Inilah Kesalahan Fesyen yang Sering Diterapkan Wanita Menurut Penata Busana

Banyak wanita yang tidak yakin akan pentingnya aksesori dan biasanya malah mengabaikannya. Namun, terkadang satu detail kecil bisa menyempurnakan fitur terbaikmu dan membuatnya tampak lebih menarik. Di blog miliknya, penata busana Irina Ponyakina secara visual telah memperagakan hal ini pada penampilannya dan membuktikan bahwa tidak ada yang tidak penting di dunia fesyen.

Bersama dengan Irina, kami di Sisi Terang mencari tahu kesalahan fesyen paling umum, menambah keterampilan memadukan pakaian, dan menerapkan tips yang akan dianggap bermanfaat bagi wanita modern.

Kesalahan #1. Terlalu banyak garis horizontal

Pakaian ini memecah tubuh menjadi bagian-bagian yang acak, bukan membuat satu kesatuan dari penampilan. Di foto kiri, ada atasan turtleneck yang tidak dimasukkan, rok pensil, dan sepatu ankle boot. Garisnya memecah penampilan dan membagi proporsi. Selain itu, atasan turtleneck yang tidak dimasukkan membuat kaki tampak lebih pendek, sehingga secara keseluruhan memecah proporsi tubuh. Ada alasan kenapa penata busana menyarankan agar memasukkan atasan (blus, kaos, sweter). Berikut yang kami ubah dari penampilan ini:

  • Mengganti rok. Model yang kugunakan pada penampilan di foto kiri tidak lagi populer. Panjang roknya tidak bagus — idealnya, rok ini harus di atas lutut, atau untukku, di bawah lutut. Akan bagus jika bagian bawah roknya asimetris — ini akan membantu kita menghilangkan satu garis vertikal.
  • Memasukkan turtleneck ke dalam rok dan menambahkan ikat pinggang. Cara ini mengembalikan proporsi dan membuat kaki tampak lebih panjang.
  • Mengganti sepatu. Melengkapi penampilan dengan sepatu berwarna sama dengan kulit secara visual akan memanjangkan kaki.

Kesalahan #2. Pakaian yang terlalu ketat.

Sekali lagi, ini tentang garis horizontal — turtleneck, sepatu ankle boot, dan celana denim yang disisipkan di sekitar pergelangan kaki. Semua garis ini membuat tubuh tampak lebih besar. Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan pada wanita dengan pinggang yang lebar adalah mereka mengenakan pakaian yang terlalu ketat, sehingga pinggangnya tampak lebih lebar.

Mari kita perbaiki penampilannya:

  • Jika tubuhmu lebar, tapi tidak ingin menjadi fokusnya, maka layer bagian atas seperti blazer yang kukenakan, bisa menjadi solusi yang tepat.
  • Penting agar memasukkan turtleneck ke dalam celana denim.
  • Dan kita perlu mengganti sepatunya, sepatu ankle boot tidak lagi populer, sementara celana denim yang disisipkan di pergelangan kaki sangat ketinggalan zaman dan tidak pernah membuat siapa pun tampak menarik.

Kesalahan #3. Pakaian longgar tanpa aksen di pinggang

Detail kecil di penampilan kita sangat berperan penting untuk hasil yang bagus. Meskipun tidak satupun pakaian yang kukenakan ketinggalan zaman, foto kiri membuat wanita mana pun tampak seperti persegi. Aku tidak mengganti pakaian apa pun, tapi perhatikan perbedaan penampilannya. Yang kulakukan hanya:

  • Memasukkan atasan ke dalam rok dan dengan begitu, menyempurnakan pinggang dan proporsi tubuh, serta membuat kakiku tampak lebih panjang.
  • Menonjolkan pinggang sehingga keseluruhan penampilan tampak lebih feminin dan ringan.

Kesalahan #4. Memecah proporsi tubuh

Foto paling kiri tampak membosankan dan tidak memiliki proporsi, yang membuat badan tampak lebih panjang daripada kakinya. Berikut caraku memperbaikinya:

  • Mengganti sepatu dengan yang berhak tinggi, untuk membuat kakiku tampak lebih panjang. Omong-omong, jika kamu memilih sepatu yang berwarna sama seperti celanamu, kakimu akan tampak lebih panjang — serius!!!
  • Membuka beberapa kancing atasan sehingga leherku tampak lebih panjang dan membuat penampilanku tampak lebih seksi dan feminin.
  • Menggulung lengan baju untuk menonjolkan pergelangan tanganku yang kurus. Ini memberikan kesan ringan pada penampilanku dan membuatku tampak lebih langsing.
  • Menambahkan aksesori untuk membuat keseluruhan penampilan tampak lebih menarik. Aksesori tersebut dapat berupa tas merah atau topi hitam, jika kamu tidak ingin detail yang terang. Keduanya tetap cocok.
  • Memperbaiki proporsi. Kamu bisa menyempurnakan pinggang dengan bantuan ikat pinggang dan mengancingkan kemeja. Atau, kamu bisa membuka kancing kemeja sehingga membentuk garis vertikal pada penampilanmu jika tidak suka ikat pinggang dan tidak ingin memfokuskan pinggang. Trik ini akan membantu kamu tampak lebih langsing. Pada kasus ini, sebaiknya memilih dalaman berwarna sama dengan celana panjang.

