan mengenakan perhiasan juga dapat menyebabkan perhiasan jadi kotor. Karena saat kita tidur, kita mengeluarkan keringat yang bisa menempel pada perhiasan dan memudarkan kilaunya.

Apa kamu pakai perhiasan saat tidur? Hal apa lagi yang bisa kamu tambahkan ke dalam daftar ini?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini