10 Aturan Sederhana untuk Tampil Cantik Tanpa Makeup

Penampilan alami selalu menjadi tren. Sekarang ini, banyak perempuan menghabiskan waktu lama untuk mencoba berdandan agar mereka terlihat tidak memakai makeup sama sekali. Namun, mengikuti beberapa aturan kecantikan bisa membantumu terlihat cantik tanpa menggunakan kosmetik di wajahmu.

Sisi Terang memperkenalkan 10 trik sederhana yang akan membantumu terlihat sempurna secara alami tanpa alas bedak, lipstik, atau kosmetik lain.

Buat alismu terlihat sempurna.

Pada wajah tanpa makeup, alis pasti menjadi pusat perhatian. Bentuk alismu sesuai bentuk wajahmu. Jika perlu, warnai alismu dengan cat atau hena. Saat memilih warna, pastikan itu sesuai dengan warna rambutmu. Jika kamu tidak punya alis tebal, oleskan campuran minyak jarak dan vitamin A pada alismu setiap hari. Setelah beberapa minggu, kamu akan melihat perubahan menakjubkan pada alismu.

Tonjolkan matamu.

Agar penampilanmu “lebih lebar”, buat bulu matamu lentik dengan pelentik bulu mata, lalu oleskan gel transparan. Kamu bahkan bisa menggunakan bulu mata sambungan.

Singkirkan lingkaran hitam di bawah matamu. Mulai perhatikan kembali pola makanmu. Mata panda bisa disebabkan oleh kurangnya zat besi atau vitamin B dalam tubuh (hati dan daging merah mengandung banyak zat ini). Pilih krim mata dengan efek mencerahkan atau yang mengandung retinol. Memakai kompres dingin dengan mint atau teh hijau juga sangat membantu.

Putihkan gigi.

Senyum cerah menambah 100 poin pada wajahmu. Oleh karena itu, pastikan tidak ada yang mencegahmu terlihat menarik. Gunakan pasta gigi pemutih, terutama setelah minum kopi atau wine. Tapi ingat, jangan berlebihan menggunakannya karena pasta gigi seperti itu bisa cukup keras. Jika gigimu secara alami berwarna abu-abu atau kuning, cobalah berkonsultasi ke profesional untuk memutihkannya.

Jangan lupakan bibirmu.

Nutrisi, pelembap, dan eksfoliasi yang wajar bukan hanya penting untuk wajah, tapi juga untuk bibirmu. Gunakan lip balm yang terkadang bisa diganti dengan minyak zaitun atau minyak alami lainnya. Seminggu sekali pijat bibir dengan sikat gigi lembut atau dengan jarimu — kamu harus membasahi dan mencelupkannya ke dalam gula dulu.

Rawat rambutmu.

Warna rambut yang kusam dan sudah lama tidak memotong rambut tidak akan membantu wajah tanpa makeup-mu. Pilih gaya rambut sederhana dan warna alami, karena warna yang lebih tajam tidak cocok dengan penampilan alami. Potong ujung rambut yang bercabang secara teratur, gunakan produk dengan pelindung panas, dan jangan berlebihan dengan produk penata gaya. Minyak kelapa bisa menambah kilau rambut. Juga membantu melawan ketombe, rambut kering, dan masalah lain. Memblas rambut dengan ekstrak herbal rebus (sage dan kulit pohon ek untuk rambut cokelat, chamomile dan linden untuk rambut pirang) juga membuat rambutmu terlihat lebih berkilau.

Gunakan tabir surya.

Radiasi ultraviolet sangat mempercepat kerutan dini dan “bonus” penuaan yang tak menyenangkan lainnya. Sinar ini juga bisa menyebabkan kanker kulit, dan orang dengan kulit terang yang paling terpengaruh. Oleh karena itu, produk dengan SPF harus digunakan tak hanya pada hari panas di pantai, tapi sepanjang tahun.

Fokus pada kulit.

Ahli kosmetologi percaya bahwa kita sebaiknya tidak cuci muka lebih dari dua kali sehari. Bahkan lebih baik jika kita cuci muka hanya sebelum tidur. Pada pagi hari, kamu bisa menggunakan cleansing milk, losion, atau es batu. Yang paling penting, jangan terlalu banyak menggosok kulit karena itu bisa cukup keras. Membuat masker wajah (masker tanah liat putih, misalnya) seminggu sekali juga berguna. Dan jika kulitmu tidak terlalu sensitif, kamu bisa melakukan eksfoliasi lebih dengan menggunakan scrub wajah berbeda.

Cukup tidur.

Tidur yang baik (setidaknya 7-9 jam) adalah hal dasar untuk menjaga kulit dalam kondisi sempurna dan bagus untuk kesehatan secara umum. Tidurlah pukul 23.00 karena setelah tengah malam, tubuh mulai memproduksi salah satu “hormon kecantikan” utama — melatonin. Coba tidur telentang untuk mengurangi kemungkinan munculnya keriput dini.

Pikirkan kembali pola makanmu.

Penelitian memastikan hubungan langsung antara kondisi kulit dan makanan yang kita makan. Ikan laut berminyak, minyak sayur, biji-bijian, dan kacang adalah makanan paling penting. Itu sumber asam lemak, vitamin E, dan karotena yang menjadi senjata utama dalam melawan radikal bebas. Produk susu juga harus dimasukkan ke dalam menu karena itu kunci untuk mendapatkan mikroflora sehat.

Temukan warnamu.

Memilih warna pakaian yang benar akan membantu warna kulitmu terlihat merata, menyembunyikan masalah kulit, dan membuat penampilanmu terlihat lebih mahal. Kulit tanpa alas bedak terlihat lebih pucat, dan itu sebabnya jangan memperburuk situasinya dengan memilih warna yang terlalu gelap dan dingin. Putih juga bukan pilihan terbaik. Yang terbaik adalah warna terang: biru, toska, zamrud, peach. Idealnya, kamu harus menentukan jenis warnamu dan pilih pakaian sesuai aturan spesifik.

Kredit foto pratinjau instagram
Berdasarkan materi dari wikihow
Bagikan Artikel Ini