Sisi Terang
Sisi Terang

Panduan Berpakaian | Kenali 5 Tipe Tubuh Wanita yang Paling Umum

Akan selalu ada keindahan dalam setiap hal yang unik. Setiap tubuh manusia itu indah dan tercipta dalam beragam ukuran, bentuk, dan fitur. Penelitian telah membuktikan bahwa meskipun setiap tubuh itu unik, kita masih bisa membaginya ke dalam beberapa kategori berdasarkan beberapa kesamaan. Hasilnya, ada beberapa tipe tubuh wanita yang dikenal publik.

Mengenal bentuk tubuh akan sangat berguna saat memilih pakaian. Alhasil, kamu akan merasa percaya diri dengan apa yang kamu kenakan. Jadi, mari kita pelajari bersama semua hal terkait bentuk tubuh ini.

Pentingnya mengetahui tipe tubuh wanita

Sebelum kita benar-benar mulai membahas tentang beragam jenis tubuh wanita, penting untuk diingat bahwa semua tubuh itu indah dan unik. Kategorisasi bentuk tubuh ini merupakan bagian dari penelitian dan hal ini menunjukkan bahwa, terlepas dari perbedaan, selalu ada kesamaan tertentu yang memungkinkan kita untuk membedakan antara satu jenis tubuh dengan yang lainnya.

Mengenal dengan baik tipe tubuhmu akan membantumu dalam memilih pakaian. Dalam industri fesyen dan personal stylist (penata gaya pribadi), tipe tubuh wanita dibagi dalam beberapa kategori, yaitu persegi panjang, segitiga terbalik, oval, jam pasir, dan pir. Kategori ini dimaksudkan untuk membuat keputusan yang lebih akurat saat berpakaian. Tujuannya adalah untuk menonjolkan karakteristik yang unik dari setiap bentuk tubuh dan, yang paling penting, untuk membuatmu merasa lebih percaya diri.

1. Tipe tubuh pertama yang akan kita bahas adalah persegi panjang.

Bentuk tubuh persegi panjang mengacu kepada wanita yang tidak memiliki garis pinggang maupun pinggul yang terlalu menonjol. Tubuh wanita seperti ini memiliki ciri khas yaitu lebar pinggul dan bahu yang sangat mirip. Oleh karena itu, tubuh wanita tipe ini punya kerangka tubuh yang atletis.

Beberapa fitur paling umum dari bentuk tubuh tipe ini adalah:

  • Garis dada kecil
  • Bahu lurus
  • Kecenderungan bertambahnya berat badan pada bagian punggung atas
  • Garis pinggang yang tidak terlalu menonjol
  • Pinggul lurus dengan lebar yang sama dengan bahu
  • Hampir tidak ada lekukan pada rangka tubuh
face to face/FaceToFace/REPORTER/East News

Secara umum, wanita dengan bentuk tubuh persegi panjang ditandai dengan postur tinggi dan kurus. Sulit untuk melihat lekukan tubuh mereka dan oleh sebab itu, hal ini harus menjadi pertimbangan saat berpakaian.

Jika kamu ingin mendapatkan penampilan maksimal dari bentuk tubuh persegi panjang ini, berikut adalah beberapa kiat dari para ahli fesyen. Jadikan tube top sebagai teman terbaikmu dan jangan takut untuk mencoba berbagai tekstur, potongan, dan warna-warna cerah. Selain itu, tambahkan ikat pinggang untuk membentuk tubuhmu layaknya jam pasir. Jangan lupa, jauhi pakaian tak berbentuk dan potongan lurus.

Selain itu, inilah rahasia lain bagi wanita dengan tubuh persegi panjang untuk memaksimalkan penampilannya. Layaknya yang dilakukan para supermodel, cobalah untuk menambah dimensi pada siluetmu. Dengan mengenakan pakaian berdimensi, kamu akan membentuk lekukan dan menyamarkan bentuk lurus tubuhmu. Jangan takut untuk bereksperimen dengan beragam potongan dan pakaian yang terstruktur.

2. Tipe tubuh berikutnya adalah bentuk segitiga terbalik.

Gregorio T. Binuya/Everett Collection/East News

Segitiga terbalik merupakan bentuk tubuh wanita dengan fitur tubuh bagian bawah yang lebih kecil dan tubuh bagian atas yang lebih lebar. Kamu bisa menilai apakah kamu memiliki bentuk tubuh tipe ini dengan mengukur bahu serta pinggulmu. Jika bahumu lebih lebar, tipe tubuhmu termasuk dalam jenis ini.

Wanita dengan bentuk tubuh segitiga terbalik cenderung memiliki ciri-ciri tubuh seperti berikut:

  • Penambahan berat badan terjadi terutama di daerah perut dan tubuh bagian atas
  • Pinggul pada umumnya kecil dan dada lebih besar
  • Kaki yang berbentuk
  • Dada, bahu, dan punggung yang lebar
  • Selain itu, bentuk tubuh ini juga terlihat atletis

Dalam hal memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh ini, pastikan kamu punya celana jin berpinggang rendah, atasan peplum, rok dengan saku depan untuk menciptakan lebih banyak volume serta sediakan gaun satin di lemari pakaianmu. Untuk potongan pakaian, selalu pilih model V-neckline (garis leher berbentuk V) dan gaun flare.

Agar terlihat menarik, hindari pakaian longgar, atau rok pensil yang hanya akan menonjolkan tubuh bagian bawahmu yang kecil, dan atasan serta blazer dengan bantalan bahu.

Selebritas yang punya bentuk tubuhsegitiga terbalik, seperti Angelina Jolie, tahu bagaimana mengubah bentuk tubuhnya dengan menciptakan ilusi jam pasir. Tujuannya adalah untuk menciptakan keseimbangan terbaik antara bahu dan pinggul, dengan menonjolkan bagian pinggang sebaik mungkin. Itulah sebabnya gaya berpakaian yang menambah volume pada pinggul selalu menjadi pilihan terbaik.

Kiat ahli lainnya adalah bermain dengan warna dan menciptakan ilusi jam pasir dengan mengenakan atasan yang lebih gelap dan bawahan yang lebih terang.

3. Bentuk tubuh apel atau oval

Tipe tubuh wanita selanjutnya adalah bentuk tubuh apel atau juga dikenal dengan sebutan oval. Wanita dengan bentuk tubuh apel memiliki payudara yang lebih besar, perut yang menonjol, dan pinggul yang lebar. Sering kali, peningkatan berat badan menumpuk di bagian dada dan perut, sementara kaki tetap kurus.

Tubuh wanita dengan bentuk oval atau apel umumnya memiliki ciri-ciri berikut:

  • Ukuran payudara, pinggang, dan pinggul yang serupa
  • Lekuk tubuh yang agak berisi
  • Lingkar pinggang tidak terlalu menonjol
  • Bahu bulat
  • Kaki tampak ramping dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya
DDNY/Broadimage/Broad Image/East News

Wanita dengan bentuk tubuh seperti ini bisa mengubah bentuk tubuhnya dengan fokus pada tubuh bagian atas atau bawah. Dengan begitu, ia akan menjauhkan perhatian dari bagian tubuh dengan volume berlebih, seperti area perut. Pilih atasan berkerah V untuk membuat torso atau batang tubuh terlihat panjang dan selalu kenakan pakaian yang agak longgar.

Selain itu, untuk meningkatkan penampilan dari wanita dengan tipe tubuh ini, selalu kenakan gaun dengan warna solid dan hindari pakaian yang sangat ketat. Bukan hanya akan terasa lebih nyaman, tetapi bentuk tubuhmu juga akan terlihat menawan.

Kristin Callahan/Everett Collection/East News

Karena tujuannya untuk memberi perhatian lebih pada bagian dada dan garis leher, wanita dengan tipe tubuh oval sebaiknya menghindari pakaian oversize, turtleneck, atau kain yang kaku. Sebagai saran, ikuti jejak selebritas dengan siluet ini dan bentuklah garis vertikal dengan pakaianmu.

4. Tipe tubuh lain yang lebih umum adalah bentuk jam pasir.

Tipe tubuh wanita lainnya adalah bentuk jam pasir. Jenis siluet ini ditandai dengan bahu dan pinggul yang memiliki ukuran yang sama, hanya saja bagian pinggang agak kecil. Oleh karena itu, wanita dengan tipe tubuh ini cenderung fokus pada bagian pinggang dan membentuk lekukan antara dada dan pinggul.

Jika kamu ingin tahu apakah kamu termasuk dalam kelompok wanita dengan tipe tubuh ini, periksalah ciri-ciri berikut:

  • Garis pinggang yang menonjol
  • Bentuk pinggul yang bulat
  • Paha cenderung lebih besar dan berisi
  • Tubuh bagian bawah dan atas sama lebarnya
  • Penambahan berat badan tersebar secara merata ke seluruh tubuh

Tipe tubuh yang spesial ini dikenal seimbang dan proporsional secara alami. Jika kamu termasuk orang yang memiliki tubuh berbentuk jam pasir, kamu bisa memanfaatkan siluet alamimu saat berpakaian. Rahasianya adalah menonjolkan bagian pinggang.

