Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Jangan Tidur Pakai Piama Hangat, Meski Cuaca Dingin! Inilah Alasannya

Hampir 40% dari kita memakai piama saat tidur, dan tidak ada yang lebih nyaman dari piama hangat favoritmu. Tapi baju tidur ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur, penampilan, dan bahkan kesehatan kita. Piama tebal bisa membuatmu kegerahan di malam hari, mungkin itu salah satu alasan kamu tidak mudah terlelap dan akhirnya merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Kami di Sisi Terang juga suka memakai piama yang nyaman dan bersembunyi di balik selimut tebal saat cuaca di luar dingin. Jadi, kami memutuskan mencari tahu kenapa piama hangat mungkin bukan pilihan terbaik untuk dipakai tidur.

1. Piama memengaruhi kualitas tidur.

Tidur memakai piama yang terlalu hangat bisa membuat tidurmu kurang nyenyak, karena tubuh perlu menjaga suhu yang tepat sepanjang malam. Kain ideal untuk tidur adalah katun, karena kain tersebut membiarkan kulitmu bebas bernapas dan membantumu merasa nyaman. Pilihan lainnya adalah linen, yang menyerap keringat, meskipun tidak selembut katun.

2. Jerawat bisa bermunculan.

Berkeringat saat tidur bisa menimbulkan jenis jerawat tertentu, yang disebut jerawat keringat. Kombinasi panas dan gesekan dari piamamu yang penuh keringat bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, yang kemudian akan membuat iritasi kulit. Memilih baju tidur yang terbuat dari kain bambu mungkin bisa membantu mencegah jerawat, karena kain ini memiliki zat antimikroba. Kain ini bahkan lebih lembut dan lebih mudah menyerap keringat daripada kain katun. Mungkin kain inilah yang kamu butuhkan untuk membuatmu tidur nyenyak.

3. Bisa memicu infeksi.

Jika kamu berkeringat pada malam hari, kamu akan lebih mudah terkena infeksi kulit. Bakteri lebih mudah berkembang biak di tempat lembap dan gelap. Saat tidur memakai baju hangat dan selimut, pada dasarnya kamu bisa menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk mikroba.

4. Berdampak pada kesehatan reproduksi.

Berdasarkan penelitian, tidak memakai celana saat tidur di malam hari bisa meningkatkan kualitas sperma pria. Saat kamu tidur memakai celana dalam yang ketat atau piama yang hangat, area sensitifmu akan lebih mudah berkeringat. Hal ini juga bisa memengaruhi kesuburan perempuan, karena keringat berlebihan bisa menyebabkan peradangan dan infeksi.

5. Mencegah badanmu mengatur suhu tubuh secara alami.

Jika kamu kepanasan saat tidur, suhu badanmu tidak akan turun, sehingga membuat tidurmu gelisah. Dengan suhu tubuh lebih rendah, proses pemulihan saat tidur akan berlangsung lebih baik, dan hal ini juga baik untuk metabolisme. Untuk alternatif piama katun, kamu bisa memilih kain sutra. Sutra adalah pengatur panas alami dan bisa menghangatkanmu saat udara dingin. Ini terjadi berkat panas yang tersimpan di antara benang penyusunnya yang menimbulkan efek isolasi.

Apa jenis baju tidur favoritmu? Kamu lebih suka tidur memakai piama tebal atau tipis?

Bagikan Artikel Ini