10 Cara Menjaga Makanan Tetap Segar Selama Berminggu-minggu (Tidak Harus Selalu Mengandalkan Kulkas)

Limbah makanan adalah masalah utama di masyarakat. Sering kali, penyebab utamanya adalah orang-orang membuang makanan karena tidak menyimpannya dengan benar atau karena terlalu mengikuti tanggal kedaluwarsa. Perlu diketahui bahwa meskipun tanggal kedaluwarsa itu penting, sebagian besar makanan dapat disimpan dan tetap segar lebih lama. Tentu saja ini bisa dilakukan dengan beberapa tips dan trik simpel berikut ini.

Sisi Terang mengumpulkan 10 kiat penting yang akan membantumu menghemat biaya dan memastikan terjaganya kesegaran makanan.

1. Gantung pisang untuk memperlambat proses kematangannya.

Semua pasti setuju bahwa pisang yang berwarna cokelat bukanlah yang paling enak. Oleh sebab itu, satu triknya adalah membeli gantungan atau cukup menggantung pisang di lemari dapur menggunakan kantong plastik, terpisah dari buah yang lain. Dengan begitu, pisangmu akan lebih sedikit mendapat oksigen, sehingga bagian dalamnya tetap segar lebih lama tanpa cepat berubah menjadi cokelat.

2. Air lemon mencegah potongan pisang menjadi kecokelatan selama beberapa jam.

Menyiapkan camilan lebih awal memang dapat menghemat waktu, tapi juga bisa merusak kualitas makananmu. Pisang yang dipotong akan menjadi kecokelatan beberapa menit setelah dipotong. Jadi, memercikkan air lemon adalah ide yang bagus untuk menjaga warnanya. Karena rasa lemon sangat kuat, campurkan dengan air sebelum menambahkannya pada pisang.

3. Jaga kesegaran dan kelembapan kukis dengan menyimpannya bersama sepotong roti.

Langkah pertama setelah memanggang kukis biasanya adalah menyimpannya dalam stoples. Tak peduli wadah tersebut kedap udara atau tidak, kukis akan menjadi keras seiring berjalannya waktu. Triknya adalah memasukkan sepotong roti tawar ke dalam wadah, sehingga kukis bisa menyerap kelembapan roti tersebut. Dengan begitu, kukis akan tetap lembut lebih lama dan akan tetap terasa seperti baru keluar dari oven.

4. Tambahkan sedikit cuka pada keju agar tidak berjamur.

Sebagian besar orang menyimpan keju di dalam wadah atau membungkusnya dengan plastik. Namun, plastik bisa merusak kualitas keju karena menyerap terlalu banyak kelembapan yang kemudian menyebabkan jamur. Cara yang lebih efektif adalah dengan menambahkan beberapa tetes cuka pada keju untuk mencegah tumbuhnya jamur. Tapi jangan tambahkan terlalu banyak karena akan merusak rasanya. Walau sudah menggunakan cuka, pastikan keju terbungkus rapat dengan kertas lilin dan simpan di dalam kulkas.

5. Oleskan minyak pada labu, lalu simpan.

Langkah pertama adalah cuci labu sampai bersih, lalu keringkan dengan kain. Jika tidak kering sempurna, labu akan lembap dan mengundang jamur. Setelah itu, usap perlahan labu dengan sebuah kain yang ditambahkan sedikit minyak. Ini akan membuat labu mengilat tanpa membuatnya terlalu licin dan berminyak.

6. Buat mentega dari daun rempah-rempah.

Jika punya terlalu banyak daun rempah yang hampir membusuk di dalam kulkas, campurkan saja dengan mentega dan kamu akan mendapatkan mentega rempah. Agar lebih spesial, kocok rempah dengan krim berlemak tinggi (double cream) yang segar untuk membuat mentega dari nol. Cocok untuk sarapan seminggu penuh.

7. Tutupi guacamole dengan plastik wrap, supaya kedap udara.

Alpukat adalah buah yang paling diminati di seluruh dunia, dan guacamole (saus cocol berbahan dasar alpukat) adalah alasan utamanya. Namun, menyimpan guacamole di dalam kulkas bisa membuatnya kecokelatan dalam beberapa jam saja. Solusi terbaiknya adalah tutup wadah guacamole dengan plastik wrap, lalu tekan ke bawah untuk meminimalisir udara pada adonan alpukatnya. Dengan metode ini, bagian tengah guacamole akan tetap segar hingga tiga hari, dan hanya sedikit warna cokelat yang muncul pada bagian pinggirnya.

8. Letakkan asparagus di dalam gelas berisi air.

Seperti sayuran segar lainnya, asparagus tidak bertahan lama di dalam kulkas, karena batangnya bisa menjadi sangat kering. Solusi masalah ini adalah menyimpannya sekaligus di dalam gelas berisi air di luar kulkas selama beberapa hari. Tidak hanya membuatnya tetap segar, cara ini juga membuatnya tumbuh, memberimu lebih banyak asparagus untuk dinikmati.

9. Olesi keju dengan mentega agar tidak kering.

Keju biasanya cepat mengering di dalam kulkas jika tidak disimpan dengan baik, ditandai dengan retakan dan ujung yang kering. Menambahkan mentega pada ujungnya akan menjaga keju tetap lembap dan terhidrasi. Bahkan jika tetap mengering, kamu bisa menggosokkan mentega di bagian keju yang retak.

10. Simpan jahe di dalam lemari pembeku.

Jahe mungkin bukan bahan masakan yang kita pakai setiap hari atau dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, membekukannya akan membuatnya tetap segar selama 2 hingga 9 bulan, supaya kualitas dan rasanya tetap maksimal. Kamu juga bisa memarutnya lebih dulu sehingga bisa langsung diambil dengan sendok untuk menghemat waktu, khususnya di hari yang sibuk ketika kamu harus menyiapkan hidangan dengan cepat.

Kamu tahu trik cerdas menyimpan makanan yang bisa dibagikan? Ayo, tuliskan di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini