Kenapa Air Beras Bisa Menyelamatkan Rambut Rusak, dan Inilah Cara Menggunakannya dengan Benar

Budaya Asia sudah lama memanen manfaat dari beras, dan bahkan menganggapnya sebagai simbol dari “wanita dan kesuburan”. Namun, kekuatannya tidak hanya terletak pada kandungan nutrisinya. Misalnya, para peneliti menemukan bahwa wanita Asia telah menggunakan air beras untuk menumbuhkan rambut yang panjang dan sehat selama berabad-abad. Dan meskipun wanita di negara Barat agak terlambat menerapkannya, mereka kini juga menikmati keajaiban dari beras yang mengubah rambut mereka (juga manfaaat lainnya, namun akan kita bahas lebih lanjut nanti).

Kami di Sisi Terang sangat tertarik dengan perawatan rambut ini dan ingin segera membagikan informasi kepada warganet soal kekuatan penyembuhan yang luar biasa dari air beras. Oh ya, baca terus artikel ini hingga bagian bonus untuk mencari tahu cara menggunakan sisa air beras untuk wajah dan bahkan tanamanmu di rumah.

Manfaat penggunaan air beras pada rambutmu

Air beras kaya akan antioksidan, mineral, vitamin B dan E, serta asam amino, yang mana jika digabungkan, akan menjadi kombinasi sempurna untuk merawat kecantikan. Berikut efeknya pada rambutmu:

  • Meningkatkan elastisitas
  • Membuat rambut berkilau
  • Melembutkan bagian yang kusut
  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Meningkatkan kekuatan rambut secara keseluruhan

Satu hal yang membuat kami menyesal, kenapa kami tidak mencobanya dari dulu! Padahal, sudah banyak wanita yang mencoba air beras untuk mempercantik rambut mereka, dan bahkan beberapa sudah melihat hasilnya pada pemakaian pertama.

Cara membilas rambut dengan air beras

Prosesnya sangat mirip dengan memakai masker rambut. Mudah dilakukan, namun butuh sedikit waktu. Dimulai dengan membuat campurannya. Pertama, cuci setengah cangkir beras, masukkan ke dalam mangkuk, dan rendam di dalam air (sebanyak 2-3 cangkir) selama 30 menit. Saring air rendaman ke dalam mangkuk bersih dan kamu bisa mulai keramas. Cuci rambutmu seperti biasa, lalu tuang air beras tadi ke seluruh rambutmu, pijat-pijat kulit kepalamu, dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, cukup bilas dengan air hangat dan beres!

Bonus: fungsi lain air beras

1. Sebagai pendukung perawatan kulit wajah

Sebuah studi memastikan bahwa air beras memperlambat penuaan kulit. Air ini mengurangi pembentukan kerutan baru dan menyamarkan garis halus yang sudah ada. Sebagai tambahan, air beras membantu mengobati iritasi kulit, sehingga mencerahkan warna asli wajahmu. Kamu bisa menggunakannya sebagai toner setelah membersihkan wajah atau cukup dipakai saat mencuci muka.

2. Sebagai penyubur tanaman

Pati yang larut ketika merendam beras di dalam air bisa mendorong pertumbuhan bakteri bermanfaat di dalam tanah. Hal ini berkat semua antioksidan dan vitamin yang kami sebutkan sebelumnya. Nutrisi tersebut membantu tanamanmu tumbuh lebih kuat dan menjadi lebih kebal penyakit. Gunakan air beras sama seperti kamu menggunakan penyubur tanaman lainnya dan jadilah “orang tua” yang baik bagi tanamanmu.

Pernah menyertakan air beras ke dalam rutinitasmu? Apa kamu tahu metode kecantikan lain yang tidak umum digunakan?

Kredit foto pratinjau everlynnie / Reddit
Bagikan Artikel Ini