Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah yang Bisa Terjadi pada Tubuhmu jika Sering Duduk Menyilangkan Kaki

Kita semua punya cara masing-masing untuk duduk dengan nyaman. Tapi meski kita merasa nyaman, bukan berarti itu baik untuk kita. Bahkan, salah satu cara populer untuk duduk nyaman, yaitu menyilangkan kaki, punya banyak dampak negatif pada tubuh dan sebaiknya mulai kita hentikan sesegera mungkin. Belajar selalu duduk tegak sangatlah penting—itu tidak hanya baik untuk seluruh tubuhmu, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Sisi Terang selalu mencoba untuk menjaga kesehatan kita semua, jadi, kami ingin menunjukkan kepada kalian 5 alasan kenapa kita harus berhenti duduk sambil menyilangkan kaki.

1. Menyilangkan kaki bisa memancing kelumpuhan saraf.

Saat duduk dengan kaki menyilang untuk waktu yang lama, ada masalah bernama kelumpuhan saraf yang bisa terjadi. Saat mengalami ini, kamu tidak mampu mengangkat kaki dan dapat menyebabkan kebas otot. Itu juga bisa melukai saraf peroneal.

2. Menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Menurut penelitian ini, menyilangkan kaki di bagian lutut dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Tidak didapati peningkatan tekanan darah saat menyilangkan pergelangan kaki dalam penelitian ini. Tapi untungnya bagi kita, peningkatan tekanan darah itu hanya bersifat sementara. Akan tetapi, orang-orang dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk tidak duduk sambil menyilangkan kaki.

3. Menyilangkan kaki dapat menyebabkan postur yang buruk.

Menurut penelitian ini, duduk dengan kaki menyilang lebih dari 3 jam per hari dapat menyebabkan bahu dan panggul miring ke satu sisi, dan mungkin membuat kepala lebih condong ke depan. Ini juga dapat menyebabkan ketakselarasan tulang belakang, dan postur yang buruk menyebabkan rasa sakit serta kekakuan otot.

4. Menyilangkan kaki bisa menyebabkan rasa sakit di persendian.

Menyilangkan kaki bukan cuma buruk bagi postur tubuh, tapi juga dapat menyebabkan rasa sakit di persendian. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan sakit pada leher, panggul, punggung bawah, dan lututmu. Kamu juga harus menghentikan kebiasaan menyilangkan kaki jika sudah mulai terasa nyeri di lutut.

5. Menyilangkan kaki bisa menyebabkan pembengkakan pergelangan kaki selama masa kehamilan.

Sebisa mungkin, hindari menyilangkan kakimu selama masa kehamilan—meski bayi di dalam kandungan tidak terpengaruh, itu bisa menyebabkan pembengkakan pergelangan kaki dan kram pada kaki. Jika kamu mengalami salah satu dampak seperti ini, cobalah duduk dengan kedua kaki di lantai atau naikkan keduanya.

Apa kamu juga sering menyilangkan kaki saat duduk? Apa kamu akan mencoba untuk meninggalkan kebiasaan ini mulai sekarang?

Kredit foto pratinjau depositphotos.com, depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini