Sisi Terang
Sisi Terang

Tak Hanya Segar, Inilah Beberapa Manfaat Mengonsumsi Jeruk yang Jarang Diketahui

Dulu, pada masa transportasi lintas samudra sangat terkenal dan kemajuan medis belum begitu pesat, penyakit scurvy atau skorbut menjadi momok menakutkan bagi para pelaut, soalnya penyakit inilah yang paling sering diderita oleh mereka. Kini, kita tahu bahwa penyakit skorbut tidak lebih dari sekadar kekurangan vitamin C dan hanya dengan mengonsumsi satu jeruk sehari, penyakit ini pun bisa disembuhkan.

Tim Sisi Terang ingin menunjukkan kepadamu manfaat mengonsumsi satu buah jeruk sehari yang ternyata bisa menjaga tubuhmu agar tetap sehat.

1. Membantu kesehatan usus

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi jeruk setiap hari bisa menimbulkan efek positif pada mikrobiota usus kita. Hal ini juga menyebabkan penurunan kadar glukosa, sensitivitas insulin, dan kadar LDL (kolesterol jahat). Jus jeruk berperan sebagai prebiotik dan mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus, yang penting bagi kesehatan kita.

2. Membantu menurunkan berat badan

Dalam hal menurunkan berat badan, kita perlu berolahraga dan menjalani diet seimbang, yang berarti harus mengonsumsi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Beruntungnya, jeruk sangat kaya akan nutrisi penting; cuma dengan makan satu buah jeruk sehari, kita telah memenuhi sebagian nutrisi yang diperlukan tubuh.

Jeruk berukuran sedang hanya menyuplai 60 kalori bagi tubuh. Buah ini juga mengandung 3 gram serat yang memberi beragam manfaat seperti menyehatkan usus, menyediakan kolesterol baik, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan juga memperlambat proses penyerapan gula oleh tubuh.

Serat juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Menjalani diet yang kaya akan serat bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan dan meminimalkan asupan kalori yang sangat membantu menurunkan berat badan. Saat makan jeruk, pastikan untuk tidak sekadar mengonsumsi sarinya saja, tetapi juga daging buahnya karena di situlah letak sebagian besar seratnya.

3. Membantu tubuh dalam pembentukan kolagen

Satu buah jeruk mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Nutrisi penting ini juga memiliki beragam manfaat yang luar biasa, seperti meningkatkan penyerapan zat besi, melawan peradangan, dan menurunkan tekanan darah serta juga membantu membentuk kolagen dalam tulang.

Kolagen adalah jenis protein yang diproduksi oleh tubuh kita. Protein ini memberi sokongan struktural terhadap beragam jaringan tubuh serta membantu dalam berbagai proses penting yang berlangsung dalam tubuh kita, seperti perbaikan jaringan dan respons imun. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita kian melambat dan elastin pun menghilang, mengakibatkan penuaan serta membuat kulit terlihat kendor dan kering.

Mustahil menghentikan hilangnya kolagen sama sekali karena ini merupakan bagian dari bertambahnya usia, tetapi kita bisa memperlambat prosesnya. Alhasil, mengonsumsi satu jeruk sehari mungkin bisa membuat perbedaan.

4. Berguna untuk menjaga penglihatan

Para peneliti mengatakan bahwa dengan makan satu buah jeruk sehari, kemungkinan penurunan risiko berkembangnya degenerasi makula mencapai 60%. Degenerasi makula adalah penyakit mata yang bisa mengaburkan penglihatan pusat hingga pada titik bahkan kacamata pun tidak mampu mengatasi masalah penglihatan yang terbentuk karena proses alami penuaan ini.

Vitamin C sangatlah penting bagi penglihatan karena berkontribusi terhadap kesehatan pembuluh darah yang ada di mata kita, dan vitamin C juga mampu membantu melawan katarak. Jika kita ingin punya penglihatan yang sehat di masa tua, mungkin ada baiknya untuk mulai memperhatikan asupan vitamin C harian kita.

5. Melindungi organ penting, seperti jantung dan otak

Menurut sebuah penelitian, kandungan kadar vitamin C normal dalam darah kita erat kaitannya dengan peningkatan fokus, ingatan, dan perhatian. Mengonsumsi jeruk mampu membantu pikiran kita tetap tajam seiring bertambahnya usia, dan satu buah jeruk berukuran sedang sudah mencukupi asupan vitamin C harian yang direkomendasikan dan menjaga tubuh kita tetap sehat. Vitamin penting ini juga merupakan antioksidan yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak.

Sebuah reviu dari 10 penelitian menemukan bahwa konsumsi jus jeruk mungkin bermanfaat dalam menekan beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dapat diartikan bahwa jus lezat ini bisa membantu mencegah penyakit jantung, yang merupakan penyebab nomor satu kematian dini.

Beberapa gejala penyakit skorbut atau kekurangan vitamin C

Penyakit scurvy atau skorbut merupakan kondisi yang sangat jarang terjadi karena kebanyakan dari kita mendapat cukup asupan vitamin C dari makanan sehari-hari, tetapi kondisi ini bisa saja terjadi. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, dan jika produksi kolagen dalam tubuh kita tidak mencukupi, jaringan tubuh pun akan mulai rusak.

Beberapa gejala penyakit skorbut adalah kelelahan, lesu, anemia, penyakit gusi, gigi tanggal, melambatnya penyembuhan luka, depresi, pembengkakan, dan nyeri tulang.

BONUS: Konsumsilah kulit jeruk untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Rasa kulit jeruk memang agak pahit, tetapi kulit jeruk mengandung sejumlah manfaat. Bagian jeruk ini memiliki kandungan serat sekitar 4 kali lebih banyak dibanding daging buahnya. Kulit jeruk juga mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak daripada daging buahnya, dan jeruk juga kaya kandungan vitamin A, B1, B2, B6, dan B9.

Meskipun kaya nutrisi, mengonsumsi kulit jeruk juga memiliki sejumlah kelemahan, seperti fakta bahwa kemungkinan adanya kandungan residu pestisida yang tidak mudah dicerna. Mungkin, dengan mencuci buah secara menyeluruh dan memarut sebagian kulitnya sudah cukup untuk dijadikan santapan yang bisa kamu nikmati manfaat nutrisinya.

Jika kamu ragu akan jumlah asupan nutrisi harianmu, hubungi doktermu. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan terkadang bisa berbahaya.

Manfaat mana yang paling mengejutkanmu? Pernahkah kamu mencoba makan kulit jeruk? Apakah kamu mau mencobanya? Silakan beri tahu kami di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Kesehatan/Tak Hanya Segar, Inilah Beberapa Manfaat Mengonsumsi Jeruk yang Jarang Diketahui
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya