Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Jangan Bereskan Kasur Begitu Bangun, Ini Alasannya

----
565

Berdasarkan penelitian, membereskan kasur pagi-pagi membuatmu lebih senang dan membantumu mendapatkan tidur malam yang lebih sehat setelahnya. Tapi terkadang, kebiasaan paling aman pun memiliki dampak yang tak begitu aman saat para ilmuwan menemukan fakta baru yang mencengangkan.

Sisi Terang suka melihat sesuatu dari sisi berbeda. Jadi, kami ajak kamu mencari tahu bagaimana rutinitas pagi bisa memengaruhi kesehatanmu.

Kamu menampung tamu tak diundang di bantal.

Menurut penelitian, membereskan tempat tidur tak hanya membuat pikiranmu tenang, tapi juga membuat rumah yang nyaman bagi tungau. Tungau hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Kamu mungkin berpikir tempatmu bersih, padahal tidak.

Selimut menciptakan kondisi nyaman untuk tungau kasur.

Tungau kasur suka hidup di kasur dan bantal yang gelap serta lembap. Selain itu, mereka juga memakan sel kulit matimu. Saat kamu membereskan kasur di pagi hari, kamu “menutupi mereka” di lingkungan ideal mereka dengan selimutmu. Pada malam hari, pasukan tungau (yang kini jumlahnya berlipat ganda) mulai beraksi. Dampak tak menyenangkan yang disebabkan tungau di antaranya adalah iritasi kulit dan bahkan jerawat.

Tungau debu membuang kotoran di sepraimu.

Selagi memakan sel kulit matimu, mereka meninggalkan jejak di seprai. Ya, tungau membuang kotoran di tempat kamu seharusnya tidur dengan nyaman setelah hari yang melelahkan. Feses mereka menyebabkan banyak reaksi alergi pada manusia. Kamu bisa sakit mata, bersin, dan bahkan asma.

Meskipun mati, mereka berbahaya.

Seperti makhluk hidup lainnya di Bumi, tungau kasur memiliki siklus hidup. Tapi bahkan saat mereka mati, kamu tetap bisa menghirup bangkai mereka saat kamu tidur. Para ilmuwan berkata bahwa ini bisa berbahaya untuk orang yang memiliki alergi karena menghirup “bangkai” ini bisa memperparah kondisi mereka.

Tungau kasur takut cahaya matahari.

Jika kamu membiarkan kasurmu terbuka di pagi hari, tungau terpengaruh oleh udara yang bergerak dan cahaya matahari yang merupakan pembunuh alami mereka. Ini sebabnya, kamu harus membiarkan kasurmu “bernapas” selama beberapa jam dan jangan “melindungi” mereka di bawah selimutmu.

Saat memberantasnya, jangan gunakan semprotan pembunuh serangga.

Para dermatolog tidak menyarankan menggunakan semprotan pembunuh serangga jika kamu ingin berperang dengan tamu tak diundang ini. Sebaiknya bersihkan kasurmu dengan penyedot debu. Tentu saja, kamu tidak akan bisa membasmi semua tungau, tapi mengurangi jumlahnya membantu mencegah alergi.

Apa kamu terbiasa membereskan kasur di pagi hari? Kamu suka atau sebal saat melakukannya?

----
565
Bagikan Artikel Ini