Kenapa Minum Kopi Justru Membuatmu Mengantuk

Kebanyakan kita tidak bisa menghadapi hari tanpa minum kopi di pagi hari, tapi ternyata secangkir kopi panas justru bisa membantumu mendapatkan tidur yang memuaskan. Kafein adalah stimulan yang diharapkan membuatmu tetap terjaga, tapi jika kamu merasa minum kopi justru membuatmu merasa ingin tidur, kamu tidak sendiri. Banyak orang menyadari bahwa kopi, meskipun berkafein, justru membuat mereka mengantuk.

Kami di Sisi Terang terkejut menemukan bahwa kopi bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Dan kami telah berselancar di internet untuk menemukan alasan di balik hal ini.

1. Kafein tidak mengganggu tidurmu.

Jika kamu pencinta kopi, ada berita bagus untukmu: minum secangkir kopi di malam hari tidak akan berdampak terhadap tidurmu. Sekelompok peneliti sampai pada kesimpulan bahwa minum kopi 4 jam sebelum waktu tidur tidak akan membuatmu terjaga sepanjang malam. Mereka memonitor 785 sukarelawan selama sekitar seminggu menggunakan sensor pergelangan tangan dan catatan harian tidur, dan hasilnya mengejutkan: kopi tidak mengganggu tidur mereka.

2. Kamu akan bangun dan merasa lebih berenergi.

Minum kopi sebelum tidur siang bisa memacu level energimu. Saat merasa mengantuk, tubuhmu memproduksi adenosin—bahan kimia yang membantu tidur. Kafein mencegah adenosin diterima oleh otak. Karena itu minum kopi sebelum tidur siang bisa membantumu bangun dalam keadaan segar dan penuh energi.

3. Kopi bisa membuatmu merasa lelah.

Apa kamu pernah merasa ingin ke kamar mandi setelah minum kopi? Ini terjadi karena kafein berfungsi sebagai diuretik. Dengan kata lain, kemungkinan kamu akan lebih sering pergi ke kamar mandi. Saat tubuhmu kehilangan cairan, dehidrasi mulai berefek, yang pada gilirannya membuatmu merasa lelah dan mengantuk.

4. Kopi menurunkan kadar glukosa dalam darahmu.

Jika suka kopi yang manis dengan banyak gula dan krim kocok, kamu bisa mengalami sugar crash segera setelah meminumnya. Ketika tubuhmu mencerna gula olahan, kadar glukosa darahmu akan mulai turun. Hasilnya, kamu bisa merasa kurang energi dan kelelahan.

5. Cendawan dalam kopi bisa menyebabkan kelelahan.

Meskipun terdengar jorok, kemungkinan kamu mengonsumsi minuman yang sangat jamuran saat minum kopi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan biji kopi terkontaminasi oleh jamur, dan racun di dalamnya membuatmu mengantuk serta lelah.

6. Tubuhmu bisa mengartikan stres menjadi kantuk.

Pernahkah kamu menyadari bahwa kopi bisa membuatmu gugup? Ini dikarenakan minum kopi melipatgandakan kadar hormon stres dalam tubuhmu, meskipun kamu minum jumlah kopi yang sama setiap hari. Dan setelah respons awal terhadap stres berlalu, mungkin kamu ingin tidur untuk memproses pengalaman, sebab kantuk dan kelelahan adalah cara alami tubuh bereaksi terhadap stres.

Apa kamu minum kopi sebelum tidur? Adakah dampaknya terhadap tidurmu?

Bagikan Artikel Ini