Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Ternyata Selama Ini, Caramu Membersihkan 6 Bagian Tubuh Ini Salah

----
625

Kulit kita adalah rumah bagi sekitar 1,5 triliun mikrob. Tapi tidak semuanya buruk bagi kita, beberapa bahkan penting untuk kesehatan. Itu sebabnya, kita tidak perlu mencuci beberapa bagian tubuh kita menggunakan sabun, sementara untuk bagian-bagian lainnya, kita tidak boleh melewatkannya dan harus membersihkannya secara menyeluruh setiap hari.

Sisi Terang menyadari pentingnya meluangkan perhatian yang selayaknya untuk sejumlah bagian tubuh kita. Oleh karenanya, kami sudah menggali sejumlah tips tentang cara merawat bagian-bagian tubuh tertentu. Dan kalau kamu ingin mencegah jerawat timbul di tubuhmu, jangan lewatkan bagian bonus di akhir artikel.

1. Kaki.

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang seharusnya dibersihkan menggunakan sabun. Namun, banyak dari kita mengabaikan bagian ini karena berpikir kaki akan bersih hanya dari sabun dan air yang mengalir ke bawah tubuh kita. Tapi di area ini, jamur yang menyebabkan kutu air biasa muncul, terutama kalau kamu memakai sandal atau sandal jepit, tidak memakai kaus kaki, atau keringat kakimu berlebih.

Oleh karena alasan ini, menurut dokter kulit, kakimu bukan hanya harus dicuci menggunakan sabun, tapi gosoklah juga kakimu menggunakan batu apung setiap harinya.

Ruang di antara jari-jari kakimu juga harus benar-benar dibersihkan, tidak peduli apa jenis sepatu atau kaus kaki apa yang kamu kenakan. Untuk menghindari penyebaran bakteri dan kuman, kamu perlu mencuci kakimu dengan sabun dan air, lalu keringkan dengan hati-hati menggunakan handuk setelahnya.

2. Punggung leher.

Bagian tubuhmu ini sering hangat dan lembap, terutama jika rambutmu panjang atau kamu sering berolahraga. Kondisi seperti ini dapat mengundang tungau tubuh dan bakteri. Oleh karena itu, mencuci belakang lehermu setiap hari menggunakan sabun dan spons mandi eksfoliasi atau lap basah sangat penting untuk mencegah penyebaran bakteri.

3. Mata.

Membersihkan mata menggunakan sabun bukanlah ide yang baik karena kornea dan sklera matamu bisa rusak. Tapi itu sebabnya mata memiliki kelenjar lakrimal (kelenjar penghasil air mata) yang bertanggung jawab membersihkan dan melindungi mata dari kotoran dan iritan lainnya.

Salah satu cara paling aman untuk membersihkan kelopak dan bulu mata adalah dengan menggunakan sampo bayi tanpa aroma buatan. Campurkan sekitar setengah sendok teh sampo bayi ke secangkir air hangat dan celupkan kain lap ke campuran ini. Gosok kelopak matamu dengan lembut (ke depan dan belakang) menggunakan kain lap tadi dan bilas dengan air setelahnya.

4. Selangkangan.

Menurut seorang dokter kulit, selangkangan harus dicuci secara menyeluruh setiap hari. Bagian tubuhmu ini memiliki lipatan yang dapat menyebabkan bakteri masuk, sehingga menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, infeksi, dan bau tidak sedap. Selangkangan juga salah satu area yang paling sensitif di tubuhmu, dan cara yang paling efektif untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun lembut dan kain lap.

5. Di bawah kuku jari.

Beragam bakteri dapat menguasai area di bawah kukumu, dan kamu takkan bisa menghilangkan semuanya hanya dengan mencuci tangan. Menurut para dokter, merendam kapas ke air hangat dan sabun, lalu menyekanya ke bawah kukumu sudah cukup untuk menghapus setiap bakteri dan kotoran tak terlihat yang hinggap di sana.

6. Lengan dan kaki.

Kecuali sudah benar-benar kotor, lengan dan kakimu tidak perlu dibersihkan secara menyeluruh setiap harinya. Kulit di bagian tubuh ini biasanya tidak menghasilkan banyak minyak, sehingga membersihkannya dengan sabun setiap hari hanya akan membuat kulitmu kering dan rusak.

Bonus: Menyabuni tubuh sebelum keramas.

Menggunakan kondisioner untuk rambut bisa menyebabkan iritasi kulit dan timbulnya jerawat di tubuh. Untuk menghindari ini dan membuang semua sisa kondisioner serta sampo dari kulitmu, Dokter Day merekomendasikan urutan berikut: “Keramas, bilas, pakai kondisioner, bersihkan badan, lalu bilas kondisioner, sekaligus cuci badanmu.”

Bagian tubuh mana yang selama ini kamu bersihkan dengan cara yang salah?

----
625
Bagikan Artikel Ini