Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Selama Ini Kamu Salah Membersihkan 7 Bagian Tubuh Ini

Ada sekitar 2.368 spesies bakteri hidup di pusar, bahkan mungkin lebih, tapi kebersihannya sering kali diabaikan. Membersihkan kotoran telinga dengan korek kuping kapas sebenarnya berbahaya dan tidak perlu. Ternyata, selama ini kita membersihkan bagian tubuh kita dengan cara yang salah dan hal itu lebih sering berdampak buruk.

Sisi Terang telah menemukan metode untuk membersihkan bagian tubuh dengan cara yang benar, hanya untuk para pembaca kami. Di bagian akhir, ada bonus tentang cara membersihkan tindik yang aman.

1. Pusar

Kebanyakan orang biasanya mengabaikan kebersihan pusar atau membersihkannya dengan cara yang salah. Pusarmu seharusnya dibersihkan seminggu sekali dengan cara tertentu. Celupkan korek kuping kapas ke dalam cairan alkohol dan gunakan itu untuk membersihkan bagian dalamnya. Ulangi sampai bersih. Lanjutkan dengan korek kuping baru untuk membersihkan sisa alkohol. Hindari pemakaian losion badan.

2. Telinga

Sudah jelas bahwa menggunakan kuku atau benda runcing untuk membersihkan kotoran telinga benar-benar dilarang. Sebaiknya oleskan beberapa tetes baby oil atau gliserin untuk melunakkan kotoran telinga. Setelah 1-2 hari, tuangkan air hangat perlahan menggunakan pipet atau bola karet pengisap. Miringkan kepalamu untuk mengeluarkan airnya. Seka dengan handuk dan ulangi proses seperlunya. Kamu juga bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan bagian luar telingamu.

3. Lidah

Menurut para ahli, cara paling efektif untuk membersihkan lidah adalah dengan mengeroknya. Lidahmu perlu dibersihkan sesering gigimu. Tempatkan pengerok di bagian pangkal lidah dan perlahan tarik ke depan dengan sedikit tekanan. Agar tidak merasa ingin muntah, sesuaikan penempatan pengerok lidahnya.

4. Siku

Agar terhindar dari penumpukan sel kulit mati yang membuat sikumu gelap, sebaiknya lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Kamu bisa menggunakan scrub buatan sendiri atau membelinya di toko, tapi intinya adalah gosok dengan gerakan melingkar secara perlahan. Tekanan yang berlebih hanya akan memperparahnya.

5. Kulit kepala

Kotoran kulit kepala bisa disebabkan oleh sel-sel kulit mati atau penggunaan produk rambut yang berlebihan. Untuk membersihkannya, bilas seluruh rambutmu sebelum menggunakan sampo. Lalu campurkan air dengan sampo dan oleskan ke area kulit kepala. Jika kamu menggunakan kondisioner, oleskan hanya di ujung rambut.

6. Wajah

Jangan mencuci wajah dengan sabun berbusa karena membuat kulitmu kering. Gunakan pembersih dengan formula ringan bersama air hangat untuk mencuci wajahmu. Diamkan selama 60-90 detik sebelum kamu membilasnya.

7. Punggung

Saat membersihkan tubuh, punggung adalah bagian tersulit. Untuk memastikan kamu melakukannya dengan benar, mulailah dengan menggosok dalam keadaan kering. Lalu lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan loofah panjang atau handuk eksfoliasi.

Bonus: Cara membersihkan tubuh bertindik

Menurut seorang ahli tindik, cara terbaik untuk membersihkan dan merawat tindik adalah menggunakan larutan garam. Kompresi ringan dengan garam dan air hangat bisa membersihkan kotoran dan merangsang aliran darah di area tindik.

Apakah selama ini kamu sudah membersihkan semua bagian tubuh ini dengan benar ataukah kami mengejutkanmu? Apa ada trik lain yang ingin kamu tambahkan?

Bagikan Artikel Ini