Inilah Penyebab Wanita Tampak Menua Lebih Cepat Daripada Pria

Bukan rahasia lagi bahwa wanita hidup lebih lama dari pria. Ini tampaknya kabar baik untuk para wanita, tapi ada satu hal yang tak mereka duga. Ternyata, wanita menua lebih cepat daripada pria. Dan tentu saja, ada banyak penyebabnya—mulai dari kehamilan sampai menopause dan masih banyak lagi.

Sisi Terang sedang dalam misi mencari tahu penyebab pria bisa awet muda.

Wanita lebih rentan stres daripada pria.

Menurut dr. Judith Mohring, wanita lebih rentan mengalami stres berat, terutama jika itu berhubungan dengan pekerjaan. Selain itu, perbedaan hormonlah yang menjadi penyebabnya. Peningkatan hormon berkaitan dengan depresi. Selain itu, Seasonal Affective Disorder lebih banyak memengaruhi wanita daripada pria. Stres terus menerus menyebabkan penuaan dini.

Wanita yang telah melahirkan lebih cepat menua.

Sebuah penelitian yang dilakukan di George Mason University membuktikan bahwa kehamilan membuatmu terlihat 11 tahun lebih tua. Masalahnya, wanita yang telah melahirkan memiliki telomer yang lebih pendek daripada yang tak pernah melahirkan. Semakin pendek telomermu, semakin tua kamu terlihat. Selain itu, stres saat kehamilan adalah hal yang biasa dialami dan itu juga mempercepat proses penuaan.

Kulit pria lebih tebal.

Menurut dermatolog, kulit pria 25 persen lebih tebal daripada kulit wanita. Persentasenya bisa berbeda-beda, tapi rata-rata sama. Namun, meskipun ada lebih sedikit kerutan di wajah pria, kerutan itu lebih dalam daripada kerutan di wajah wanita.

Kadar testosteron berbeda.

Estrogen bertanggung jawab atas wajah muda wanita sementara testosteron atas wajah pria. Kadar testosteron yang tinggi memperlambat penuaan. Meskipun estrogen juga berfungsi sebagai hormon antipenuaan, produksinya menurun lebih cepat daripada testosteron. Itu sebabnya wanitalah yang lebih dulu keriput.

Menopause memberi dampak besar.

Berkurangnya hormon saat menopause mempercepat proses penuaan. Saat wanita mengalami menopause, tubuh mereka berhenti memproduksi kolagen sebanyak dulu. Ini menyebabkan hilangnya kekenyalan kulit.

Kamu percaya wanita menua lebih cepat daripada pria? Apa kamu terlihat muda untuk usiamu?

Bagikan Artikel Ini