Sisi Terang
Sisi Terang

7 Rahasia Rambut Indah dari India Kuno yang Masih Diikuti para Wanita Berabad-abad Kemudian

Ilmu pengobatan Ayurveda berasal dari India lebih dari 5.000 tahun lalu dan merupakan suatu bentuk ilmu penyembuhan. Kehidupan modern membuat kita merasa harus menggunakan produk kecantikan terkini untuk memperoleh tampilan dan rambut yang kita harapkan. Tetapi beberapa metode yang telah diuji coba dan dipakai selama ribuan tahun oleh wanita India untuk memperoleh rambut tebal, sehat, dan berkilau ini mungkin lebih baik.

Sisi Terang hadir dengan sejumlah teknik kuno yang telah terbukti bisa membantu memperoleh rambut indah.

1. Memakai teknik Balayam

Ini adalah teknik yoga yang juga merupakan bentuk pijat akupresur dan refleksi. Gerakannya mencakup menggosokkan kuku-kuku jari satu sama lain (kecuali ibu jari) dengan kekuatan yang sama selama 5-10 menit sehari. Kedua ibu jari harus tegak.

Dipercaya ada titk-titik tekan di bawah kuku yang bisa merangsang aliran darah ke kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Ini adalah metode pembakaran lambat yang butuh kesabaran dan hasilnya mungkin butuh waktu beberapa bulan.

2. Memakai shikakai dalam rutinitasmu

Shikakai adalah pohon menyerupai semak yang tumbuh di India dan manfaatnya bagi kesehatan rambut telah dirasakan dan dipakai selama berabad-abad. Tumbuhan ini dikenal sebagai sampo alami dan biji polong tanaman ini penuh dengan vitamin A, D, E, dan K serta antioksidan. Ini membantu menyediakan nutrisi mikro untuk menyuburkan folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

Daun, polong, dan kulit batang shikakai dikeringkan dan digiling menjadi bubuk, dan ketika dicampur dengan air akan menjadi pasta yang dipakai di rambut. Khasiatnya tidak terbatas dan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurai rambut kusut, mengurangi ketombe, mencegah ujung rambut bercabang, dan membuat rambut lembut serta bersinar.

3. Memakai minyak rambut

Banyak jenis minyak rambut dipakai di India untuk membantu mengembalikan kelembapan pada rambut, dan masing-masing memiliki khasiat berbeda. Meminyaki rambut telah dipraktikkan selama berabad-abad dalam pengobatan Ayurveda.

Pengobatan ini mendorong peredaran darah, menambah kelembapan, dan merangsang folikel rambut melalui pemijatan minyak pada kulit kepala. Tapi ingat, terlalu banyak minyak bisa merusak, jadi keseimbangan adalah kuncinya. Beberapa minyak yang dipakai di India adalah minyak amla, minyak kelapa, minyak jarak, dan minyak almon.

4. Menganyam atau mengepang rambut

Wanita India telah mengepang atau menganyam rambut sejak zaman kuno. Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan kebiasaan ini mendorong pertumbuhan rambut, ada berbagai manfaat dari menganyam rambut.

Ketika rambut dikepang, gesekan terhadap kain menjadi lebih sedikit, yang artinya lebih kecil kemungkinannya untuk patah. Rambut juga berkurang kusutnya, hingga tidak perlu disisir terlalu lama. Kuncinya adalah membuat kepang yang longgar dan tidak terlalu kencang pada kulit kepala.

5. Memakai masker rambut buatan rumah

Ketika rambut kita butuh sedikit cinta tambahan, masker rambut bisa membantu memberikan nutrisi terkonsentrasi dan kelembapan kepada rambut kita, tapi wanita India memanfaatkan kelebihan bahan-bahan alami untuk memberikan sedikit kesegaran dan stimulasi kepada rambut.

Banyak masker rambut buatan rumah merupakan campuran dari bahan-bahan yang telah kita miliki di dapur, seperti madu, alpukat, yoghurt, cuka apel, dan lidah buaya.

6. Memakai inai untuk mewarnai rambut

Inai adalah tanaman alami yang bisa memberikan warna hitam atau merah anggur atau bahkan oranye. Inai juga berkhasiat anti jamur, yang menjadi alasan bahan ini bisa membantu mengatasi ketombe dan bisa mengurangi rambut rontok, serta mengandung vitamin E, yang membantu melembutkan rambut.

Jika kamu memilih bahan ini, berhati-hatilah dengan jenis inai yang kamu gunakan, karena sebagian mungkin merupakan campuran yang mengandung bahan kimia.

7. Memakai telur untuk menutrisi rambut

Telur telah dipakai sejak abad kesebelas untuk memperkuat rambut. Telur mengandung protein dan lemak yang membuat rambut bersinar cantik.

Telur bisa dipakai dalam masker rambut secara tersendiri dengan mengoleskan putih telur pada akar-akar rambut dan membiarkannya selama 15-20 menit.

Apa kamu pernah mencoba salah satu teknik ini? Kalau pernah, seperti apa hasilnya? Apa kamu ingin mencobanya?

Sisi Terang/Khusus cewek/7 Rahasia Rambut Indah dari India Kuno yang Masih Diikuti para Wanita Berabad-abad Kemudian
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya