Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Tips untuk Mengurangi Pigmentasi Wajah Secara Alami

----
979

Produksi melanin berlebihan adalah penyebab umum hiperpigmentasi. Ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari atau kehamilan jika tingkat hormon berubah. Itu sebabnya, menghilangkan bintik-bintik gelap bisa jadi sulit.

Kami di Sisi Terang menguji tips-tips profesional dan ingin membagikan cara mengurangi pigmentasi secara alami guna memperoleh kulit yang berseri-seri.

1. Oleskan bawang merah

Bawang merah bisa berfungsi sebagai bahan pemutih. Sebuah penelitian menunjukkan, umbi ini bisa menghambat kerja sel yang menyebabkan pigmentasi berlebihan.

Pada dasarnya, bawang bisa menjadi obat rumahan yang baik jika kamu ingin memudarkan bintik-bintik gelap di wajah. Ada cara sederhana untuk memakainya.

  1. Ambil bawang merah dan potong dadu sehalus mungkin.
  2. Masukkan potongan bawang halus itu ke dalam kantong teh kosong.
  3. Tempelkan kantong pada area pigmentasi. Biarkan sari bawang menempel di kulit selama 10 menit.

2. Oleskan yoghurt atau susu

Para ilmuwan menyatakan asam laktat bisa menjadi bahan peeling kimia guna membantu mengatasi masalah kulit, termasuk hiperpigmentasi. Untuk tujuan ini, tidak perlu membeli masker khusus. Gunakan saja yoghurt atau susu.

  1. Oleskan langsung di area pigmentasi. Opsi lain, rendam kapas dalam susu dan tempelkan pada wajah. Biarkan selama beberapa menit saja, lalu bilas.
  2. Oleskan pelembap. Ulangi prosedur ini 2 kali sehari, misalnya pagi hari dan malam sebelum tidur.

3. Tempelkan daun murbei atau oleskan ekstraknya

Daun murbei dan ekstraknya juga bisa mengobati pigmentasi secara alami dan menghambat faktor yang menyebabkan produksi melanin berlebihan.

Rendam daun murbei kering, lalu tempelkan pada kulit setiap hari. Sikap konsisten akan memberikan hasil seiring waktu.

4. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya punya banyak manfaat kesehatan bagi kulit dan salah satunya adalah mengurangi pigmentasi seiring waktu karena bahan aktifnya, yaitu aloesin atau aloin.

Oleskan krim atau gel lidah buaya setiap hari dan setelah beberapa lama, akan terlihat hasil positif.

5. Oleskan cuka sari apel

Para ilmuwan berkata bahwa cuka sari apel bisa membantu melawan hiperpigmentasi berkat kandungan asam asetatnya yang mencerahkan kulit. Bahan ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit. Tapi berhati-hatilah jika kamu punya masalah kulit lain.

  1. Campur cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama.
  2. Oleskan pada area berbintik-bintik gelap dan biarkan 2-3 menit.
  3. Basuh dengan air suam-suam kuku.
  4. Ulangi dua kali sehari.

6. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih

Pemudaran warna bisa butuh waktu lama. Bintik gelap biasanya memudar selama 6 sampai 12 bulan. Untuk membantu proses ini, kamu perlu tabir surya, kalau tidak, semua upayamu akan sia-sia. Pertama, kamu harus mengoleskannya setiap hari. Kedua, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan yang mengandung zink oksida atau titanium dioksida.

Untuk kulit berminyak, pilih tabir surya dengan klaim “tidak menyumbat pori-pori” dan “non-comedogenic.”

7. Cari produk yang mengandung retinoid

Retinoid penting untuk perawatan kulit yang mengalami pigmentasi. Juga berperan dalam penyembuhan jerawat, penyakit kulit psoriasis, dan penuaan dini kulit oleh paparan sinar UV dan sinar matahari berlebihan. Padukan retinol dengan pelembap sederhana. Ini adalah kombinasi sempurna jika kulitmu kering dan mengalami iritasi.

Penting juga untuk konsisten saat memakai retinol, jika tidak, kamu tidak akan memperoleh efek maksimal. Setelah memakainya setiap hari selama 2-3 minggu, biasanya kamu akan mulai melihat hasilnya.

8. Hindari pemutih kulit yang mengandung merkuri

Kamu harus sangat berhati-hati dengan apa yang kamu oleskan pada kulit. Sebagian krim pemutih atau masker bisa membahayakanmu. Periksa komposisinya. Jika kamu melihat merkuri di dalamnya, hindari produk kecantikan ini, sebab bisa menyebabkan kulit tipis dan rentan, atau perubahan warna permanen.

9. Pilih bahan makanan yang kaya akan Vitamin C

Dermatolog mengingatkan bahwa untuk berhasil mengobati hiperpigmentasi, kamu harus merawat tubuh luar dalam. Jangan hanya memperhatikan krim dan masker, tapi perhatikan juga apa yang kamu konsumsi. Vitamin C penting untuk kulit yang sehat dan sempurna. Jika kamu ingin mempercepat prosesnya, sertakan kubis asam karena bahan makanan ini paling kaya akan vitamin C.

10. Konsumsi buah amla setelah makan

Tips tambahan dari dokter, mulailah mengonsumsi buah amla, atau malaka. Kamu bisa membelinya dalam bentuk bubuk dan konsumsi 1 sendok teh 2 kali sehari. Lebih baik dikonsumsi 30-40 menit setelah makan.

Krim apa yang kamu pakai agar kulit tampak halus? Kamu punya tips-tips lain untuk mencegah pigmentasi kulit?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
----
979
Bagikan Artikel Ini