Inilah yang Terjadi pada Tubuhmu jika Kamu Mulai Makan Bayam Lebih Banyak

Jika kamu bandingkan daging giling dalam hamburger dengan seporsi bayam matang, kamu akan terkejut karena bayam mengandung hampir dua kali lebih banyak zat besi dibanding daging patty. Kadar zat besinya yang tinggi bukan satu-satunya fakta yang menjadikan bayam “makanan super.” Ternyata, bayam bisa membuat tubuhmu lebih kuat dan sehat dengan banyak cara, mulai dari membuat kulitmu bercahaya sampai memperbaiki pencernaanmu.

Musim kemarau segera tiba, dan di Sisi Terang, kami berharap cuaca panas tidak menghalangimu untuk tetap terinspirasi guna bertanam bayam di kebun atau langsung di dapurmu! Inilah perubahan yang bisa dialami tubuh jika kamu memasukkan bayam ke dalam menu makananmu.

Tulang dan ototmu menjadi makin kuat.

Bayam kaya akan banyak vitamin, mineral, dan nutrisi, termasuk zat besi, megnesium, kalium, mangan, dan vitamin C. Secara khusus, magnesium yang ditemukan dalam bayam bisa mendukung otot dan saraf kita. Magnesium mempertahankan energi, metabolisme, dan memperbaiki fungsi saraf serta otot. Di samping itu, bayam bisa membantu menjaga kesehatan tulang kita dan mencegah osteoporosis. Bahan makanan lain yang bisa menurunkan risiko patah tulang adalah kale, kubis Brussel, tomat, labu, dan paprika.

Penglihatanmu bisa tetap sehat dan tajam lebih lama.

Lutein dan zeaksantin yang ditemukan dalam bayam adalah dua unsur ramah mata yang bisa mengurangi risiko kita menderita penyakit mata. Ilmuwan percaya bahwa orang yang menyertakan bayam dalam bahan makanan mereka mengurangi risiko menderita katarak dan degenerasi makula terkait usia, yang keduanya adalah penyebab utama memburuknya penglihatan dan kebutaan.

Sirkulasi darahmu bisa menjadi lancar.

Bayam tinggi kadar kaliumnya, yang membuatnya cukup efektif untuk melawan tekanan darah tinggi. Terlebih lagi, makan bayam bisa membantu memperlancar sirkulasi darahmu. Tapi ingat bahwa mengonsumsi makanan sehat tidak bisa menggantikan obat. Tekanan darah tinggi bisa berbahaya, dan kalau kamu sudah menderita penyakit ini sekian lama, lebih baik periksakan ke dokter dan jalani pemeriksaan medis.

Rambut dan kulitmu bisa menjadi lebih sehat dan indah.

Bayam adalah sumber Vitamin A yang baik, yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit serta rambutmu. Mungkin kamu pernah menemukan kata “retinol” pada produk-produk kecantikan—ini adalah nama lain vitamin A.

Vitamin ini merangsang pembelahan sel dan melindungi sel-sel kita dari radikal bebas. Sebaliknya, kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan rambut rontok dan kulit bersisik serta kering. Vitamin C, yang juga ditemukan dalam bayam, berkontribusi dalam pembentukan kolagen yang memberi struktur kepada kulit dan rambut.

Pencernaanmu semakin lancar.

Di samping kaya akan vitamin dan nutrisi, bayam juga banyak mengandung serat yang membuat pencernaan kita lebih sehat dan teratur. Bayam juga bisa mencegah sembelit. Salah satu kebaikan bayam adalah bayam bagus bagi kesehatan kita, baik dalam keadaan mentah maupun dimasak. Ada banyak resep lezat yang menggunakan bayam, dan inilah sedikit ide cara memperkaya menu makananmu dengan bahan makanan super ini.

  • Mengonsumsinya dalam keadaan segar dalam salad sayuranmu.
  • Menambahkan daun bayam ke dalam smoothie-mu.
  • Membuat saus bayam untuk pastamu.
  • Memasak pastri bayam.

Bayam adalah produk yang memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi ingat, sayuran ini tidak bisa menggantikan bantuan medis profesional. Jika kamu sedang menghadapi masalah kesehatan serius, jangan putuskan untuk mengobatinya semata-mata dengan makanan sehat saja—pastikan untuk mengunjungi dokter.

Kamu suka bayam? Apa makanan favoritmu yang berbahan bayam? Bagikan resep berbahan bayam favoritmu di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini