Sisi Terang
Sisi Terang

10 Langkah Keselamatan Ini Sangat Membantu dalam Kondisi Darurat

Saat masih kecil, kita pasti pernah diajari tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah kejadian tragis atau menjaga segalanya tetap terkendali. Kita pun mengingat sebagian besar langkah ini secara naluriah. Tapi beberapa tindakan pencegahan yang akan kami bahas kali ini mungkin saja tak sengaja terlupakan.

Sisi Terang yakin bahwa lebih baik berjaga-jaga dibanding menyesal kemudian. Jadi, kami telah menyusun daftar hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menjauhkan diri dari bahaya.

1. Di tengah kerumunan, tunjuklah seseorang untuk menelepon ambulans.

Bystander effect atau efek pengamat menyebabkan kita beranggapan bahwa orang lain akan membantu korban karena ada banyak orang di sekitarnya. Akibatnya, mereka tak terlalu peduli, bahkan berharap menjauh dari situasi itu secepatnya. Itulah sebabnya kamu mungkin melihat tak ada seorang pun di dalam kerumunan yang membantu dalam kondisi genting jika kamu tidak menunjuk orang tertentu. Jadi, tunjuklah seseorang di kerumunan dan minta bantuan darinya.

2. Saat bepergian, pasang label bertuliskan namamu di dalam tas, bukan di luar.

Label di luar tas atau koper bukan cuma mudah lepas, tapi juga andai kopermu hilang, maskapai penerbangan mungkin harus membukanya saat ditemukan untuk mencari tahu siapa pemiliknya. Label bertuliskan namamu di dalam koper akan sangat memudahkan proses pengembalian.

3. Jangan langsung ikuti ambulans yang membawa orang terdekatmu ke rumah sakit.

Pasti mengerikan rasanya jika orang terdekatmu harus dibawa ke rumah sakit, tapi kamu juga tetap harus menjaga diri. Saat berada dalam keadaan dikuasai emosi, jangan langsung ikuti ambulans ke rumah sakit karena kamu mungkin akan terlalu fokus mengikutinya dan bisa melanggar aturan lalu lintas. Jadi, tunggulah sejenak sebelum menyusul ke rumah sakit.

4. Kamu bisa mematikan Face ID dengan mengatakan, “Hei Siri, ponsel siapa ini?”

Kalau ada seseorang yang coba memaksa membuka kunci ponselmu dengan menggunakan Face ID-mu, kamu bisa menanyakan pertanyaan ini kepada Siri agar ponselmu tidak bisa diakses tanpa mengetik kata sandi.

5. Saat melihat seseorang dari poster orang hilang, laporkan ke pihak berwenang, bukan nomor yang tercantum di poster.

Kita tidak pernah tahu apakah orang tersebut memang dilaporkan hilang serta nomor siapa yang tercantum di poster itu. Mungkin itu nomor seseorang yang ingin menyakitinya. Jadi, agar aman, selalu hubungi pihak berwenang lebih dulu.

6. Saat pindah ke rumah baru, segera ganti kuncinya.

Banyak orang tidak langsung berpikir untuk segera melakukannya, sementara kita tak pernah tahu siapa yang mungkin punya kunci rumahmu saat ini. Jadi, gantilah kunci rumah barumu demi keselamatanmu sendiri.

7. Saat tidak bisa menemukan kacamatamu, buka kamera di ponselmu dan gunakan untuk mencarinya.

Kamu bisa melihat segalanya dengan lebih jelas lewat kamera tanpa kacamata karena kamera punya fitur fokus otomatis. Dengan begini, kamu bisa menghemat waktu untuk mencari kacamata.

8. Selalu pakai sepatumu selama penerbangan.

Godaan untuk melepas sepatu di pesawat memang agak berat. Meski begitu, sebaiknya kamu tetap memakainya, terutama saat pesawat lepas landas dan mendarat, yang merupakan bagian paling berbahaya dalam penerbangan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan dan kamu harus berlari, kamu akan bersyukur masih mengenakan sepatu dan tidak menginjak pecahan kaca tanpa alas kaki.

9. Saat menyeberang jalan pada malam hari, gunakan senter ponselmu.

Pengemudi mobil atau motor mungkin kesulitan melihat orang-orang di jalanan pada malam hari, jadi, memberi tahu para pengemudi tentang keberadaanmu saat menyeberang jalan dengan membuat dirimu lebih terlihat adalah ide yang bagus. Nah, fitur senter di ponselmu bisa jadi solusinya.

10. Tempel kertas berisi informasi kontakmu di rumah keluargamu yang sudah lansia.

Kalau kamu punya kerabat yang sudah lansia dan hidup sendirian, sebaiknya tulis informasi kontakmu di tempat yang mudah terlihat untuk berjaga-jaga seandainya paramedis tiba dan perlu menghubungimu. Jika tidak ada informasi ini, mereka mungkin akan butuh waktu jauh lebih lama untuk mencari tahu nomormu.

Apa kamu punya saran lain untuk menjaga keselamatan diri?

Sisi Terang/Tips & trik/10 Langkah Keselamatan Ini Sangat Membantu dalam Kondisi Darurat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya