Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Mulai Meminum Jus Wortel

----
495

Saat mendengar kata jus, jus wortel mungkin bukan hal pertama yang terpikirkan. Jus jeruk, alpukat, semangka, dan melon jauh lebih populer. Namun, jika tidak suka wortel sebagai makanan, kamu bisa mengubahnya menjadi minuman lezat dan tetap mendapatkan semua manfaat kesehatannya! Misalnya, wortel bisa menyembuhkan flu-mu lebih cepat.

Kami di Sisi Terang selalu tertarik untuk mencoba hal baru. Semua manfaat jus wortel ini juga tentunya meyakinkan kita untuk mulai meminumnya secara rutin!

1. Dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu.

Semua vitamin B yang terkadung dalam jus wortel membantu tubuhmu memecah lemak, protein, dan karbohidrat, serta mengubahnya menjadi energi. Jus wortel juga memiliki serat pangan, yang dapat membantumu menjaga berat badan dan mencegah obesitas.

2. Baik untuk matamu.

Vitamin A yang terkadung dalam jus wortel penting untuk kesehatan matamu. Vitamin ini penting untuk penglihatan warna dan rendah cahaya, serta melindungi permukaan mata. Jus wortel juga mengurangi risiko terkena penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makular yang berkaitan dengan usia.

3. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhmu.

Wortel mengandung karotenoid. Kandungan ini berlaku sebagai dasar vitamin A, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Karotenoid mendukung pertumbuhan dan distribusi sel T, yaitu sel darah putih yang melindungi tubuh kita dari infeksi. Kandungan vitamin C dalam wortel juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Meskipun tidak menghilangkan pilek, jus wortel bisa menyembuhkannya lebih cepat.

4. Dapat mengurangi risiko menderita kanker.

Wortel mengandung nutrisi yang memiliki efek antioksidan, yang dapat mengurangi risiko menderita kanker. Ini artinya, wortel menetralkan radikal bebas, yang dapat membahayakan sel, dan bahkan merusak DNA. Serat pangan dalam wortel juga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

5. Menyehatkan kulit.

Vitamin C, E, dan K yang ada dalam jus wortel dapat mendukung kesehatan kulit. Vitamin C, selain merupakan antioksidan, juga dapat membuat tabir surya bekerja lebih efektif. Selain itu, vitamin ini memiliki efek anti penuaan, karena membantu memproduksi kolagen, menyembuhkan kulit yang rusak, dan mencegah kerutan. Vitamin E juga membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan merawat kemerahan. Vitamin K memainkan peran penting dalam menyembuhkan luka, sehingga dapat bekerja pada bekas luka dan guratan.

6. Bagus untuk masa kehamilan.

Saat hamil, kamu memerlukan asam folat, zat besi, kalsium, semua vitamin B, vitamin A, dan vitamin C. Jus wortel mentah adalah sumber baik nutrisi ini. Misalnya, satu cangkir akan memberikanmu sekitar 10% jumlah kalsium yang disarankan. Dalam 100 gramnya, juga mengandung sekitar 10% vitamin C yang disarankan.

7. Dapat meningkatkan kesehatan otak.

Beta karoten dapat memberikan efek positif terhadap kemampuan kognitifmu, karena memiliki sifat antioksidan. Hal ini dapat mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh, yang dapat membahayakan otak. Ini artinya, wortel dapat mengurangi risiko gangguan kognitif tertentu, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

8. Bisa melindungi jantung.

Meminum jus wortel dapat meningkatkan kesehatan jantung berkat efek antioksidannya. Polifenol, vitamin, serta mineral dalam jus sayur dan buah juga dapat membantu mengatur tekanan darah, dan jus wortel dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol.

Apakah kamu pernah menyadari adanya perubahan positif sehabis meminum jus wortel? Jika tidak, apa kamu mau mencobanya?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, shutterstock.com
----
495
Bagikan Artikel Ini