Sisi Terang
Sisi Terang

Aku Penata Rambut, dan Inilah Rahasia dan Trik yang Dipakai Salon Kecantikan

Halo! Namaku Vera, dan aku telah bekerja sebagai penata rambut selama 6 tahun. Aku sudah memimpikan menjadi seorang penata rambut sejak masih kecil: Aku sering pergi ke salon tempat bibiku bekerja untuk mempelajari tentang seni ini sebanyak mungkin.

Aku akan memberi tahu para pembaca Sisi Terang bagaimana cara merawat rambut dengan baik dan prosedur apa yang harus dihindari.

10. Kenapa rambut pirang berubah menjadi warna kuning begitu cepat?

Kebanyakan klien berambut pirang ingin mempertahankan warna rambut mereka selama mungkin. Tapi semua orang mengeluh gara-gara rambutnya berubah menjadi kuning sangat cepat. Mungkin ada banyak alasan berbeda dan tidak semuanya disebabkan oleh kesalahan penata rambut. Berikut adalah kesalahan dasar yang dilakukan para wanita:

  • Menata rambut tanpa perlindungan termal. Saat rambut diwarnai, produk perlindungan diperlukan, bahkan saat hanya memakai pengering rambut.
  • Mengabaikan hiperhidrosis (kondisi saat seseorang berkeringat secara berlebihan yang tidak berkaitan dengan aktivitas fisik ataupun suhu udara). Keringat berlebihan membuat warna rambut lebih cepat pudar.
  • Menggunakan masker dan sampo nutrisi biasa. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa kehilangan sebagian besar warna rambutmu setelah satu kali keramas. Untuk menghindari hal ini, Kamu harus berhenti memakai semua produk perawatan rambut yang tidak aman untuk rambut berwarna selama 3-4 minggu, kecuali tertera tulisan color-safe (aman untuk pewarna rambut) pada kemasannya.
  • Mencuci rambut dengan air panas. Aku selalu memberi tahu klienku bahwa tidak masalah mandi air panas maupun mandi biasa, tapi alangkah baiknya rambut tidak dicuci dengan air panas. Rambut yang diwarnai harus dicuci dengan air dingin.

9. Kenapa tidak hair polish?

Ini mungkin salah satu prosedur rambut paling populer di tahun 2019. Tapi aku menentangnya. Soalnya, butuh alat khusus untuk melakukan prosedur hair polish. Mesin tersebut memotong rambut rusak sekaligus rambut sehat. Hal ini bikin rambut menjadi lebih tipis.

Prosedur hair polish meninggalkan potongan rambut yang tidak rata serta tidak terlindungi. Hasilnya hanya bertahan selama satu minggu dan kemudian rambut pun mulai bercabang lebih cepat.

Beberapa penata rambut menawarkan untuk “melelehkan” rambut, yang malah memperpanjang efek prosedur. Mereka juga menawarkan layanan laminasi atau Botox rambut, supaya bisa menambah biaya perawatan. Ingat: tidak ada prosedur salon yang bisa memperbaiki rambut rusak dan ujung rambut yang bercabang memang harus dipotong, tidak ada cara lain untuk memperbaikinya.

8. Makna sebenarnya color peeling

Cukup sering, penata rambut membuat kesalahan dan kamu berakhir dengan warna rambut yang salah. Jadi, mereka harus mengulangi proses pengecatan rambut traumatis itu lagi. Untuk menghindarinya, kamu bisa meminta prosedur color peeling.

Peeling memungkinkan kita untuk menaikkan rona warna satu per satu. Metode yang sama dapat dipakai jika pencerah rambut membuat warnanya tidak merata.

Peeling adalah proses yang tidak terlalu traumatis dibandingkan dengan lightening atau dekolorisasi. Proses ini tidak memakan banyak waktu dan memberikan reaksi yang cepat. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat waktu serta mengurangi kerusakan pada rambutmu.

7. Alasan rasa sakit di bagian akar rambut

Terkadang, kamu mungkin mengalami sensasi yang tidak menyenangkan di bagian akar rambutmu. Berikut adalah alasan paling umum hal ini terjadi:

  • Hipersensitivitas. Terkadang, hanya dengan mengubah posisi rambut, kulit kepala bisa terasa gatal atau sakit. Kulit sensitif di bagian kulit kepala juga mungkin bereaksi terhadap penggantian sampo.
  • Gaya rambut, jepit rambut, dan ikat rambut yang terlalu kencang. Jika rambut ditarik ke belakang melawan arah alami pertumbuhannya, hal tersebut bisa membuatmu tidak nyaman.
  • Prosedur agresif. Pewarnaan rambut, dekolorisasi, dan pengeritingan adalah contohnya. Kulit kepala sering meresponnya dengan rasa gatal dan kering. Jadi sebelum melakukan salah satu prosedur ini, kamu harus mengetes dulu untuk melihat apakah kamu mengidap reaksi alergi.
  • Rambut kotor. Minyak dapat menyumbat pori-pori dan membuat akar rambut lebih berat, yang bisa menyebabkan rasa sakit.

6. Metode etching rambut perak

Hair etching merupakan prosedur persiapan yang dilakukan sebelum pewarnaan rambut. Prosedur ini membantu mewarnai rambut perak lebih baik dengan warna yang lebih merata.

Dalam melakukan prosedur ini, penata rambut memakai zat pengoksidasi, yang dioleskan pada rambut perak dan dibiarkan selama sekitar 15 menit.

Kenapa metode ini nyaris tidak pernah dipakai di salon kecantikan? Pertama, karena tidak semua penata rambut mengetahui metode ini. Kedua, butuh waktu. Alasan terakhir, biaya yang dikeluarkan lebih banyak dan banyak klien hanya ingin menghemat uang.

5. Cara memendekkan ujung rambut bercabang

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mencegah kemungkinan kerusakan pada ujung rambut:

  • Gunakan pengering rambut dan alat pengeriting rambut hanya setelah memakai produk perlindungan termal. Suhu tinggi menghilangkan kelembapan rambut, membuatnya kering dan rentan rontok.
  • Jangan menyisir rambut basah karena bisa menarik dan merusaknya. Serta, jangan pakai alat pemijat lama karena bisa menggores kulit kepala dan membuat rambut kusut.
  • Setiap 2 bulan sekali, potong ujungnya. Jika tidak, ujung rambut yang bercabang akan naik mendekati batang rambut dan merusak bagian rambut lainnya. Selalu perhatikan kualitas alat yang dipakai di salon kecantikan. Jika petugas salon memakai gunting tumpul yang merusak rambut saat dipotong, maka beberapa hari kemudian kamu akan melihat ujung rambut bercabang muncul lagi.
  • Katakan tidak jika penata gaya rambutmu ingin memakai gunting thinning. Prosedur ini membuat rambut terbagi menjadi beberapa bagian dan ujungnya pun akan bercabang. Penata rambut yang baik harus bisa melakukan pekerjaan dengan baik tanpa memakai gunting thinning.
  • Jangan lupa untuk melembapkan rambutmu. Saat cuaca panas dan kering di dalam ruangan, rambutmu rentan patah. Gunakan masker dan semprotan restoratif yang melembapkan demi menjaga kesehatan rambutmu.

4. Pengecatan rambut untuk anak-anak

Semakin banyak klien meminta untuk mewarnai rambut anak-anak mereka. Kebanyakan hanya mau ujung rambut dicat warna merah muda atau hanya sekadar highlight. Untungnya, ada banyak cara yang tidak berbahaya untuk metode mewarnai seperti ini.

Kapur rambut merupakan cara paling aman untuk mewarnai rambut dengan warna apa pun yang kamu inginkan. Kapur tidak sepenuhnya mewarnai rambut dan warnanya hilang setelah pencucian pertama. Lagi pula, ada beberapa pewarna dalam bentuk balm serta semprotan ringan yang tersedia dalam berbagai warna cerah.

Ingatlah bahwa beberapa produk ini bisa membuat pakaianmu kotor. Hal ini terutama berlaku untuk kapur, karena debunya langsung mengenai pakaianmu. Jadi, tentu saja, pakailah sarung tangan jika kamu tidak ingin mewarnai tanganmu juga.

3. Cara menata gaya rambut untuk pesta dan kenapa penata rambut menyukai rambut pirang

Hal terpenting tentang gaya rambut apa pun adalah apakah rambutnya rapi dan bersih. Saat terlihat rapi, gaya rambut apa pun kelihatan bagus. Omong-omong, menurutmu kenapa penata rambut menyukai rambut pirang? Sederhana saja: rambut rusak seperti ini dapat bertahan lebih lama saat ditata. Menata rambut lurus dan berkilau itu sangatlah sulit.

Berikut adalah beberapa indikator penata rambut yang baik:

  • Rambutmu seharusnya dipersiapkan dengan baik—rambut harus dicatok dengan benar.
  • Penata rambut seharusnya menemukan titik pusat gaya rambut dan fokus bekerja dari sana.
  • Penata rambut seharusnya menghindari penggunaan hair spray, jika tidak, rambut akan lengket.
  • Seorang profesional yang baik seharusnya bertanya pakaian apa yang akan kamu kenakan. Jika kamu akan memakai pakaian dengan bahu terbuka, maka rambut harus ditata ke atas, dan dalam kasus lain, bisa juga ditata ke bawah.

2. Mana yang lebih baik, sampo biasa atau produk profesional

Shampo biasa hanya dipakai untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada rambut. Produk profesional tidak hanya membersihkan, tetapi juga membantu mengatasi beberapa masalah lain dengan membuat rambut lebih tebal serta melembapkannya. Aku melakukan sedikit eksperimen: Kucuci sisi kiri rambutku dengan produk profesional dan sisi lainnya dengan salah satu sampo biasa paling populer yang bisa kamu beli di supermarket mana pun.

Aku menemukan bahwa sampo biasa, yang harganya 3 kali lebih murah, membuat rambut lebih bervolume. Tetapi setelah pemakaiannya, aku melihat ketombe, yang tidak kualami setelah memakai produk profesional. Selain itu, sampo biasa perlu dipakai dengan kondisioner, untuk memudahkan menyisir rambut nantinya.

1. Cara merawat rambutmu dengan baik: tips yang kubagikan kepada klienku

Berikut adalah beberapa tips yang secara dramatis akan meningkatkan kualitas rambutmu.

  • Cuci rambutmu dua kali. Saat kamu memakai sampo pertama kali, cuci hanya bagian atas untuk menghilangkan minyak rambut dan semua produk penata rambut. Pada pencucian kedua, produk memberikan semua nutrisinya pada rambut. Jangan mengacak rambut, karena hal ini akan merusak strukturnya. Pada kenyataannya, hanya kulit kepala yang berminyak, sedangkan ujung rambut hanya berdebu. Busa dari kulit kepala akan menghilangkan semua debu dengan maksimal.
  • Basahi rambut dengan handuk atau kain lap. Ambil saja kain lap lalu lap rambut dari akar hingga ujungnya. Tapi jangan menggosok rambut, karena hanya akan merusaknya.
  • Pakai kondisioner rambut setelah masker rambut. Hal ini akan membuat rambut berkilau. Masker hanya memberi nutrisi pada rambutmu, namun tidak cukup untuk membuatnya berkilau.
  • Jangan buru-buru mengeringkan rambutmu setelah dicuci. Biarkan mengering secara alami sebentar. Setelah itu, kamu bisa memakai pengering rambut (tetapi hanya gunakan udara dingin).
  • Luruskan rambutmu dengan memakai sisir terlebih dahulu. Alat pelurus rambut seharusnya dipakai setelah memakai sisir terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu tidak akan meluruskan rambut yang kusut.

Apa yang kamu lakukan untuk merawat rambutmu? Apakah kamu memotong ujung rambutmu secara rutin atau apakah kamu memperoleh prosedur salon yang mahal untuk perawatan rambutmu?

Kredit foto pratinjau hairvera / zen.yandex
Sisi Terang/Khusus cewek/Aku Penata Rambut, dan Inilah Rahasia dan Trik yang Dipakai Salon Kecantikan
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya