Berdasarkan Jenisnya, Inilah Waktu yang Tepat Memotong Rambut demi Penampilan Sempurna

Terlalu sering potong rambut bisa membuat rambutmu sulit tumbuh panjang. Sebaliknya, terlalu jarang dipotong, rambutmu bisa bercabang. Lalu, seberapa sering potong rambut dianggap terlalu “sering” dan seberapa jarang potong rambut dianggap “jarang”? Ada baiknya kamu menata rambutmu sesuai jenis rambut.

Untuk membuatmu senantiasa tampil cantik, kami di Sisi Terang mencari tahu seberapa sering rambutmu harus dipotong berdasarkan tekstur rambutmu.

1. Rambut keriting

Jenis rambut seperti ini sebenarnya bisa jarang dipotong. Ini karena bahkan saat rambut mulai tumbuh, perbedaannya tidak akan begitu terlihat. Jika kamu ingin membiarkan rambutmu tumbuh, maka potonglah setiap 6 bulan. Tapi jika kamu ingin menjaga gaya serta panjang rambutmu, potonglah setiap 3 bulan.

2. Rambut keriting mengembang

Rambut jenis ini biasanya cukup kering. Itu sebabnya jika kamu punya rambut jenis ini dan ingin menjaga keritingnya, sebaiknya kamu memotongnya setiap 6 sampai 12 minggu sekali. Kalau-kalau rambutmu rusak karena panas atau diwarnai, sebaiknya potonglah setiap kali kamu mewarnainya. Ini akan mencegah efek yang berlebihan di ujung rambut.

3. Rambut lurus atau bergelombang

Rambut seperti ini sering kali sulit dirawat. Sebenarnya, kamu bisa berminggu-minggu terlihat menakjubkan dan tiba-tiba kamu bangun dan rambutmu berantakan. Kunci untuk menjaga rambut lurus atau bergelombang adalah sering menatanya tanpa terlalu banyak memotongnya. Untuk hasil maksimal, potong setiap 10 minggu atau 3 bulan sekali untuk merawat rambutmu.

4. Rambut tebal

Rambut tebal lebih “pemaaf” — rambutmu tidak perlu dipotong untuk waktu yang lama. Namun, terkadang helaian rambut yang sulit diatur bisa membuatmu pusing. Jadi, jika kamu punya rambut tebal, potong setiap 6 bulan untuk mencegahnya terlihat berantakan.

5. Rambut tipis

Rambut tipis lebih rentan patah. Selain itu, rambut tipis bisa cepat kehilangan gaya. Jadi, untuk menjaga gaya dan mencegah kerusakan, sebaiknya potong setiap 2 bulan.

6. Rambut rusak

Jika rambutmu rentan bercabang, atau kamu sering menatanya dengan alat panas, bahkan sering mewarnainya, sebaiknya potong setiap 8 minggu (6-12 minggu) sekali. Ini akan membantu rambut jadi lebih sehat. Sering memotong rambut akan mencegahnya patah dan terlalu kering. Bukan berarti kamu harus selalu memotongnya dalam jumlah besar, potong tipis saja.

Apa jenis rambutmu? Seberapa sering rambutmu dipotong? Kamu punya tips untuk menjaga penampilan rambut berdasarkan jenis rambutmu?

Bagikan Artikel Ini