Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Malu Bisa Membuat Kesan Pertama Sebagian Orang Tampak Arogan, Ini Alasannya

Orang pemalu bisa jadi introver atau ekstrover, tapi apa pun itu, mereka cenderung dikira arogan. Menurut Bernie Carducci, seorang psikolog di Universitas Indiana, orang pemalu sering kali dinilai negatif jika mereka juga menarik.

Kami di Sisi Terang melihat alasan sifat pemalu kita bisa membuat orang berpikir kita cuek. Kami juga akan membagikan cerita orang yang mengalami hal sama.

Malu bisa membuat kita terlihat sombong.

Jika kita malu, kita cenderung tak banyak bicara. Tapi saat kita diam saja, orang-orang sulit mengetahui pikiran kita. Bahkan ada ungkapan: “Orang pendiamlah yang harus kamu awasi,” seolah-olah kita diam karena menyembunyikan sesuatu. Beberapa orang yang lebih supel mengatakan bahwa mereka merasa orang pendiam itu mengintimidasi karena mereka tak terduga.

Cemas di depan umum bisa memengaruhi bahasa tubuh kita juga. Itu bisa memberi kesan sombong. Dan itu tak membantu jika kamu punya fitur wajah alami “tidak ramah”. Bahkan lebih buruk jika kamu juga seorang introver, yang artinya kamu butuh waktu sendiri, karena jika tidak, kamu akan mengalami burn out. Memilih untuk tidak bergaul bersama orang lain bisa membuatmu tampak angkuh.

Biasanya, saat kita melakukan sesuatu yang tak diduga orang atau tidak melakukan sesuatu yang diduga orang, mereka merasa harus membuat alasan untuk itu. Jadi, saat kita bersikap berbeda di dekat mereka daripada saat kita bersama orang yang dekat dengan kita, mereka akan merasa seolah-olah kita berpikir mereka tak cukup baik untuk kita. Di mata kita, kita hanya gugup, tapi di mata mereka, kita kejam karena bersikap seolah-olah kita “terlalu baik” untuk mereka.

Hal ini terjadi kepada kebanyakan orang.

Pada saat SMA, seorang siswi populer mengatakan ini kepadaku, “Wow, kupikir sikapmu dingin, padahal kamu sebenarnya baik sekali.” Aku orang pemalu paling polos, aku hanya memakai banyak eyeshadow hitam. — TheLadyButtPimple/reddit

Hal pertama yang dikatakan seorang rekan kerja kepadaku sekitar empat bulan setelah bekerja bersama adalah, “Kenapa kamu sangat kejam?” Kejam bagaimana? Aku bahkan tidak bicara. — wish-i-was-a-dalek/reddit

Aku pemalu dan aku punya fitur wajah yang membuatku terlihat seolah-olah aku mengangkat alis atau memutar mataku ke orang-orang. Aku sering mendengar, “Kukira kamu arogan, tapi ternyata aku sadar mungkin ada masalah denganmu.” — rabbitwarriorreturns/reddit

Aku diberi tahu bahwa mereka kira aku membenci mereka. Aku sungguh tak tahu apa yang kulakukan sampai mereka mendapat kesan seperti itu. Aku selalu berusaha keras ramah, mengendalikan nada suaraku, dan mengajukan pertanyaan tentang diri mereka. Aku memang jarang tersenyum. Jadi, kurasa itu mungkin ada hubungannya dengan bahasa tubuh itu. — goldbricker83/reddit

Selebritas pun mengalami masalah yang sama.

Zendaya menceritakan bahwa dia masih berusaha mengatasi sifat pemalunya sejak kecil, terutama sebagai aktris. Penata gayanya pernah memberitahunya bahwa dia terlihat dingin dan orang-orang berpikir dia kejam karena tidak bicara. Padahal sebenarnya dia hanya terlalu gugup.

Rihanna berkata kesalahpahaman terbesar tentang dirinya adalah orang-orang tak tahu bahwa dia pemalu. Dia mengakui bahwa dia pura-pura itu tidak terjadi agar orang-orang berpikir dia percaya diri. Tapi sebenarnya, dia sangat pemalu sampai dia tak mau orang-orang tahu bahwa dia pemalu.

Zayn Malik mengaku bahwa dia bukan orang yang begitu supel. Meskipun dia memiliki reputasi cowok nakal, dia sangat introver dan bergelut dengan kecemasan. Dia tak keberatan jika orang salah paham kepadanya.

Orang-orang selalu berkata Bella Hadid tampak kejam atau mengintimidasi di media sosial dan dia sangat berbeda dari yang mereka harapkan. Bella bilang dia suka berinteraksi dengan orang baru dan hanya merasa tak nyaman di depan kamera.

Tapi ada cara agar orang tidak salah paham.

Karena diam bisa membuat kita tampak dingin, mungkin kita bisa mencoba terdengar rendah hati dengan memuji orang lain atau mengarahkan pembicaraan untuk fokus pada orang yang suka bicara. Saat kamu sulit bicara, kamu bisa mencoba bicara dengan wajah dan tubuh menggunakan senyuman, anggukan, angkat bahu, dsb. Namun, jika beberapa orang masih salah paham meskipun kamu sudah melakukan ini, mungkin waktunya melupakan itu. Terkadang lebih baik terlihat arogan daripada menjadi orang lain.

Kamu pernah diberi tahu bahwa kamu tampak dingin? Apa yang kamu lakukan untuk membuat orang lain lebih memahamimu?

Kredit foto pratinjau EAST NEWS, zendaya / instagram
Bagikan Artikel Ini