Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah yang Terjadi jika Kamu Makan Mangga Tiap Hari

----
270

Buah mangga sering disebut “rajanya buah” di beberapa bagian dunia. Alasannya mungkin karena mangga bukan hanya lezat, tapi juga punya banyak khasiat kesehatan.

Sisi Terang menemukan beberapa alasan meyakinkan kenapa kamu harus menyingkirkan camilan manis dan menggantinya dengan mangga.

1. Keriputmu akan berkurang.

Sebuah penelitian terkini menunjukkan bahwa orang yang makan setengah cangkir mangga 4 kali seminggu selama 2 bulan akan mengalami penurunan keriput sebanyak 23%. Ini karena mangga kaya akan beta karoten dan antioksidan, yang bisa menghambat kerusakan sel dan menjaga kulit tetap awet muda.

2. Menurunkan risiko mengidap jenis kanker tertentu.

Mangga mengandung polifenol yang berkhasiat melawan kanker. Menurut penelitian, polifenol melindungi tubuh kita dari stres oksidatif (yaitu kondisi ketika dalam tubuh kita terdapat lebih banyak jumlah radikal bebas daripada antioksidan), yang dikaitkan sebagai penyebab dari beberapa jenis kanker. Juga diungkap bahwa di antara berbagai jenis kanker ini, mangga paling efektif untuk mencegah kanker payudara, jenis kanker yang paling umum diderita kalangan wanita di seluruh dunia.

3. Daya penglihatanmu akan tetap tajam.

Buah ini juga kaya akan lutein dan zeaksantin. Kedua bahan ini bukan hanya menjaga kesehatan mata kita, tetapi juga membantu mencegah penyakit mata kronis. Mangga juga kaya akan vitamin A, yang bisa membantu mengatasi mata kering dan rabun senja.

4. Pencernaanmu akan membaik.

Mangga juga kaya akan serat makanan dan senyawa amilase, yang bagus untuk sistem pencernaan kita. Kandungan ini membantu menguraikan molekul makanan berukuran besar, sehingga tubuh bisa dengan mudah menyerapnya. Dengan demikian, mangga juga bisa membantu kita menghindari konstipasi kronis.

5. Kadar gula darahmu akan terkendali.

Kesimpulan suatu penelitian membuktikan bahwa makan mangga bisa mengurangi glukosa darah pada individu yang kegemukan. Ya, mangga memang manis, tetapi para penderita diabetes masih boleh memasukkannya ke dalam daftar makanan mereka. Mangga punya indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan seperti semangka atau pisang, sehingga para pengidap diabetes bisa menikmatinya dengan membatasi porsinya sekitar setengah cangkir saja.

6. Kamu bisa mencegah masalah rambut.

Di samping vitamin A, mangga juga kaya akan vitamin C. Ini membantu pertumbuhan, menjaga kelembapan, dan merawat struktur rambut. Vitamin C juga membantu produksi kolagen yang membentuk protein rambut dan mencegah rambut rontok. Biji mangga bahkan dapat dimanfaatkan untuk membuat butter mangga, yang digunakan dalam berbagai produk pelembap rambut.

7. Mangga membantu mengatasi mual-mual selama kehamilan.

Ini semua berkat rasa mangga yang manis dan sedikit asam. Mangga juga penuh vitamin B6, yang membantu meringankan mual. Ditambah lagi, nutrisi dalam mangga bisa membantu perkembangan janin. Menyertakan mangga ke dalam menu makananmu juga bisa membantu mengatasi anemia yang ada kaitannya dengan kehamilan.

Adakah manfaat lain dari makan mangga yang telah kamu rasakan? Sebanyak dan sesering apa kamu makan mangga?

Kredit foto pratinjau geargodz/easyfotostock / Eastnews
----
270
Bagikan Artikel Ini