Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Alasan Kamu Beruban Meski Masih Muda

1---
569

Jika berpikir kamu satu-satunya orang yang memiliki uban di usia muda, kamu salah. Uban yang muncul di usia muda merupakan hal yang biasa terjadi. Meski tidak menyenangkan, ini bisa menjadi pertanda ada suatu kondisi yang menyebabkannya.

Sisi Terang mencari tahu lebih dalam untuk menemukan apa yang menjadi penyebab uban tumbuh pada usia dewasa muda dan ingin membagikan hasil temuan kami kepada para pembaca.

Kamu mungkin kekurangan vitamin B12.

Menurut para ahli, kekurangan vitamin B12 adalah penyebab paling umum uban tumbuh di usia muda. Ini juga bisa menyebabkan penipisan dan kerontokan rambut. Untuk mencegahnya, pastikan kamu menyertakan makanan seperti telur, daging, ikan tuna, dan ikan salmon dalam dietmu. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B12.

Mungkin ada masalah tiroid yang berkepanjangan.

Menurut penelitian, masalah tiroid langsung memengaruhi folikel rambutmu. Jika kamu beruban di usia muda atau mengalami kelainan seperti rambut rapuh dan berminyak, ini mungkin disebabkan malafungsi tiroid.

Kamu mengonsumsi lebih banyak makanan cepat saji dibandingkan makanan sehat.

Tidak mengikuti pola makan sehat bisa membuat uban di kepalamu bertambah. Berbagai studi mengenai hal ini telah menemukan bahwa feritin, kalsium, vitamin D3, tembaga, zink, dan zat besi bisa menjaga kesehatan rambutmu—sedangkan jika kekurangan, maka akan menyebabkan uban di usia muda.

Kamu terus mencemaskan banyak hal dan tertekan.

Para ahli mengaitkan uban yang tumbuh di usia muda dengan stres. Perasaan tertekan memengaruhi sel induk yang bertanggung jawab atas regenerasi rambut, yang kemudian berujung pada pertumbuhan uban sebelum waktunya.

Kamu mungkin mewarisinya.

Ya, mungkin kamu mewarisi rambut beruban dari orang tua serta kakek dan nenekmu. Menurut para dokter spesialis kulit, gen kita memainkan peran yang besar dalam menentukan kapan rambut kita akan beruban. Jika seorang anggota keluargamu sudah beruban sejak usia muda, ada kemungkinan kamu akan mengalami hal yang sama.

Kamu mungkin menggunakan produk rambut yang mengandung bahan kimia dan zat pewarna berbahaya.

Dari sampo sampai cat rambut, sebagian besar produk rambut bisa menyebabkan rambut beruban. Bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya mengurangi tingkat melanin, yang akhirnya membuat rambutmu kehilangan warna aslinya.

Ini yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya:

Kenyataan pahitnya adalah, setelah mulai beruban, warna rambut aslimu tidak akan bisa kembali lagi. Namun, ada langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut beruban sedari awal.

  • Lindungi rambut dari sinar matahari jahat. Jika memungkinkan, tutupi kepalamu saat pergi keluar.
  • Hindari memakai pengeriting dan pengering rambut. Sisirlah dengan sisir berjari lebar.
  • Pijat rambutmu dengan minyak kelapa secara rutin.
  • Sertakan kubis, kale, kacang almon, jus wortel, dan brokoli ke dalam menu makanmu.

Apakah kamu lebih memilih untuk menutupi rambut berubanmu atau memamerkannya dengan penuh percaya diri?

Kredit foto pratinjau marinadiamandis / Instagram
1---
569
Bagikan Artikel Ini