Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Kenapa Matamu “Berkerak” Saat Tidur

Ketika pagi hari datang, kita semua pasti terbangun dengan disambut kotoran berkerak di mata. Itu adalah fungsi alami mata kita dan kerak ini punya manfaat. Tapi selain itu, kerak ini juga mungkin menandakan adanya masalah.

Sisi Terang juga sangat penasaran kenapa kotoran ini muncul di mata kita, jadi, kami mencari tahu penyebab kenapa ini muncul setiap kali kita bangun tidur. Mari kita gali!

Penyebab kemunculannya:

1. Karena mata kita tetap terpejam sepanjang malam.

Saat kamu tertidur, kerak ini menumpuk di sudut matamu dan terkadang bahkan di sepanjang garis bulu mata. Semuanya muncul karena matamu tidak bisa melumasi dirinya sendiri seperti saat kamu berkedip.

2. Ini adalah salah satu faktor penting dari mata yang sehat.

Kotoran mata atau “belek” di matamu bisa basah dan lengket atau kering dan berkerak. Kotoran ini berasal dari selaput air matamu, yang keluar saat kamu berkedip untuk melumasi matamu. Cairan ini juga merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang melindungi matamu dari hal-hal seperti bakteri.

Penyebab terjadinya komplikasi:

1. Matamu kering.

Mata kering biasanya terjadi saat kamu melihat ponsel atau layar komputer dalam waktu lama, bahkan saat kamu berada di tempat ber-AC. Matamu tidak mendapatkan cukup air mata yang bertugas melumasinya dan mungkin memengaruhi kerak matamu dengan sensasi perih.

2. Kamu jarang menghapus kerak mata.

Saat bangun tidur, hal pertama yang kamu lakukan mungkin adalah segera meraih ponsel atau mungkin mengambil sikat gigi, tapi kamu sebaiknya menghapus dulu kotoran di matamu sampai bersih.

Satu langkah penting untuk menghapusnya dengan cara yang benar adalah dengan membasahi handuk atau menggunakan air hangat, yang juga akan efektif menghilangkan semua kerak.

3. Matamu mungkin terinfeksi.

Kalau kamu terlalu sering melihat kotoran mata ini, maka ada yang tidak beres. Masing-masing orang punya kondisi yang unik dengan kotoran mata ini. Kalau kamu sedang tidak sakit dan ingin memeriksa apakah ada tanda-tanda infeksi mata, silakan segera kunjungi dokter.

Penasaran bagaimana kotoran mata selalu muncul di mata kita? Apa kamu sadar matamu berkerak setelah tidur? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini