Sisi Terang
Sisi Terang

10 Rutinitas yang Tanpa Sadar Kita Lakukan dengan Cara yang Salah

Biasanya, begitu kita tahu cara melakukan hal-hal dasar, rasanya tidak ada yang bisa menggoyahkan keyakinan kita akan cara kita mengerjakan hal-hal tersebut. Namun, saat mengetahui bahwa kita tidur, minum air, atau bahkan bernapas dengan cara yang keliru, kita mulai meragukan kemampuan kita. Setidaknya, kita bisa langsung memperbaiki semuanya setelah membaca artikel ini.

Sisi Terang menemukan hal-hal yang mungkin kamu lakukan dengan cara yang salah tanpa kamu sadari.

1. Menyalakan keran dengan jari

Kita mencuci tangan hingga bersih untuk menghindari kuman. Tapi kita juga bisa melipatgandakan perlindungan diri dengan cara membuka atau menutup keran menggunakan pergelangan tangan, jadi kita tidak perlu menyentuh keran dengan tangan yang bersih.

2. Memakai jepit rambut dengan sisi bergerigi menghadap ke atas

Saat memakai jepit rambut, pastikan bagiannya yang bergerigi menghadap ke bawah. Jepit rambut dirancang untuk menjaga rambut tetap di tempatnya, dekat dengan kulit kepala. Sisi datar jepit rambut tidak mampu menahan rambut dengan kokoh.

3. Bernapas dengan dada

Pernapasan perut adalah cara yang benar dalam hal bernapas. Cara ini mengurangi tekanan di dada, dan mencegah jantung bekerja terlalu keras. Pernapasan dada kurang efisien, membuat leher dan dada tegang, dan dapat menyebabkan hiperventilasi (nafas berlebihan).

4. Memotong semangka menjadi dua bagian

Alih-alih memotong semangka menjadi dua bagian, coba kupas kulitnya terlebih dahulu, pastikan tidak mengenai daging buahnya yang merah. Setelah itu, potong semangka dalam bentuk lempengan, dan kemudian, potong dalam bentuk kubus.

5. Tidak memakan bagian tengah apel

Menurut sebuah penelitian, bagian tengah atau inti apel adalah bagian yang paling bergizi dari buah tersebut. Tidak hanya mengandung banyak serat dan flavonoid, bagian tengah apel juga mengandung bakteri yang meningkatkan kesehatan usus.

6. Memotong kemasan plastik keras

Sebaiknya, gunakan pembuka kaleng. Sering kali, gunting tidak bisa dipakai untuk memotong plastik seperti ini, dan akan berbahaya bila dilakukan dengan pisau. Untungnya, pembuka kaleng bisa melakukan pekerjaan ini dengan mudah—kamu hanya perlu memakainya seperti saat membuka kaleng.

7. Tidur tengkurap

Orang yang tidur tengkurap berisiko lebih tinggi mengalami sakit punggung dan leher, ditambah lagi, posisi itu bisa berbahaya bagi ibu hamil. Di sisi lain, tidur telentang adalah posisi terbaik untuk tulang belakangmu.

8. Minum sambil berdiri

Ketika kamu minum sambil berdiri, air mengalir ke tubuhmu terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan akumulasi air di persendian dan bahkan merusak sistem pencernaan. Cara terbaik adalah minum perlahan sambil duduk.

9. Memanaskan kembali makanan dalam microwave

Menumpuk makanan di piring dan langsung memasukkannya ke dalam microwave bukanlah cara terbaik untuk memanaskan makanan. Sering kali, beberapa bagiannya masih dingin. Untuk menghindarinya, sebarkan makanan dan sisakan sedikit ruang di tengah piring. Dengan cara ini, makanan akan panas secara merata.

10. Mencocokkan alas bedak dengan pergelangan tangan

Pergelangan tangan tidak terpapar cahaya matahari sesering wajah dan leher. Pergelangan tanganmu bahkan mungkin tidak memiliki warna yang serupa dengan wajahmu. Cara yang paling tepat adalah coba cek warna alas bedak di dadamu. Jika memang tidak memungkinkan, setidaknya sesuaikan dengan leher.

Hal apa saja yang ternyata kamu lakukan dengan cara yang salah selama ini? Lantas, hal-hal apa yang selalu kamu lakukan dengan cara yang benar?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Tips & trik/10 Rutinitas yang Tanpa Sadar Kita Lakukan dengan Cara yang Salah
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya