Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Penyebab Lemak Menggelambir di Sekitar Perut dan Cara Mengatasinya

----
387

Mempunyai lemak berlebih yang bertumpuk di sekitar pinggang sangat mengganggu. Letaknya jauh di dalam tubuh bagian torso dan bahkan dapat bertumpuk di sekitar usus dan hati. Meskipun tidak tampak berbahaya, perut buncit tidaklah enak dipandang.

Kami di Sisi Terang sudah mencari tahu hal apa saja yang mengakibatkan lemak di perut dan cara mengatasinya.

1. Stres adalah penyebab pertama.

Ketika kita gelisah, tubuh melepaskan kortisol, yaitu hormon stres. Kortisol mendorong penumpukan lemak di area perut kita. Meskipun bisa memberi kita tambahan energi, lemak juga menyebabkan naiknya berat badan. Hormon stres juga meningkatkan nafsu makan, sementara tubuh mulai menolak untuk menurunkan berat badan.

2. Tubuhmu mungkin ingin menunjukkan bahwa ada yang salah.

Lemak berlebih di sekitar pinggang mungkin berkaitan dengan beberapa masalah kesehatan. Sel-sel lemak memproduksi hormon untuk memberi tahu tubuh berapa banyak lemak yang disimpan. Salah satu hormon ini, yaitu leptin, dapat memengaruhi sistem reproduksi dan mengurangi kesuburan. Lemak pinggang yang menggelambir keluar dari celana jin juga menjadi pertanda gangguan metabolis atau tekanan darah tinggi.

3. Kurang tidur dapat mengakibatkan perut buncit.

Saat kurang tidur, kita cenderung mengonsumsi lebih banyak gula dan kurang termotivasi untuk berolahraga. Kurang tidur menaikkan tingkat stres dan membuat kita mengidam makanan tidak sehat.

4. Bermalas-malasan cenderung menambah lemak perut.

Jika jumlah kalori yang kamu konsumsi lebih banyak dari yang dibakar, kemungkinan besar berat badan-mu akan naik. Gaya hidup yang tidak aktif akan menyulitkanmu untuk mengurangi timbunan lemak berlebih, khususnya yang ada di sekitar pinggangmu.

5. Cincin yang sempit mungkin menyebabkan “jari sosis”.

Lemak yang menggelambir tidak hanya muncul di sekitar bagian torso, tapi juga di jari, pergelangan tangan, atau kakimu. Jika ada kulit atau lemak berlebih yang membentuk tonjolan di atas atau bawah cincinmu, itu tandanya cincinmu terlalu kecil dan membentuk gelambir lemak. Ketika celana legging-mu terlalu ketat, kemungkinan itu akan menimbulkan gelambir lemak di kaki.

Cara mengatasi lemak menggelambir

1. Tambahkan asam lemak esensial ke dalam menu makanan sehari-harimu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kacang, ikan air tawar, minyak zaitun, dan sayuran merupakan sumber asam lemak yang baik.

2. Olahraga! Tidak ada olahraga khusus untuk menghilangkan lemak menggelambir, tetapi kombinasi latihan kardio dan kekuatan akan membantu meratakan perutmu.

3. Kendalikan postur tubuh. Semakin tegak kamu berdiri, tonjolan lemak semakin tidak terlihat. Agar postur tubuhmu bagus, kamu harus mengaktifkan otot inti sepanjang hari, yang juga bantu membakar lemak berlebih di sekitar pinggang.

4. Kenakan pakaian dan aksesori yang pas. Celana jin dengan potongan pinggang yang lebih tinggi akan membuat perutmu tampak rata.

Apa kamu mengalami lemak menggelambir? Tahu cara lain untuk mengatasinya?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
----
387
Bagikan Artikel Ini