Saran ahli adalah mengikuti bentuk tubuhmu apa adanya, berhati-hatilah agar tidak kehilangan keseimbangan dengan menambahkan atasan dan bawahan yang berat. Supaya proporsi bentuk tubuhmu tetap terjaga, hindarilah gaya pakaian yang lurus dan tidak berbentuk.

Sekarang saatnya mengecek isi lemarimu. Jika kamu punya postur layaknya jam pasir, sebaiknya kenakan pakaian model V-neck (kerah berbentuk V) dan crew neck (kerah berbentuk bulat), pakaian jenis ini akan menonjolkan proporsi tubuh bagian atas dengan cara yang tepat. Pilih blus yang dijahit khusus untukmu juga gaun dan kemeja yang cocok dengan bentuk alami tipe tubuh ini.

Usahakan menghindari pakaian oversize, pakaian yang membuat bahu atau pinggul bervolume, begitu juga pakaian dengan motif berlebih di bagian dada. Carilah inspirasi dari penampilan selebritas seperti Kim Kardashian atau Jennifer Lopez, dan biarkan jiwa mode dalam dirimu bereksperimen dengan bentuk tubuh alamimu.

5. Dan yang terakhir, tipe tubuh berbentuk buah pir.

East News

Tubuh tipe buah pir juga dikenal dengan nama segitiga. Berbeda dengan tipe tubuh segitiga terbalik, tipe tubuh ini mengikuti segitiga normal. Bagian pinggul biasanya lebih lebar dari bahu.

Beberapa ciri utama tipe tubuh wanita berbentuk buah pir adalah:

  • Berat tubuh sebagian besar tersebar di area pinggul bagian bawah dan paha
  • Tubuh bagian atas agak kecil
  • Pinggang sangat menonjol
  • Pinggul besar
  • Paha berisi
Frederick Taylor/Broadimage/East News

Bagi wanita dengan tipe tubuh berbentuk buah pir, disarankan untuk mengalihkan perhatian dari pinggul dan fokus pada tubuh bagian atas saat memilih pakaian. Dengan begitu, akan tercipta keseimbangan dengan pinggul yang cenderung lebih memanjang sekaligus menonjolkan bagian pinggang yang lebih kecil.

Penting untuk menjaga proporsi tubuh seseimbang mungkin untuk menonjolkan tubuh bagian atas ini. Saran ahli yang tidak pernah gagal adalah menciptakan efek berlapis untuk atasanmu, pilihlah pakaian yang berstruktur di area bahu, lalu pilih warna dan kain yang menonjolkan bagian atas tubuhmu.

Untuk memaksimalkan pinggangmu yang kecil alami, cobalah untuk tidak terlalu menonjolkan tubuh bagian bawah. Pilihlah warna gelap atau netral, pakai celana berkaki lebar untuk menambah dimensi yang lebih seimbang dengan bagian tubuh lainnya, boleh juga mengenakan potongan bootleg (potongan celana panjang yang lebar di bagian bawah).

Wanita dengan tipe tubuh ini disarankan untuk menonjolkan bagian pinggang sehingga rok flare dan wrap dress atau gaun lilit selalu menjadi pilihan yang tepat. Jangan takut akan dengan ruffle dan layer. Cobalah untuk memadukannya dengan rupa-rupa jaket, mantel, dan atasan untuk menciptakan tampilan beragam yang menambah proporsi antara bagian atas dan bagian bawah tipe tubuh buah pirmu.

Sedikit pengingat, terima dan banggalah dengan bentuk tubuhmu apa adanya.

Seperti yang kami katakan di awal artikel ini, setiap tubuh itu indah dan spesial. Perbedaan antara satu wanita dengan yang lain terletak pada cara penyebaran berat badan dalam tubuh. Faktor genetik tentu memengaruhi penyebaran ini, yang memang tidak bisa kita ubah. Itulah sebabnya penting untuk mengingatkan diri sendiri bahwa tidak ada bentuk tubuh yang ideal.

Menghargai perbedaan ini sangat penting untuk bisa berdamai dengan tubuh kita. Hargai semua hal yang bisa dilakukan tubuhmu, ingatlah bahwa kecantikan berasal dari dalam, jauhi komentar negatif, selektif akan apa yang kamu lihat di media sosial dan yang paling penting, kenakan pakaian yang meningkatkan kepercayaan dirimu. Kiat-kiat dalam artikel ini dirancang supaya kamu bisa mengeluarkan versi terbaik dari dirimu.

Apakah panduan ini berguna dalam hal mengetahui tipe tubuh kamu? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah, dan ceritakan bentuk tubuh tipe apa yang kamu punya!

Sisi Terang/Khusus cewek/Panduan Berpakaian | Kenali 5 Tipe Tubuh Wanita yang Paling Umum
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya