Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah Perubahan Tubuhmu Jika Kamu Makan Lebih Banyak Kacang Pistasio

Berat badan terkontrol, kolesterol menurun dan kesehatan usus membaik, manfaat bagi fungsi kognitif, dan lebih banyak lagi untuk kesehatan—kacang kecil dan imut ini menyembunyikan sekian banyak potensi di dalamnya. Selain lezat, kacang pistasio juga mengandung banyak sekali elemen yang dibutuhkan tubuh kita. Baik ditambahkan ke hidanganmu atau dimakan sebagai kudapan, kacang ini sudah sepantasnya disertakan dalam program dietmu.

Sisi Terang sangat menggemari makanan sehat, dan kami terus mencari beberapa opsi baru yang rasanya lezat dan bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi, kami memasukkan kacang pistasio sebagai sorotan kali ini!

1. Kamu mendapatkan nutrisi yang melimpah.

Kacang ini mengandung elemen seperti serat, protein, karbohidrat, lemak sehat, potasium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, tembaga, dan mangan. Kalori yang terkandung di dalamnya lebih rendah dibandingkan dengan banyak kacang lainnya, dan sangat cocok untuk dijadikan camilan setiap hari. Direkomendasikan untuk makan satu porsi (28 gram) kacang pistasio setiap hari. Ingat ya, lebih baik kalau kacang ini tidak digarami.

2. Tingkat kolesterolmu bisa menurun.

Kacang pistasio juga kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel dari radikal bebas (atom tidak stabil yang dapat merusak sel, menyebabkan penyakit dan penuaan). Berkat antioksidan ini, kacang pistasio baik bagi mereka yang berkolesterol tinggi dan ingin menurunkannya. Pernah diadakan studi kecil, di mana pesertanya memakan 1-2 porsi kecil kacang pistasio selama 4 minggu, dan pada akhirnya, mereka mengalami penurunan kadar kolesterol “jahat”.

3. Kesehatan matamu meningkat.

Elemen bermanfaat lain yang tersembunyi dalam kacang pistasio adalah lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan antioksidan kuat yang memiliki efek bagus untuk kesehatan mata. Kedua zat ini bisa menurunkan kemungkinan masalah terkait penglihatan, juga degenerasi makula terkait usia, dan katarak.

4. Ucapkan selamat tinggal pada masalah saluran pencernaan.

Karena mengandung serat yang melimpah, kacang pistasio juga bagus untuk saluran pencernaanmu. Serat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel usus besar, membuat saluran pencernaan tetap lancar, dan mencegah timbulnya masalah pencernaan seperti konstipasi. Pernah diadakan suatu studi kecil, dan hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi pistasio dapat meningkatkan komposisi mikroflora dalam usus.

5. Kamu bisa menjaga berat badan yang sehat.

Secara garis besar, kacang adalah produk yang sangat baik untuk penurunan berat badan. Kalau mengonsumsinya secara teratur, kamu akan lebih bisa mengontrol berat badan dan membantu mencegah pertambahannya. Menurut studi lain, peserta yang mengudap pistasio mengalami pengurangan indeks massa tubuh jika dibandingkan dengan mereka yang memakan pretzel. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan kacang pistasio ke menu kudapanmu!

6. Tingkat gula darahmu seimbang.

Sekelompok orang berpartisipasi dalam penelitian yang memadukan roti kaya karbohidrat dengan kacang pistasio. Hasilnya, kacang ini menurunkan tingkat gula darah yang tinggi setelah mengonsumsi roti. Jadi, bagus juga untuk menambahkan kacang pistasio ke dalam makananmu. Apalagi kalau kamu terbiasa makan nasi, pasta, dan kentang tumbuk, yang kadar karbohidratnya juga tinggi.

7. Kamu bisa tidur lebih cepat.

Kacang termasuk salah satu makanan yang memiliki konsentrasi melatonin tertinggi, yang juga dikenal dengan “hormon tidur”. Ini adalah hormon yang paling penting karena mengatur siklus tidur dan membantu kita untuk bersantai dan tidur lebih cepat. Saat malam hari, tubuh kita mulai memproduksi melatonin lebih banyak untuk membantu kita tidur. Namun, jika produksi hormon ini kurang, kita akan kesulitan tidur. Makan pistasio sebelum tidur bisa membantumu memecahkan masalah ini.

8. Fungsionalitas otakmu meningkat.

Berkat kandungannya yang menyehatkan, kacang merupakan suplemen sempurna untuk otak kita. Satu penelitian membuktikan kalau memakan kacang secara teratur sangat baik untuk fungsi otak penting, dan pistasio termasuk salah satu kacang yang punya manfaat ini. Mengonsumsi kacang pistasio sangat penting untuk meningkatkan ingatan dan proses pembelajaran, proses kognitif, persepsi, dan bahkan fase REM saat tidur.

Kamu suka makan kacang apa? Ayo bahas di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini