Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Kenapa Tidur dengan Kipas Angin Menyala Buruk Bagimu

1---
879

Sebagian orang tidak bisa tidur tanpa kipas angin yang menyala. Entah itu karena udara malam yang panas atau karena bunyinya membantu mereka tertidur, tiupan angin langsung kepada mereka merupakan kebutuhan. Tapi meskipun kipas angin sendiri bukan benda beracun, memakainya di malam hari bisa menimbulkan konsekuensi tertentu.

Untuk membantumu, Sisi Terang ingin menunjukkan bagaimana tubuhmu bereaksi apabila tidur dengan kipas angin menyala. Sebagai bonus, ada beberapa solusi sederhana agar malam lebih sejuk tanpa menyalakan kipas angin.

1. Membuat mulut dan rongga hidungmu kering.

Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan kipas angin menyala bisa membantu menguapkan keringat dan kelembapan dari tubuhmu, sehingga menyebabkan dehidrasi dan keringnya mulut serta rongga hidung. Jika kamu hidup di daerah kering, ini butuh perhatian khusus, sebab konsekuensi ini bisa muncul lebih cepat. Tapi pada umumnya, secangkir air putih sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan airmu.

2. Bisa memperparah alergi.

Jika kamu punya alergi, tidur dengan kipas angin menyala bukan ide yang bagus. Menurut para peneliti, angin bisa membantu menyebarkan partikel alergen, sehingga meningkatkan peluang asma, alergi mata, dan rhinitis alergi.

3. Merupakan salah satu penyebab keram otot.

Suhu di malam hari cenderung turun dengan cepat, dan meskipun paparan terhadap suhu dingin merupakan salah satu penyebab keram otot, kipas angin bisa memaparkan udara dingin yang lebih terkonsentrasi dan konstan, yang langsung bertiup kepadamu. Di sisi lain, jika kamu mengalami malam yang panas, udara yang bertiup dari kipas angin bisa menaikkan suhu inti tubuhmu, sehingga menyebabkan penyakit yang ada kaitannya dengan jantung, seperti mual atau sakit kepala.

Bonus: Inilah yang bisa kamu lakukan sebagai ganti menyalakan kipas angin.

1. Tidur dengan jendela terbuka.

Solusi sederhana untuk malam yang panas hanya dengan membiarkan jendela terbuka. Udara sejuk di awal pagi akan membantu menyejukkan udara. Jika khawatir akan nyamuk, kamu bisa mencoba memakai kelambu atau memasang kasa nyamuk di jendela.

2. Letakkan sebuah handuk basah atau seember penuh air di dekat ranjangmu.

Untuk membuat kamarmu bebas dehidrasi, letakkan handuk basah di dekat kepala tempat tidur, atau isi ember dengan air dan letakkan di lantai, di samping tempat tidurmu. Solusi ini akan meningkatkan kelembapan dalam kamarmu.

3. Arahkan kipas angin ke tempat lain.

Jika kamu tidak bisa tidur tanpa kipas angin, coba hadapkan kipas angin ke arah lain. Dengan begini, angin tidak akan langsung menerpamu. Kamu juga bisa mencoba meletakkannya di dekat jendela, supaya bisa menangkap udara dari luar dan membantu udara itu masuk kamarmu.

Apa pilihan andalan untuk membantumu tidur lebih nyenyak di malam-malam yang panas? Dan kalau bukan kipas angin atau AC, apa kamu punya solusi lain yang bisa kami tambahkan ke dalam daftar ini?

1---
879
Bagikan Artikel Ini