Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Waspadalah terhadap 11 Hal yang Mungkin Tidak Sesehat Perkiraan Kita

----
184

Banyak di antara kita telah mendengar fakta tentang makanan tertentu yang kita pandang benar—kemudian ternyata hanya mitos. Seperti misalnya, fakta bahwa membatasi kalori dan mengikuti diet bebas gluten lebih mendatangkan mudarat daripada manfaat terhadap kesehatanmu. Mencoba mempertahankan berat badan sehat dan pola makan benar adalah cukup menantang, dan memperoleh informasi yang salah tentang kesehatan dan nutrisi bisa menjadi alasan lain untuk membuatmu khawatir.

Kami di Sisi Terang percaya bahwa fakta kesehatan harus didukung oleh sains. Kami telah melakukan penelitian untuk menyiapkan daftar makanan populer yang mungkin tidak sesehat perkiraanmu ini.

1. Air lemon

Karena keasamannya, lemon bisa memperparah refluks asam, suatu kondisi yang memengaruhi 60 juta orang Amerika tiap bulan. Cairan asam, seperti air lemon, juga bisa merusak email gigi. Dokter gigi menganjurkan untuk memakai sedotan ketika minum air lemon dan berkumur setelahnya.

2. Teh

Kebanyakan dari kita tahu bahwa kopi hitam bisa menodai gigimu, tapi teh juga bisa berdampak terhadap warna emailmu. Karena teh mengandung lebih banyak tanin daripada kopi, maka lebih besar peluangnya untuk menimbulkan perubahan warna gigi yang bertahan lama. Minum segelas air putih setelah secangkir teh bisa membantu mengurangi noda.

3. Buah kering

Banyak orang mengganti permen dengan buah kering, tapi sebenarnya ini bisa cukup berbahaya bagi gigimu. Perusahaan sering memakai pewarna makanan buatan agar buah kering lebih sedap dipandang, dan ini bisa menodai gigimu. Buah kering juga bisa menurunkan sekresi saliva alami dari mulutmu. Karena saliva membantu melawan bakteri, maka ini bisa menimbulkan lebih banyak masalah kesehatan mulut.

4. Sirop agave

Banyak orang yang sadar kesehatan mencoba menghindari gula dan memakai pemanis alami sebagai gantinya.Tapi nektar agave adalah sirop olahan dan sangat tinggi akan fruktosa. Ini bisa merusak livermu, karena liver mengubah fruktosa menjadi lemak, yang pada gilirannya akan menyebabkan penyakit hati berlemak.

5. Makanan rendah kalori

Berat badan lebih dari 80% orang akan kembali naik begitu meninggalkan diet mereka, dan para ilmuwan percaya makanan rendah kalori penyebabnya. Jika kamu secara teratur memperoleh lebih sedikit kalori dibanding yang dibutuhkan tubuhmu, ini akan memperlambat metabolismemu. Karena diet ini biasanya rendah protein, maka akan berdampak pada jaringan ototmu. Alih-alih membatasi kalori, ahli medis menganjurkan untuk mengonsumsi cukup protein dan menambah latihan ketahanan kepada rutinitas olahragamu.

6. Serbuk protein

Meskipun benar bahwa protein penting bagi otot dan kekuatan tubuhmu, semua dorongan untuk menambahkan protein pada makananmu didasarkan pada pemasaran. Kalau menjaga pola makan sehat, kamu akan memperoleh cukup protein dari makananmu, tapi protein dalam bentuk suplemen lebih banyak mendatangkan mudarat daripada manfaat. Suplemen ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan kalau kamu tidak tahan terhadap laktosa, dan sangat sedikit penelitian tentang efek jangka panjangnya.

7. Jus hijau

Jus hijau telah lama menjadi tren kesehatan, tapi tidak memberikan banyak manfaat kesehatan seperti buah-buahan dan sayuran. Jus mengandung sedikit sekali serat, yang sangat penting bagi pencernaan yang baik dan menjaga berat badan yang sehat.

8. Makanan rendah karbo

Para ahli medis mendorong manusia untuk menghindari diet rendah karbo. Mengurangi karbo mungkin membantumu menurunkan berat badan dengan cepat, tapi tidak memperoleh cukup karbo dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

9. Minyak kelapa

Meskipun minyak kelapa punya kualitas unik, lebih baik kalau dianggap sebagai suguhan sekali tempo. Minyak kelapa cenderung meningkatkan kadar kolesterol dan berpeluang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

10. Produk-produk bebas gluten

Diet bebas gluten penting bagi penderita penyakit seliak, tapi melakukan diet ini secara sukarela bisa merusak kesehatanmu. Banyak makanan olahan bebas gluten berkalori dan berkadar gula tinggi. Juga banyak makanan sehat mengandung gluten yang bisa menyediakan nutrisi penting bagi tubuhmu. .

11. Oatmeal biasa

Oatmeal biasa sepertinya pilihan yang baik. Bahan makanan ini rendah kalori, tapi kaya serat dan protein. Tapi menambahkan sesendok penuh selai kacang dan sedikit almon bukan hanya akan membuatnya lebih bernutrisi, tapi juga akan membantumu merasa kenyang lebih lama.

Bahan makanan apa dari daftar ini yang paling mengejutkanmu? Apa kamu tahu mitos kesehatan lain yang ingin kamu bagikan dengan sesama pembaca Sisi Terang?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, EggMcF****n / Reddit
----
184
Bagikan Artikel Ini