7 Ciri yang Menunjukkan bahwa Kamu Minder

Rasa rendah diri atau minder seharusnya tidak perlu dihadapi siapa pun. Menurut para ahli, itu bukan hanya mencegah kamu menikmati hidup, tapi juga bisa merusak kesehatan mental dan menimbulkan masalah seperti depresi dan ansietas.

Karena banyak orang mengalami ini, kami di Sisi Terang membuat artikel tentang beberapa tanda yang menunjukkan kamu minder sehingga kamu bisa lebih sadar akan hal itu.

1. Kamu tidak menerima pujian.

Rendah hati memang hal bagus, tapi kamu harus tahu jumlah yang tepat. Jika kamu terlalu rendah hati, artinya kamu tidak cukup percaya diri. Coba bedakan kapan rendah hati lebih pantas vs kapan kamu harus menerima bahwa kamu hebat dalam melakukan sesuatu.

Selain itu, penelitian baru menunjukkan bahwa kebanggaan punya makna yang terus berkembang, dan para leluhur kita perlu rasa hormat dari rekan sekelompok mereka pada saat masa sulit agar berhasil melaluinya.

2. Kamu menganggap dirimu orang biasa.

Sikap khas orang yang tak cukup menilai diri mereka adalah tak percaya bahwa mereka hebat. Orang seperti itu berpikir mereka tak bisa melakukan banyak hal dan lebih berpikir mereka hebat karena itu hal mudah meskipun mereka benar-benar berhasil.

3. Kamu berpikir orang lain hanya melihat kekuranganmu dan menghakimimu.

Orang yang minder selalu mengkritik diri mereka habis-habisan dan sering kali menganggap kritik diri itu dari orang lain. Mereka pura-pura berpikir orang lain hanya melihat sisi buruk mereka dan mentertawakan mereka meskipun ini mungkin tidak benar.

4. Kamu selalu merujuk pendapat orang lain.

Tanda jelas bahwa kamu tidak percaya diri adalah takut mengatakan pendapatmu. Lebih mudah merujuk pendapat orang lain yang, menurutmu, lebih berkuasa karena kamu menganggap mereka lebih berharga darimu.

5. Kamu tidak pernah “memanjakan” dirimu.

Orang yang tak cukup menghargai diri sendiri jarang melakukan sesuatu demi kesenangan. Mereka cenderung memikirkan sejuta alasan untuk tak melakukan sesuatu yang benar-benar mereka inginkan meskipun itu akan membuat mereka merasa sedikit lebih senang. Namun, cara bagus untuk melawan rasa minder adalah melakukan hal-hal yang benar-benar kamu sukai.

6. Kamu membandingkan dirimu dengan orang lain dan merasa mereka lebih baik.

Jika kamu terus berpikir bahwa seseorang bisa melakukan sesuatu lebih baik darimu, kamu harus memperbaiki kepercayaan dirimu. Para psikolog menyarankan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain — perbandingan ini bukan hanya merusak, tapi juga berdasarkan asumsi palsu.

7. Kamu tidak pernah mencoba hal baru karena takut gagal.

Orang yang minder punya rasa takut gagal yang sangat besar. Itu sebabnya mereka lebih memilih mengikuti jalan yang sudah terbukti daripada hal baru. Orang seperti itu sangat sensitif dan kegagalan yang tampaknya tak berbahaya semakin membuatnya minder.

Apa yang menurutmu menunjukkan rasa minder?

Bagikan Artikel Ini