10 Tips agar Kamu Tetap Aman Saat Berlibur

Para pelancong berpengalaman memiliki berbagai macam tips dan trik agar bisa tetap selamat dan aman dalam perjalanan. Dan apakah kamu pelancong pemula atau berpengalaman, kita semua harus memahami cara bepergian dengan cerdas. Karena itu ada hal-hal yang perlu diketahui, agar kita tetap selamat dan bisa sepenuhnya menikmati liburan.

Sisi Terang suka bepergian dan ingin agar kamu bisa bepergian dengan aman, karena itu kami telah menyiapkan beberapa tips penting yang mungkin ingin kamu ketahui. Semoga tips dan trik ini bisa membantumu menikmati liburan tanpa masalah.

1. Jangan biarkan anak-anak menggali lubang di pantai.

Lubang-lubang di pantai tampaknya tidak masalah, tapi bisa menyebabkan cedera bagi orang yang tidak menduganya. Entah itu pelari atau orang yang berjalan-jalan di pantai, ada kemungkinan dia akan terperosok ke dalamnya dan mata kakinya keseleo atau bahkan patah. Lebih parah lagi, beberapa lubang bisa runtuh dan seseorang bisa terjebak di dalamnya.

2. Selalu bepergian dengan taksi resmi dan mintalah kartu pengenal.

Mengatur agar ada seseorang yang menjemputmu di bandara ketika mendarat di negara baru adalah tindakan cerdas. Tapi kalau itu tidak mungkin dilakukan dan kamu terpaksa harus naik taksi, selalu pastikan bahwa taksinya resmi. Mintalah kartu pengenal pengemudi dan buka Google Maps-mu, sehingga kamu bisa mengikuti rutenya. Jika terasa ada yang meragukan, yakinlah dengan nalurimu dan jangan masuki mobil itu.

3. Kenali semua penipuan yang umum dalam perjalanan.

Sayangnya, banyak orang telah belajar cara memanfaatkan wisatawan yang kurang pengetahuan dan mengakali mereka untuk memberikan uang yang diperolehnya dengan susah payah. Jadi, sebaiknya kenali sebagian bentuk penipuan yang paling umum terjadi. Yang paling populer adalah “argometer taksi yang rusak” di mana begitu kamu masuk taksi, sopir akan memberi tahu bahwa argonya rusak dan akan mengenakan tarif yang tidak masuk akal kepadamu. Untuk mencegahnya, negosiasikan tarif sebelum perjalanan.

4. Tuliskan informasi daruratmu dan ambil fotonya.

Kamu ternyata harus mencari nomor kontak darurat, tapi di tempatmu tidak ada sinyal. Atau kadang kamu khawatir kalau memakai kuota ponsel akan menyebabkan tagihan membengkak. Dalam kasus ini, sebaiknya ambil tangkapan layar semua yang mungkin akan kamu butuhkan, termasuk rute Google Maps, sehingga kamu tidak akan tersesat dan bisa mengikutinya saat kamu naik taksi.

5. Beli ransel dan tas anti-pencurian.

Pencurian umum terjadi di seluruh dunia, dan wisatawan adalah sasaran sempurna bagi para pencuri dan pencopet terampil. Untuk mencegahnya, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli ransel dan tas anti-pencurian. Ada juga ransel antitebas yang bisa mencegah pencuri menjamah barang-barangmu.

6. Mintalah nasihat penduduk lokal.

Ketika kamu pergi ke tempat baru, meskipun telah banyak melakukan penelitian, kamu harus mengenal semuanya dan meminta nasihat kepada penduduk setempat. Mungkin hanya mereka yang tahu lingkungan mana yang harus dihindari, dan lingkungan mana yang aman. Biasanya, resepsionis hotel/hostel merupakan pilihan terbaik dan teraman untuk mendapatkan nasihat itu.

7. Beri tahu teman-teman/keluarga tentang lokasi dan rencanamu.

Penting jika ada seseorang yang tahu lokasi, rencana, dan kapan kamu akan kembali. Jika sesuatu yang buruk menimpamu, kamu tentu ingin seseorang yang dekat denganmu mengetahuinya, sehingga kalau dia tidak mendengar kabar darimu, dia bisa memberi tahu otoritas setempat tentang hal itu.

8. Cobalah berpakaian seperti penduduk lokal.

Di kebanyakan tempat, warga lokal bisa mengenali wisatawan hanya melalui pakaian mereka. Pakaian bisa menarik perhatian yang tidak penting ke arahmu dan kamu akan segera menjadi sasaran para pencuri dan penipu. Ada baiknya kamu mencoba tampil lebih menyerupai penduduk setempat sehingga tidak ada risiko menarik perhatian orang yang salah. Perlu dicatat bahwa beberapa negara mempunyai aturan berpakaian khusus yang harus kamu ketahui.

9. Sembunyikan uang tunai darurat.

Sebanyak apa pun persiapanmu untuk mencegah masalah yang berpotensi muncul, kamu takkan pernah bisa memprediksi semuanya dan memiliki rencana cadangan itu baik. Sembunyikan uang tunai darurat di suatu tempat, untuk berjaga-jaga seandainya uang atau kartu kreditmu dicuri. Uang ini bisa disembunyikan di suatu tempat dalam tasmu atau di badanmu.

10. Gunakan ATM di siang hari.

Sebagai wisatawan, memakai ATM bisa menjadi pengalaman rumit, kamu tidak pernah tahu siapa yang mengamati atau siapa yang mungkin menunggu untuk mencuri uangmu. Jadi, sebaiknya gunakan ATM di siang hari ketika ada banyak orang di sekitar. Penting juga untuk selalu memperhatikan mesin ATM sebelum memakainya, untuk memastikan adanya kemungkinan gangguan.

Apa tips lain yang kamu miliki dalam hal bepergian? Silakan bagikan kepada pembaca lain, sebab sedikit informasi tambahan tentang keselamatan pasti akan sangat bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini