Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Kebanyakan Minum Air

----
206

Sepertinya banyak orang mulai membawa botol air minum ke mana pun mereka pergi, dan ini adalah cara bagus untuk tetap terhidrasi. Air membantu kita mengangkut nutrisi tubuh, membentuk air liur, memelihara suhu tubuh, dan banyak lagi. Namun, kebanyakan minum (misalnya lebih dari satu liter per jam) sebenarnya bisa menimbulkan masalah kesehatan yang justru mendatangkan efek sebaliknya, dan kamu harus menyadari hal ini.

Kami di Sisi Terang tertegun saat mengetahui dampak buruk terlalu banyak minum air putih, sehingga ingin membagikan temuan kami dengan warganet semua.

1. Perutmu akan kembung.

Salah satu masalah perut paling umum yang diderita manusia, terutama wanita, adalah kembung. Kebanyakan minum air putih bisa mambuatmu merasa makan banyak dan kembung. Selain itu, jika minum dengan cepat, kemungkinan besar kamu akan menelan udara dan itu bisa membuatmu merasa kenyang. Untunglah, ini hanya sementara.

2. Tangan dan kakimu akan membengkak.

Minum banyak air putih ditambah konsumsi makanan yang terlalu asin bisa menyebabkan retensi air, yang juga dikenal dengan edema. Ini terjadi jika kadar natrium dalam tubuh kita terlalu tinggi dan minum air bisa menyebabkan bengkak, terutama pada tubuh bagian bawah. Hal yang sama juga bisa terjadi di tangan.

Dalam tahap lanjut, dan karena edema adalah kondisi otak yang memengaruhi batang otak, hal ini juga bisa menyebabkan disfungsi pada sistem saraf pusat.

3. Kamu mungkin akan merasa mual.

Saat kita mengonsumsi terlalu banyak air, sel-sel dalam otak kita akan mulai membengkak. Ini menambah tekanan pada tengkorak. Dua gejala yang bisa muncul sebagai indikasi bahwa kita terlalu banyak minum adalah mual dan muntah.

4. Kamu akan mengalami berbagai gejala keracunan air.

Kita sering tidak bisa mengenali gejala kebanyakan minum dengan mudah, terutama pada tahap awal. Salah satu tanda umum yang mungkin akan kamu alami adalah sakit kepala. Kamu mungkin juga akan merasa mual, bingung, dan linglung.

Kemungkinan gejala keracunan air yang lebih parah adalah penglihatan ganda, susah bernapas, tekanan darah meningkat, dan rasa mengantuk.

5. Ototmu mudah mengalami keram.

Agar tekanan darah, fungsi otot, dan denyut jantung tetap sehat, kita membutuhkan elektrolit. Namun, minum terlalu banyak air justru menurunkan jumlah elektrolit dalam tubuh kita. Ketika elektrolit rendah, kita mungkin mengalami kejang dan keram otot.

Berapa banyak air putih yang kamu minum? Pernahkah kamu melihat gejala keracunan air?

----
206
Bagikan Artikel Ini