Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

10 Aturan Perawatan Wajah yang Membantu Wanita Korea Terlihat Sangat Muda

Para ahli sering menggunakan kata “revolusioner” saat membahas perawatan kulit orang Korea. Hal itu mengambil alih industri kecantikan beberapa saat lalu dan terus meraih semakin banyak penggemar yang bersumpah itu membuat perubahan fenomenal. Perawatan kulit Korea memiliki beberapa trik dan manfaat beberapa bahan inovatif. Saat digabungkan, semua itu membuat sistem yang sangat unik dan sangat efektif.

Kamu pernah lelah dengan perawatan jerawat dan keriput sampai hampir tak melakukan apa-apa lagi pada kulitmu? Kami di Sisi Terang memilih beberapa tips dan trik yang sangat populer di industri kecantikan Korea. Hasilnya akan memberimu kulit yang bersih serta sehat. Di Korea, konon “kamu bisa berbohong soal umurmu, tapi kulitmu tidak bisa.”

1. Membersihkan wajah dalam beberapa tahap

K-beauty memiliki prosedur pembersihan wajah yang sangat berbeda, yakni terdiri dari beberapa tahap. Kamu ingat saat guru IPA-mu mengatakan “like dissolves like” atau “senyawa polar akan larut dalam senyawa polar dan senyawa nonpolar akan larut dalam senyawa nonpolar”. Dalam kasus ini, sistem perawatan kulit Korea dimulai dengan produk pembersih wajah yang berbahan dasar minyak atau oil-based untuk membersihkan semua sisa-sisa produk berbahan dasar minyak, seperti tabir surya dan makeup. Selain itu, pembersih jenis ini juga menyingkirkan minyak berlebih dari pori-pori. Tahap kedua adalah menggunakan produk pembersih wajah berbahan dasar air atau water-based yang membersihkan semua sisa produk berbahan dasar air seperti keringat dan kotoran. Sesekali, kamu harus melakukan eksfoliasi pada kulitmu untuk menghilangkan sel kulit mati.

2. Pijat wajah

Gerakan menepuk wajah merangsang nodus limfa dan ini membantu mencegah penuaan dengan mendorong peredaran darah dan dengan menyingkirkan kotoran. Pijat sering kali dilakukan di sekitar garis V, di atas dan di antara mata, serta di sekitar mulut untuk mencegah kerutan.

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan produk pelembap favoritmu dan tepuk atau pijat perlahan produk itu pada kulit.

3. Langsung pakai pelembap pada wajah

Jika kamu ingin memanfaatkan proses melembapkan dan memungkinkan losion atau krim untuk benar-benar masuk ke pori-pori, pastikan kamu segera mengoleskan pelembap setelah mengeringkan kulit selesai mandi. Karena pori-pori terbuka saat mandi, sebaiknya pakai pelembap pada wajah tidak lebih dari satu menit setelah handukan.

4. Vitamin C

Vitamin C menutrisi kulit kering dan kusam dari dalam, zat antioksidannya membersihkan kulit lelah dan membantu mencerahkan serta menyegarkan warna kulit wajah dengan memperbaiki sirkulasi kulit. Asam sitrat sangat ampuh dalam membersihkan pori-pori dari sisa kotoran dan minyak serta menyingkirkan sel kulit mati.

Untuk memanfaatkan kekuatan memulihkan dari asam sitrat, gunakan serum vitamin C atau peras setengah lemon ke dalam mangkuk, tambahkan air, dan aplikasikan pada kulit dengan kapas. Lemon akan mencerahkan dan membersihkan kulit. Tapi jangan gunakan lemon atau perawatan lain yang mengandung vitamin C sebelum kamu keluar. Vitamin C terpengaruh matahari dan bisa meninggalkan pigmentasi pada kulitmu.

5. Ginseng

Ginseng mungkin merupakan obat terbaik Korea untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Ginseng berperan sebagai antioksidan, mencegah penuaan, menjaga kekenyalan kulit, dan memperpanjang masa hidup sel kulit. Ginseng juga sangat ampuh dalam meningkatkan produksi kolagen di dermis kulit.

6. Hyaluronic acid atau asam hialuronat

Saat kita menua, semakin sedikit sebum dihasilkan dan proses penuaan kulit meningkat karena berkurangnya kelembapan. Asam hialuronat adalah bahan pengikat kelembapan yang luar biasa. Itu membantu menjaga kelembapan dalam kulit dan membawa zat bermanfaat untuk kulitmu. Itu juga mengubah kulit kendur menjadi terhidrasi dan kenyal.

7. Lendir siput

Perawatan kulit Korea tak terkalahkan dalam hal terus-menerus mencari produk inovatif dan bahan alami yang tidak biasa. Lendir siput jelas merupakan contoh yang sangat berhasil dari pencarian ini. Lendir siput mengandung banyak elemen menakjubkan — yakni kolagen, asam hialuronat, vitamin, dan garam mineral. Ini dirancang alami untuk meregenerasi sel karena siput menggunakannya untuk memulihkan “cangkangnya”.

Karena strukturnya, lendir siput memiliki kemampuan untuk secara efektif menghubungkan radikal bebas dan menormalisasi produksi kolagen serta elastin. Zat ini juga memiliki efek antiradang sehingga menenangkan dan meredakan iritasi. Lendir siput melembapkan kulit, menutupinya dengan lapisan tipis tak terlihat yang menahan kelembapan tapi memungkinkan oksigen masuk serta membiarkan kulit bernapas.

8. Perlindungan UV

Paparan UV adalah salah satu penyebab utama penuaan dini karena produksi kolagen menurun dalam dermis saat kulit terpapar sinar UV untuk waktu lama. Hal ini menyebabkan semakin menipisnya kulit dan munculnya keriput. Tabir surya adalah produk wajib dalam sistem K-beauty. Tabir surya dalam perawatan kulit Korea memiliki tekstur yang relatif ringan, menyerap dengan baik, dan tidak meninggalkan bekas yang lengket dan berminyak. Selain itu, tabir surya tersebut melembapkan kulit dan bisa digunakan sebelum memakai makeup.

Tabir surya juga penting untuk orang yang menghabiskan waktu di bawah terik matahari karena itu membantu melindungi kulit dari kanker.

9. Kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang memberi struktur untuk kulit. Itu seperti kerangka yang menahan seluruh bangunan dan tanpa kerangka itu, bangunan akan runtuh. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit lebih berkilap. Kulit yang kekurangan kolagen menjadi kendur dan mulai kehilangan kekenyalan serta kekencangannya. Sayangnya, seiring usia, produksi kolagen melambat drastis. Itu sebabnya serum kolagen memiliki peran sangat penting dalam proses antipenuaan di industri kecantikan Korea.

10. Peptida

Seperti yang telah disebutkan di atas, kolagen penting untuk kulit. Itu adalah protein seperti rantai yang dibuat dari banyak segmen kecil. Segmen ini disebut peptida. Saat mendeteksi jumlah peptida yang meningkat, tubuh mendapat pesan bahwa kulit kehilangan kolagen dan mulai memproduksinya, seperti yang kita inginkan. Dengan kata lain, produk yang mengandung peptida membantu meningkatkan produksi kolagen.

Kamu pernah mencoba perawatan kulit dari Korea? Atau mungkin kamu tahu orang yang pernah mencobanya? Beri tahu kami pendapatmu di kolom komentar, lalu bagikan artikel ini dengan teman dan keluargamu.

Kredit foto pratinjau Pam Reeves / pinterest
Bagikan Artikel Ini