Inilah 9 Tips Antipenuaan yang Harus Diabaikan Menurut Ahli Dermatologi

Bicara soal antipenuaan, pasti ada banyak sekali kiat di luar sana: lakukan eksfoliasi setiap hari, sering-sering cuci muka, dan lakukan perawatan kulit yang rumit secara rutin. Sebagian nasihat ini memang bagus dan terbukti secara ilmiah, tapi ada juga saran yang tidak berguna sama sekali.

Di Sisi Terang, kami suka menghadirkan tips-tips berguna agar kamu tetap cantik dan bahagia. Hari ini, kami akan membongkar mitos terkait antipenuaan, dan mungkin sebagian di antaranya akan membuatmu terkejut.

1. Mengeksfoliasi kulit akan membuatnya tetap awet muda.

Meskipun kamu merasa kulitmu lebih halus dan lebih muda setelah mengeksfoliasi wajahmu, jangan lakukan hal ini tiap hari. Masalah akan muncul pada orang dengan kulit sensitif atau kering. Dengan mengeksfoliasi wajah setiap hari, kulit akan terasa perih atau bahkan pada kulit berminyak, akan timbul lebih banyak sebum/jerawat. Jadi, tahan diri dari godaan mengeksfoliasi kulit setiap hari.

2. Sedikit tabir surya sudah cukup agar kulit tetap awet muda.

Mungkin kamu sudah tahu bahwa memakai tabir surya itu penting agar kulit sehat dan awet muda. Tapi berapa banyak yang dibutuhkan? Menurut para ilmuwan, orang hanya memakai 40% dari jumlah tabir surya yang dianjurkan pada kulit mereka. Cara sederhana untuk mengetahui seberapa banyak jumlah yang tepat adalah dengan memakai metode “2 jari”, yaitu 2 olesan tabir surya dari dasar jari tengah dan telunjukmu sampai ke ujungnya.

3. Makin sering mencuci muka, makin baik.

Mencuci muka secara detail dan konsisten akan menghilangkan sisa polusi yang menempel dan membuat kulit tampak awet muda. Betul, ’kan? Tidak juga. Terlalu sering mencuci muka justru akan menghilangkan minyak alami kulit dan bahkan bisa menimbulkan iritasi. Menurut para ahli, mencuci muka 2 kali sehari itu bagus, dan paling banyak idealnya adalah 3 kali.

4. Hanya kosmetik mahal yang bisa memberi hasil antipenuaan yang bagus.

Kosmetik mahal tidak selalu berarti memberikan hasil yang baik. Tentu saja, kehadiran teknologi baru mengharuskan orang sedikit berinvestasi, yang mengakibatkan harga jadi lebih mahal, tapi itu tidak selalu benar. Harga mahal juga bisa berarti perusahaan mengeluarkan banyak biaya untuk iklan, kemasan, atau bahan baku kosmetik. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa membeli kosmetik dengan harga yang bersaing dan tetap mendapat hasil yang kamu inginkan.

5. Kamu butuh perawatan kulit yang rumit secara rutin.

Untuk merawat kulit, kamu tidak harus memiliki berbagai macam produk kecantikan atau melakukan perawatan rutin yang kompleks. Menurut para ahli kedokteran, kamu hanya butuh pembersih yang lembut, eksfolian wajah, pelembap sesuai jenis kulitmu, krim retinoid, dan tentu tabir surya dengan SPF setidaknya 30.

6. Kalau kamu masih muda, kamu tidak perlu perawatan kulit antipenuaan.

Kesalahan lain yang dilakukan orang adalah hanya merawat kulit saat tanda-tanda penuaan mulai muncul. Padahal, kita harus lebih fokus pada pencegahannya saat menginjak usia dua puluhan, kemudian memperbaikinya saat berusia enam puluhan. Dengan kata lain, antioksidan sehari-hari dan perawatan kulit penting untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

7. Lebih banyak retinol akan memberikan hasil yang lebih bagus.

Andaikan kamu sedang melakukan perawatan kulit di malam hari dan merasa kulitmu butuh sedikit perhatian. Dalam hal ini, yang harus kamu lakukan adalah mengoleskan banyak krim retinol, ’kan? Salah. Terlalu banyak retinol bisa menyebabkan pengelupasan dan kulit kering.

Jadi, berapa banyak yang harus kamu gunakan? Satu tetes sebesar kacang sudah cukup untuk seluruh wajahmu.

8. Orang berkulit gelap tidak butuh tabir surya.

Ini mitos yang bikin bingung. Meskipun orang berkulit gelap punya perlindungan lebih dibanding orang berkulit lebih terang, mereka masih rentan terhadap sengatan matahari, yang secara kasat mata tidak begitu jelas terlihat. Karenanya, sebagian dari kita mungkin merasa aman terhadap sinar matahari, padahal tidak. Apa pun warna kulitnya, semua orang setidaknya harus dilindungi dengan tabir surya SPF 30 untuk mendapatkan kulit sehat yang awet muda.

9. 8 gelas air sehari akan menjauhkan keriput.

Air memainkan peranan penting untuk kesehatan tubuh. Kulit kering juga membuat wajahmu terasa tua, tapi dehidrasi tidak akan menyebabkan keriput permanen. Menurut para spesialis, guna mencegah keriput, penting untuk minum cukup air, menggunakan kosmetik yang lembut, dan tentu menahan diri dari kebiasaan buruk yang menyebabkan keriput.

Mana dari mitos ini yang mengejutkan bagimu? Apa ada saran lain soal antipenuaan yang pernah kamu dengar?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini