Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Inilah yang Terjadi pada Tubuhmu Saat Kamu Mulai Berolahraga Sebelum Tidur

Kalau kamu masih mengira berolahraga sebelum tidur mengganggu tidurmu, mungkin kamu harus berpikir ulang. Para ilmuwan mendukung dan membuktikan bahwa olahraga malam sama menyehatkan dan efisiennya dengan olahraga pagi. Cobalah berolahraga sebelum tidur dan kamu akan merasakan sendiri bahwa itu tidak membuat tidurmu terganggu. Berhubung tidak semua orang punya waktu untuk berolahraga di pagi hari, simak terus untuk menemukan manfaat berolahraga di malam hari.

Sisi Terang punya kabar baik buat kamu yang sibuk—sekarang kamu bisa dengan aman berolahraga di malam hari tanpa mengganggu waktu tidurmu.

Kamu bisa berolahraga lebih berat di sore hari.

Kalau kamu pernah secara tiba-tiba merasa begitu berenergi di sore hari, ini ada alasannya. Ingatlah betapa aktifnya dirimu di waktu sebelum tidur saat masih kecil. Ini karena suhu tubuhmu naik antara pukul 14.00 dan 18.00. Hal ini memungkinkanmu mengerahkan energi yang lebih besar saat berolahraga.

Selain itu, kalau kamu pelari, pertimbangkan untuk berlari di malam hari. Sebuah studi menemukan bahwa berlari dalam gelap tanpa ada gangguan bisa membuatmu berlari lebih cepat.

Kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Berlawanan dengan yang diyakini banyak orang, berolahraga sebelum tidur sebenarnya meningkatkan kualitas tidur. Menurut para peneliti di ETH Zurich, kamu akan lebih mudah untuk tertidur lelap. Selain itu, tidak ada bukti bahwa latihan fisik berdampak negatif pada kualitas tidur. Namun, lebih baik hindari latihan HIIT, karena latihan inilah yang dapat memengaruhi tidurmu

HIIT: High Intensity Interval Training atau Latihan Interval Intensitas Tinggi merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5-20 menit.

Ototmu bisa terbentuk lebih cepat.

Rasio testosteron dan kortisol yang paling baik untuk pertumbuhan otot terdapat di malam hari. Meskipun angkanya lebih tinggi di pagi hari, efek pembentukan otot bekerja sepenuhnya pada malam hari. Lebih baik fokus pada lari jarak jauh atau olahraga yang lebih ringan dengan durasi lebih lama untuk memaksimalkannya.

Kamu bisa melepaskan stres yang menumpuk.

Terkadang kita kesulitan untuk tidur karena emosi dan pikiran yang bergumul di kepala kita. Dalam hal ini, peregangan sebelum tidur atau yoga adalah pilihan terbaik. Sebuah analisis menemukan bahwa melakukan yoga sebelum tidur membantumu tidur lebih cepat. Olahraga ini juga dikenal mengurangi stres dan kecemasan, serta merilekskan pikiran dan memperdalam napasmu. Tarikan napas yang dalam memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke tubuh, sehingga membuatmu merasa lebih relaks.

Kapan biasanya kamu berolahraga? Apa menurutmu berolahraga di malam hari lebih bermanfaat?

Bagikan Artikel Ini