7 Tanda Peringatan jika Ada Orang yang Diam-Diam Iri Kepadamu

Rasa iri yang tak terlihat atau diabaikan bisa menjadi kebiasaan buruk yang dapat mengubah temanmu secara drastis sampai kamu tidak mengenalinya lagi. Masalahnya, kebanyakan orang memendam perasaan ini, dan kita sulit mengenali apakah mereka iri kepada kita atau tidak. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui jika temanmu memendam perasaan negatif kepadamu.

Teman yang iri bisa dengan mudah menjatuhkanmu, dan kami di Sisi Terang ingin kamu melihat tanda-tanda ini sebelum keadaan mulai memburuk.

1. Mereka memuji dengan hinaan.

Kalau temanmu iri kepadamu, mereka akan melakukan apa pun yang mereka bisa untuk pura-pura mendukung, lalu menyerangmu menggunakan pujian. Tapi perhatikan ucapan mereka karena itu bisa berbeda dengan hati mereka. Hati-hati dengan sikap pasif-agresif.

Misalnya, kamu mendapat pekerjaan baru dan temanmu memujimu dengan bilang, “Itu hebat, tapi enggak biasanya mereka menerima orang yang kurang pengalaman, tapi selamat, ya.”

2. Mereka senang dengan kesalahanmu.

Meskipun itu satu kesalahan yang sudah lama kamu lakukan, atau kamu baru mengalami kegagalan, temanmu yang iri akan menjadi orang pertama yang berkata, “Aku bilang juga apa!” Mereka akan merasa senang dan puas saat kamu mengalami kegagalan. Sebaiknya menjauhlah dari orang yang merasa senang dengan kegagalan orang lain.

3. Mereka membuat alasan untuk menjauh darimu.

Perhatikan jika temanmu mencoba menjauhimu. Jika iri, mereka mungkin akan menjauh karena kamu sukses. Mereka mungkin akan selalu berkata mereka “sibuk” atau membuat alasan agar tidak menemuimu. Selain itu, kamu mungkin sadar mereka meluangkan waktu untuk orang lain di lingkaran sosialmu.

4. Mereka menggosipkanmu.

Terkadang, temanmu pun tidak akan sadar mereka iri kepadamu. Kemungkinan besar, itu akan diawali dengan perasaan “tidak suka”, terutama jika kamu meraih sesuatu yang mereka inginkan. Jadi, kamu mungkin akan mulai mendengar dari orang lain bahwa “teman” kamu ini menceritakan keburukanmu. Mereka suka menjatuhkanmu di depan orang lain agar mereka tampak lebih baik darimu.

Jika kamu memutuskan membicarakan hal itu kepada temanmu, mereka mungkin akan memiliki alasan, seperti mengatakan kamu menjadi “berbeda” atau “arogan”.

5. Mereka mengatakan bahwa kamu beruntung.

Mengatakan “Oh, kamu beruntung banget”, dalam konteks positif seperti saat kamu menang permainan masih dapat dipahami. Tapi kalau temanmu bilang kamu beruntung hanya karena kamu dapat pekerjaan yang mereka tahu sangat kamu idamkan setelah berusaha keras, itu bukan pertanda bagus. Itu juga bisa berlaku untuk status hubungan, terutama jika kamu punya pasangan yang baik.

Itu bukan karena cinta — orang ini hanya iri kepadamu. Mereka melakukan ini, kemungkinan besar, untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

6. Mereka mengecilkan pencapaianmu.

Teman yang iri kemungkinan besar akan merasa gagal sehingga mereka akan mengecilkan pencapaianmu. Jika kamu punya kabar baik, mereka akan mulai mencari hal negatif untuk dikatakan agar kamu merasa kamu tidak pantas mendapatkannya. Misalnya, “Jangan senang dulu, masih ada beberapa ujian lagi sampai akhir tahun.”

Ada cara lain yang dilakukan teman iri untuk mengecilkan pentingnya kesuksesanmu. Mereka mungkin akan mengomentari sesuatu sambil menekankan fakta bahwa mereka punya yang lebih darimu. Misalnya, mereka mungkin akan bilang, “Aku pernah dapat nilai lebih besar untuk mata pelajaran lebih susah.”

7. Mereka selalu ingin berada di dekatmu.

Memang ada orang iri yang akan mencoba menjauhimu, tapi ada juga yang akan mencoba selalu bersamamu. Sebenarnya, dalam beberapa penelitian, dapat disimpulkan bahwa rasa iri ini bisa mendekatkan orang, tapi bukan dalam hal baik. Perasaannya berbeda dengan saat bersama teman sejati.

Saat teman yang iri mencoba mengikutimu ke mana-mana, mereka akan seperti menguntitmu. Misalnya, jika kamu dalam suatu acara, kamu melihat mereka, lalu kamu sadar mereka akan dengan cepat berpaling. Mereka sebenarnya akan mencoba memanfaatkan kedudukan sosialmu, lalu itu menjadi obsesi baginya.

Kamu melihat tanda-tanda ini dari orang yang bergaul denganmu? Kamu tahu tanda lain yang bisa mengungkap jika temanmu itu iri?

Bagikan Artikel Ini