Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Siapakah Cowok Sigma, dan Kenapa Mereka Super Eksis

----
169

Dalam hidupmu, kamu mungkin pernah dengar tentang cowok alfa yang percaya diri dan suka suruh-suruh. Sepertinya, tipe kepribadian ini selalu menarik perhatian cowok maupun cewek lain. Semua cowok diajari untuk berperilaku seperti cowok alfa, tapi ada beberapa orang yang tidak peduli dengan arahan seperti ini dan tetap bisa tampil menarik. Jadi, percaya atau tidak, menjadi cowok alfa bukanlah tujuan hidup mereka.

Sisi Terang mau memperkenalkan satu tipe lain, yang dikenal dengan sebutan cowok sigma.

Apa itu cowok sigma?

Cowok sigma adalah cowok yang tidak butuh validasi dari orang lain. Mereka tidak berisik atau mementingkan diri sendiri, melainkan tenang dan mampu menguasai diri. Cowok sigma adalah cowok yang tertutup, tapi percaya diri. Cowok sigma berbeda dari cowok pada umumnya dan biasanya tidak bisa dimasukkan ke kelompok mana pun karena terlalu unik.

Cowok alfa vs cowok sigma.

Cowok sigma dan alfa punya derajat yang sama dan memiliki banyak karakteristik serupa. Keduanya percaya diri dengan pilihan hidup mereka dan memiliki target yang tinggi. Perbedaan utama mereka terletak pada sikap. Cowok sigma memilih posisi di luar hierarki, sedangkan cowok alfa lebih suka berada di puncak hierarki. Cowok alfa mencapai kesuksesan dengan menaiki tangga hierarki. Sebaliknya, cowok sigma tidak termasuk dalam hierarki mana pun, mereka melakukan semuanya sendiri.

Ciri-ciri cowok sigma.

  • Mereka tidak peduli terhadap ekspektasi.
    Cowok alfa berdiri di puncak dan cowok beta menjadi pengikut, sementara sigma, yap, tidak terlibat dengan keduanya. Hierarki tidak ada artinya bagi mereka, dan semua norma serta tren yang ditetapkan masyarakat (dan ditetapkan cowok alfa khususnya), bukanlah apa-apa bagi cowok sigma. Kamu tidak bisa menentukan cara mereka berpakaian atau bertindak. Mereka melakukan apa yang mereka inginkan.
  • Mereka adalah pelanggar norma.
    Sama seperti cowok alfa, cowok sigma bergumul dengan otoritas. Cowok sigma biasanya tidak bekerja untuk orang lain dan menjunjung tinggi kedamaian serta fleksibilitas. Lebih baik mereka bekerja sendiri agar tidak kesulitan mengatur waktu dan diri sendiri.
  • Mereka tidak mencari validasi.
    Cowok sigma tidak mengandalkan kemewahan untuk merasa berhasil dan sukses. Mereka tidak mencoba memvalidasi diri lewat barang-barang mahal karena mereka paham bahwa segala hal yang bersifat materialistis tidak dapat menggantikan harga diri. Jadi, mereka mengendarai apa pun yang mereka suka, mengenakan apa pun yang mereka mau, dan tidak melakukan apa yang diperintahkan alfa kepada mereka. “Urus saja urusanmu” adalah moto mereka.
  • Mereka tidak terbuka kepada semua orang.
    Cowok sigma tidak membanggakan pencapaian atau impian besarnya di media sosial. Apa yang mereka sukai, semua bersifat pribadi. Orang-orang sering menilai mereka berhati-hati dan tertutup. Butuh banyak waktu untuk mengenal cowok sigma. Mereka tidak merasa perlu untuk membagikan informasi pribadi. Perumpamaannya, mereka membutuhkan dorongan ego dan validasi layaknya ikan membutuhkan sepeda.
  • Mereka adalah pemimpin yang tetap rendah hati.
    Cowok sigma ibarat serigala penyendiri, meski begitu, dalam situasi yang tepat, mereka berubah menjadi pemimpin yang kuat. Mereka menginspirasi orang lain dengan semangat dan dedikasi. Cowok sigma yang berada di posisi tinggi tidak pernah merasa tinggi dan berkuasa, itulah sebabnya mereka dihormati.
  • Mereka memprioritaskan gaya hidup mereka sendiri.
    Cowok sigma sangat pilih-pilih tentang rutinitas dan hal yang paling mereka hindari adalah mengendalikan orang lain. Mereka tidak ingin terbuai dengan ekspektasi orang lain. Cowok sigma berubah hanya jika mereka benar-benar menginginkannya.

  • Mereka adalah introver yang percaya diri.
    Cowok sigma tidak suka menjadi pusat perhatian dan lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Meski cowok sigma sering luput dari perhatian, mereka tetap punya kepercayaan diri yang sama seperti cowok alfa. Satu-satunya hal yang membedakan mereka adalah sifat ekstraversi cowok alfa.
  • Ruang pribadi sangatlah penting.
    Cowok sigma butuh banyak ruang pribadi dalam memenuhi target mereka untuk belajar dan berprestasi. Mereka bisa dengan seketika membuat perubahan radikal, seperti menghilang untuk mengejar apa yang mereka sukai. Cowok sigma juga tidak membiarkan siapa pun menghalangi jalan mereka.

Alasan mereka sangat populer.

Cowok sigma punya selubung misteri di sekelilingnya, yang membuatnya mengundang rasa penasaran. Sulit untuk mengabaikan kecerdasan dan kemandiriannya. Cowok sigma tidak pernah mengikuti orang banyak dan tidak pernah mencari pengabsahan diri. Inilah yang membuat cowok tipe ini begitu menarik baik bagi pria maupun wanita. Di sisi lain, ini mungkin hanya tren lain yang akan berlalu dengan sendirinya.

Definisi cowok sigma memunculkan banyak perdebatan di dunia maya. Beberapa pria menganggap itu konyol, sementara yang lain mencari cara untuk menjadi seperti itu. Apakah kamu percaya bahwa pria dapat diklasifikasikan sebagai alfa, beta, dan sigma?

----
169
Bagikan Artikel Ini