Kesalahan #5. Jersey tipis

  • Banyak wanita yang tidak bisa meninggalkan kardigan longgarnya. Untungnya, kardigan ini bisa dikenakan, tapi hanya sebagai lapisan dalam, sama seperti turtleneck.
  • Untuk lapisan atas, aku memilih kemeja kulit ramah lingkungan yang trendi. Sering kali aku mengenakan pakaian seperti ini tanpa dikancingkan — cara ini membentuk garis vertikal tambahan pada penampilanku dan memanjangkan tubuh.
  • Kamu mungkin melihat bahwa kardigan yang panjang dan yang sangat pendek cukup trendi sekarang. Di foto, kamu bisa lihat bagaimana kardigan sepinggang atau kardigan yang lebih panjang dari pinggang tampak tidak bagus. Ini membuat kita tampak lebih pendek, pinggangnya menjadi lebih lebar, dan kakinya juga menjadi lebih pendek.
  • Untuk rok: banyak wanita menolak untuk memasukkan sweter, turtleneck, atau kardigan ke dalam rok. Aku bingung setiap kali aku melihat ini. Contoh dariku menunjukkan perbedaannya dengan baik. Roknya memanjangkan kaki dan membuat siluet menjadi lebih seimbang. Bahkan jika kamu memiliki perut yang buncit, ikat pinggang yang lebar bisa menyembunyikannya.
  • Sepatu berwarna cerah akan membuat keseluruhan penampilan tampak ringan.

Kesalahan #6. Penampilan tertutup

Kamu bisa lihat bagaimana gaun yang sama, yang berkat detail kecil dan kelihatan tidak signifikan, bisa tampak berbeda.

  • Jangan pernah mengancingkan semua kancing gaun (tentu saja, jika ada). Membuka sedikit bagian leher adalah opsi yang bagus karena trik ini akan membuat leher tampak lebih panjang dan membuat keseluruhan penampilan tampak lebih relaks.
  • Aku sangat suka ikat pinggang, tapi aku tidak suka ikat pinggang bawaan gaun. Alasannya cukup sederhana — ikat pinggang berwarna lain membuat penampilan tampak lebih menarik dan lengkap, sementara opsi ikat pinggang dengan warna yang mirip dengan gaun sering kali tampak lesu dan tidak menarik.
  • Agar penampilan tampak lebih segar dan ringan, kamu bisa menggulungkan lengan baju sedikit dan menonjolkan pergelangan tangan.
  • Untuk sepatu, saranku tetap sama — sepatu berwarna ringan lebih cocok daripada yang gelap.

Semua tentang aksesori.

  • Di foto ini, aku membuka beberapa kancing kemeja gaun kulit ramah lingkungan dan melengkapi pinggangku dengan bantuan ikat pinggang hitam, membuat kakiku tampak lebih panjang. Efek ini tidak nampak saat aku menggunakan ikat pinggang yang menyatu dengan kemeja gaun ini.
  • Gaun biru di foto atas tampak longgar. Gaun ini saja sebenarnya tidak buruk, tapi akan lebih baik jika melengkapi pinggangnya dengan bantuan ikat pinggang. Ini membuat penampilanku tampak lebih lengkap dan menyempurnakan fitur terbaikku, meskipun gaun ini tertutup. Di foto kanan, aku menciptakan garis vertikal dengan bantuan kemeja yang tidak dikancingkan.
  • Penampilan foto kiri bagus untuk wanita hamil. Penampilan dengan ikat pinggang tampak lebih seimbang.
  • Penampilan dengan ikat pinggang hitam sangat cantik. Namun, ikat pinggang merah cocok dengan warna lipstik, membuatnya lebih berkesan.
  • Semua penampilan layak untuk ditonjolkan. Tapi penampilan di foto tengah dan kanan lebih menarik perhatian. Ikat pinggang di atas gaun menciptakan fokus pada pinggang, sementara aksesori (topi dan tas) menambahkan aksen menarik.
  • Ini adalah setelan bergaya piyama. Namun, kita tidak mau ini tampak seperti piyama. Ini bisa diatasi hanya dengan bantuan ikat pinggang.
  • Berikut contoh lain pada gaun: jaketnya membantuku membentuk garis vertikal dan ikat pinggang menyempurnakan bentuk tubuhku.
  • Sekali lagi — ikat pinggang pada gaun membuat keseluruhan penampilan tampak lebih seimbang.
  • Ikat pinggang menciptakan fokus pada pinggangku dan membuatku tampak lebih langsing. Blazernya membentuk garis vertikal.
  • Gaun ini mirip dengan baju tidur. Namun, ikat pinggang dan jaket membuatnya tampak ceria.
  • Pakaian violet ini sangat cantik, tapi ikat pingganglah yang membantu penampilan ini tampak lebih menyatu.
  • Gaun hitam biasa tampak membosankan. Peplum dan aksesori berwarna terang membuat penampilan sangat menarik.
  • Berikut contoh visual yang bagus saat ikat pinggang yang benar dapat membuat penampilan lebih baik. Ikat pinggang bawaan tidak memperindah penampilan. Perhatikan kancing yang terbuka. Aku juga membuat penampilan gaun bergaya kemeja menjadi jubah yang tampak ceria.

Tips mana yang akan kamu terapkan pada penampilanmu?

Kredit foto pratinjau stylist / zen.yandex
Bagikan Artikel Ini