Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah yang Terjadi jika Kamu Berhenti Mencukur Bulu di Tubuhmu

Ketika para selebritas seperti Miley Cyrus, Bella Thorne, atau Ashley Graham muncul di karpet merah dengan bulu yang jelas terlihat di tubuh mereka, banyak orang yang cenderung memperlihatkan reaksi yang berbeda-beda. Ada yang berpikir kalau hal ini tidak sopan, sementara lainnya yakin kalau inilah saatnya kita mendobrak standar kecantikan. Apa pun yang orang lakukan dengan bulu dan rambut di tubuhnya, itu menjadi keputusannya sendiri. Terlebih lagi, menurut sains, sebenarnya ada banyak manfaat dengan membiarkan bulu dan rambut di tubuh tumbuh.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk melihat lebih dekat manfaat ini dan sebagian dari hal baik tersebut mungkin akan membuatmu ingin menyingkirkan pisau cukurmu untuk selamanya.

1. Kamu tidak akan terlalu rentan terhadap infeksi kulit.

Meskipun kamu terbiasa bercukur dan melakukannya setiap hari, hampir tak mungkin menghindari goresan dan luka kecil yang bisa mengiritasi. Jika tidak diobati dengan benar, luka itu bisa menimbulkan banyak masalah kulit. Razor bumps atau benjolan yang timbul setelah bercukur, yang mungkin terlihat tidak berbahaya, bisa jadi merupakan tanda masalah kulit yang umum terjadi yang bernama folliculitis. Ketika folikel rambutmu rusak, hal itu membuat bakteri menjadi lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

2. Mungkin mencegah timbulnya masalah kulit tertentu.

Kalau kamu memilih untuk membiarkan bulu di tubuhmu tetap tumbuh, kamu bisa menghindari risiko razor burns dan rambut yang tumbuh ke dalam, konsekuensi bercukur paling umum dan membuat frustrasi. Luka-luka kecil yang bermunculan di kulitmu saat bercukur mungkin menimbulkan masalah lainnya, seperti iritasi kulit, jerawat di ketiak, dan skin tags (daging tumbuh).

3. Bisa membantu kulitmu sembuh lebih cepat.

Kalau tubuhmu memar atau terluka, lebih baik kamu menyingkirkan pisau cukurmu selama beberapa waktu karena bulu di tubuhmu bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat. Folikel rambut mengandung stem cells yang membantu menyembuhkan kulitmu lebih cepat dari memar dan luka goresan.

4. Bisa mengurangi lecet.

Kalau kamu banyak melakukan aktivitas fisik, kamu mungkin memahami ketidaknyamanan dari lecet dan ruam di ketiakmu. Ini terjadi karena kelembapan bercampur dengan friksi dan bahan yang membuat iritasi menyebabkan luka di kulitmu. Saat kamu memilih untuk tidak mencukur bulu di ketiakmu, kamu membantu mengurangi peluang timbulnya iritasi lainnya.

Apa kamu lebih memilih untuk mencukur bulu dan rambut di tubuhmu atau membiarkannya tetap tumbuh?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Sisi Terang/Kesehatan/Inilah yang Terjadi jika Kamu Berhenti Mencukur Bulu di Tubuhmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya