Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

12 Cara Ilusi Optik Bisa Membantumu Terlihat Lebih Ramping dengan Pakaianmu

Dapatkah kamu membayangkan bisa tampil lebih ramping secara ajaib hanya dengan beberapa penyesuaian pada pakaianmu? Meskipun tampak seperti sihir, ilusi optik bukan sekadar gaya seni rupa, tapi juga dapat berfungsi sebagai sarana mode yang menyenangkan dan praktis. Dengan teknik yang tepat dan sedikit kreativitas, kamu bisa menciptakan proporsi yang sesuai pada pakaian sehari-harimu.

Sisi Terang tahu bahwa semua bentuk tubuh itu indah, tapi jika kamu ingin lebih percaya diri, berikut 12 ilusi optik yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu dengan mudah.

1. Gunakan warna lebih gelap untuk merampingkan bagian tubuh terbesar.

Jika kamu ingin membuat bagian tertentu dari tubuhmu tampak lebih kecil, warna lebih gelap adalah pilihan terbaik. Namun, ini hanya berhasil jika kamu juga mengenakan warna yang lebih terang pada pakaianmu. Ini terjadi karena bentuk-bentuk yang berwarna lebih gelap tampak lebih kecil dibandingkan dengan yang berwarna lebih terang. Sebagai contoh, untuk merampingkan tubuh bagian atas, kenakan kemeja hitam dengan celana putih. Warna yang kontras akan membuat bagian atas tubuhmu tampak lebih kecil dibandingkan bagian bawah.

2. Garis-garis vertikal menciptakan efek ramping.

Saat mengenakan motif garis-garis vertikal, tubuhmu secara otomatis tampak kurus. Namun, perlu diingat bahwa semakin banyak garis vertikal yang kamu gunakan pada pakaianmu, semakin panjang siluetnya. Artinya, kamu harus memilih pakaian dengan garis-garis yang lebih tipis dan jarak yang lebih rapat. Kiat yang bagus untuk pinggul yang lebih besar adalah mengenakan celana dan rok dengan panel samping karena garis-garis akan mengalihkan perhatian dari area tersebut.

3. Garis-garis horizontal menonjolkan bagian tertentu pada tubuhmu.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kamu harus selalu menghindari pakaian bergaris horizontal. Itu memang bisa membuat tubuhmu tampak lebih besar, tapi ada “cara benar” untuk memakainya yang terbukti cukup bagus. Cobalah kenakan motif garis horizontal pada bagian tubuh tertentu untuk menciptakan keseimbangan dengan bagian tubuh lainnya. Misalnya, jika kamu ingin dadamu tampak lebih besar, pakailah motif garis horizontal pada bagian itu! Jika kamu wanita dengan tubuh berlekuk, garis-garis horizontal juga bagus untuk menonjolkan bentuk tubuhmu.

4. Padukan warna-warna cerah untuk menciptakan ilusi bentuk tubuh yang benar-benar berbeda.

Color blocking adalah tren yang telah ada sejak 1960-an dan merupakan cara yang berani untuk menciptakan ilusi optik mode. Ini dilakukan dengan mengenakan warna-warna cerah dan kontras yang ditempatkan secara strategis melalui garis dan pola geometris untuk mengubah tampilan siluetmu. Untuk membentuk ulang tubuhmu, pilih gaun dengan potongan gelap, bentuk geometris, dan warna yang bertolak belakang.

5. Garis asimetris bagus untuk menyembunyikan perutmu.

Garis-garis diagonal membuat matamu bergerak lebih jauh dari satu titik ke titik lain, itu sebabnya menggunakan garis asimetris pada pakaian dapat membuatmu tampak lebih ramping—garis-garis itu membuat siluetmu tampak lebih panjang. Jika perutmu bukan bagian tubuh favoritmu, ini adalah trik yang bisa membuatmu tampil lebih elegan.

