Penelitian Menunjukkan Kesuksesan Suami Tergantung kepada Istrinya, Begitu pun Sebaliknya

Meskipun kita menikah dan berjanji bersama “di saat senang dan susah, saat kaya dan miskin,” rupanya memilih pasangan hidup yang tepat mungkin membantumu meraih sukses. Dan ilmu pengetahuan akhirnya menjelaskan kalau semua itu bukanlah sekadar omong kosong.

Kami di Sisi Terang sangat menyadari ungkapan “di balik setiap kesuksesan pria ada peran seorang wanita” tapi kami senang akhirnya bisa melihat kalau penelitian ilmiah mendukung ungkapan ini.

Semua ini hanya masalah dukungan!

Mungkin jauh di dalam hati, masing-masing dari kita telah merasa kalau pasangan hidup kita memiliki peran penting dalam membentuk kesuksesan kita. Dan akhirnya, suatu studi yang dipublikasikan oleh Carnegie Mellon University membawa hal ini dalam diskusi sains. Studi ini mengeklaim bahwa suami (dan istri) yang memiliki pasangan yang mendukung, punya kesempatan lebih tinggi untuk sukses dalam hidupnya.

Sebanyak 163 pasangan ikut serta dalam sebuah eksperimen. Para peserta ditawari kesempatan untuk memecahkan teka-teki mudah atau menantang diri mereka dengan yang lebih sulit dan mencoba memenangkan hadiah. Setelah menawarkan pilihan ini, para peneliti memperhatikan dan merekam cara pasangan berinteraksi satu sama lain sebelum mereka membuat keputusan. Ada peserta yang pasangannya terus mendorong mereka untuk memilih opsi untuk memenangkan hadiah, sementara itu ada juga pasangan yang tidak percaya diri bahkan berkecil hati.

Selain itu, para peneliti memeriksa pasangan yang sama 6 bulan kemudian dan mendapati bahwa pasangan yang menerima tantangan untuk memenangkan hadiah, mengalami lebih banyak pengembangan diri dan mengeklaim kalau mereka lebih bahagia dan sejahtera dari mereka yang menolak tantangan.

Bersikap pragmatis juga penting.

Riset di atas bukan satu-satunya studi dalam topik ini. Para peneliti di Washington University di St. Louis juga melakukan penelitian untuk membuktikan kalau kesuksesan seseorang tidak hanya bergantung kepada dirinya sendiri, tapi pasangannya juga memegang peranan penting. Mereka menyebut “kehati-hatian pasangan” dan pragmatisme adalah kunci utama dalam kesuksesan pasangan.

Para seleb pasti lebih tahu!

Ada banyak sekali contoh selebritas dan pemimpin besar yang mengakui secara umum kalau pasangan mereka memegang peranan penting dalam kesuksesan mereka. Misalnya, dalam pidato pada upacara pemberian ijazah di Harvard tahun 2017, Mark Zuckerberg, menyebutkan kalau istrinya Priscilla menginspirasinya untuk meluangkan waktunya dalam pekerjaan sosial dan menambahkan kalau wanita itu merupakan orang paling penting dalam hidupnya, jadi kamu bisa bilang kalau ini adalah hal terpenting yang dia bangun dalam hidupnya.

Tentu saja, ini semua bukan sekadar tentang dukungan seorang istri. Beyoncé juga menyebut suaminya “mendukungnya dalam setiap level,” dan juga berperan sebagai orang yang “memberinya fondasi yang tepat.” Dalam salah satu wawancara, penyanyi pemenang Grammy ini menyebutkan bahwa dia tidak akan menjadi sosok wanita seperti sekarang ini jika tidak setuju untuk mengencani suaminya dulu.

Tentu saja, hidup kita jauh lebih menantang dari sekadar memecahkan teka-teki, tapi apa kamu pernah merasa kalau semuanya jauh lebih mudah saat pasanganmu mendukung hidupmu?

Bagikan Artikel Ini