6. Garis horizontal yang ditempatkan di bagian atas atau bawah tubuhmu juga bisa membuatmu tampak lebih ramping.

Ini mungkin terdengar kontroversial, tapi menempatkan satu garis horizontal di bagian atas atau bawah tubuhmu sebenarnya dapat membuatmu tampak lebih tinggi. Hal ini terjadi karena aturan ini: semakin lama matamu bergerak secara vertikal sampai menemukan garis horizontal, siluetnya tampak semakin panjang. Cobalah rok dan gaun dengan garis berwarna terang dan besar di bagian bawah. Atasan dengan detail seperti ini di bagian bahu juga bisa memberi efek yang sama.

7. Panjangkan kakimu dengan meninggikan garis pinggang.

Saat menampakkan pinggang dengan mengenakan celana atau rok, kamu membuat pemisah antara bagian atas dan bagian bawah tubuhmu. Jika tubuhmu pendek, kamu dapat menciptakan ilusi ukuran tubuh yang sangat berbeda dengan membuat kakimu tampak lebih panjang. Untuk mendapatkan efek itu, sebaiknya coba kenakan celana berpinggang tinggi, celana pendek, rok, atau bahkan ikat pinggang di atas pusar.

8. Garis leher “V” membuat siluetmu tampak lebih panjang.

Bagi wanita yang ingin membuat bagian dadanya yang besar tampak lebih kecil, belahan dada “V” dapat berpengaruh besar pada keseluruhan pakaian. Tidak harus yang terlalu ke bawah—kamu dapat menyeimbangkan bentuk tubuhmu dengan garis leher “V” yang akan memberikan kesan batang tubuh yang lebih panjang.

9. Gunakan corak besar untuk memperbesar bagian tubuhmu dan corak kecil jika kamu ingin mengecilkannya.

Kamu bisa memainkan ilusi optik dengan corak pada pakaianmu. Ingatlah bahwa semakin besar coraknya, semakin besar tampilan tubuhmu. Sebaiknya kenakan corak yang lebih besar pada bagian tubuh yang lebih kecil untuk menciptakan tampilan yang seimbang. Jika kamu menginginkan efek sebaliknya, cobalah corak yang lebih kecil dengan jarak yang lebih rapat—ini dapat membuatmu terlihat lebih ramping.

10. Gunakan warna dan garis untuk menegaskan garis pinggang.

Tidak peduli seberapa besar pinggangmu, selalu ada cara untuk membuatnya tampak lebih indah. Kamu dapat menggunakan warna yang kontras di tempat yang tepat untuk memamerkan lingkar pinggangmu, misalnya dengan garis-garis horizontal kecil atau ikat pinggang cerah. Jika memiliki bentuk tubuh persegi panjang, kamu mungkin ingin menggunakan ilusi lain untuk menciptakan tampilan pinggang yang kecil. Cari atasan peplum dan rok flare untuk menambah volume pada pinggulmu.

11. Jika bagian batang tubuhmu lebih kecil, pilih atasan yang lebih panjang.

Saat mengenakan pakaian yang kontras, kamu secara otomatis menciptakan ilusi garis horizontal pada tubuhmu. Jika batang tubuhmu kecil, atasan pendek atau celana berpinggang tinggi bisa membuatmu tampak lebih pendek atau bahkan lebih besar. Jadi, kamu harus mengenakan atasan yang panjangnya sampai ke bawah pusar. Dengan ini, kamu akan tampak lebih tinggi dan siluetmu akan tampak lebih panjang. Kiat lainnya adalah jangan selipkan pakaianmu ke dalam celana.

12. Ciptakan pengalih perhatian dari bagian tubuhmu yang lebih besar dengan menonjolkan area yang kamu sukai.

Trik terpenting menyangkut mode bukanlah menyembunyikan ketaksempurnaanmu, tapi menonjolkan fitur terbaikmu. Jika kamu diberkati dengan dada yang indah, kenakan atasan yang memamerkannya. Jika pinggulmu adalah atribut terbaikmu, jangan takut mengenakan celana dan rok yang menonjolkannya. Begitu kamu melakukan ini, orang-orang tidak akan melihat sesuatu yang buruk, kami jamin!

Bonus: Simpan trik ini untuk digunakan nanti.

Mana dari trik-trik di atas yang menurutmu cocok untukmu? Bagikan dengan kami di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini