10 Tips untuk Membantumu Tidur Lebih Nyenyak pada Malam Hari

Hanya dengan mengatur penyejuk udara di kamar, kamu bisa membuat waktu tidurmu lebih menyenangkan. Atau jika kamu mengalami insomnia, terus katakan kepada dirimu, “Jangan tidur.” Kedengarannya seperti paradoks, tapi ini salah satu metode yang sudah terbukti dan disarankan oleh para ahli.

Kami di Sisi Terang juga terkadang punya masalah tidur dan kami ingin membagikan beberapa tips berguna untukmu.

1. Tegangkan ototmu kalau kamu terbangun di tengah malam.

Kamu berbaring di kasur selama berjam-jam saat mencoba tidur, tapi terus gagal karena tubuhmu tegang. Coba trik ini:

  1. Mulai dari jari kaki sampai dahi dan lemaskan semua otot pelan-pelan.
  2. Tegangkan tiap kelompok otot selama lima detik. Lalu, lemaskan.

2. Kamar harus tetap dingin kalau kamu tidak mau bermimpi buruk.

Jika kamu suka suhu kamarmu hangat, ini bisa menjadi kebiasaan buruk. Menurut para peneliti, kamar bersuhu sejuk adalah salah satu faktor paling penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Suhu kamar terbaik adalah sekitar 18,3 °C. Tapi para dokter merekomendasikan suhu 15,5 °C sampai 19,4 °C, bergantung pada mana yang lebih nyaman untukmu. Ini karena tubuh diatur untuk menurunkan suhu pada malam hari. Buat suhu kamarmu lebih sejuk, itu akan berfungsi sebagai sinyal untuk tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

3. Turunkan satu kaki ke lantai jika kamu merasa pusing.

Terkadang, kita bisa merasa pusing saat mencoba untuk tidur. Tapi membolak-balikkan badan ke kiri dan kanan bisa memperburuk keadaan. Taruh saja satu kaki di lantai saat berbaring telentang. Ini akan membantu otak mengatur kembali posisimu dan rasa pusing itu akan hilang.

4. Jangan tidur siang lebih dari jam 3 sore.

Sebagian besar orang tidak terpengaruh oleh tidur siang dan tetap tidur nyenyak pada malam hari. Tapi jika kamu mengalami insomnia atau gangguan tidur lain, tidur siang bisa membuat masalah ini lebih buruk. Ikuti aturan ini jika kamu suka tidur pada siang hari.

  1. Tidur siang sebentar. Tidur pada siang hari sebaiknya berlangsung sekitar 10 sampai 20 menit. Semakin lama kamu tidur siang, semakin besar kemungkinan kamu merasa tidak enak badan setelah bangun.
  2. Jangan tidur siang lebih dari jam 3 sore.
  3. Tidur siang di tempat yang sepi, dingin, dan gelap.

5. Gunakan pernapasan perut agar lebih cepat tertidur.

Kamu mungkin merasa cemas, khawatir, atau tegang saat mencoba tidur. Itu membuatmu bernapas cepat sehingga kamu tidak bisa tidur nyenyak. Coba teknik pernapasan 4-7-8 ini. Ini disebut pernapasan diafragma, yakni dengan mengembangkan perut sebagai pengganti dada.

  1. Keluarkan napas.
  2. Tarik napas perlahan lewat hidung selama empat detik. Perutmu harus mengembang.
  3. Tahan napas selama tujuh detik.
  4. Keluarkan napas lewat mulut selama delapan detik.
  5. Ulangi sebanyak empat kali.

6. Buat kanal dengan bantal jika kamu punya masalah bahu.

Jika kamu sakit bahu, dan tidur telentang atau telungkup tidak nyaman untukmu, cobalah kiat ini. Tak perlu membeli alat khusus, tambah saja bantal berkualitasmu dan buat kanal untuk lenganmu dengan itu, seperti yang terlihat dalam gambar. Jangan menaruh bantal terlalu tinggi di sampingmu. Luruskan tulang punggung.

7. Menulis sebelum tidur.

Ini mungkin terdengar aneh, tapi berdasarkan penelitian, menulis kejadian-kejadian positif sebelum tidur mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidurmu.

Luangkan 15 menit setiap malam untuk menulis tentang harimu — tapi coba fokus bukan hanya pada hal-hal baik, tapi bagaimana perasaanmu pada saat itu juga.

8. Coba katakan, “jangan berpikir” berkali-kali selama sepuluh detik.

Para ahli mengatakan bahwa trik ini sangat ampuh. Kamu butuh 120 detik untuk menyelesaikan metode ini. Katakan kepada dirimu, “Jangan berpikir”, secara berulang. Sepuluh detik terakhir seharusnya menjadi waktu yang paling baik karena saat itulah kamu mulai tertidur.

9. Larang dirimu untuk tidur demi efek paradoks.

Ada satu lagi cara yang bisa kamu coba, tapi ini berdasarkan paradoks. Mencegah dirimu tertidur bisa menjadi trik bagus untuk membuatmu tidur lebih cepat. Orang yang melakukan ini tertidur lebih cepat daripada orang yang tidak melakukannya, dan cara ini bisa lebih efektif daripada latihan pernapasan tradisional meskipun kamu punya insomnia.

10. Tekan titik menenangkan di bawah telapak tangan.

Titik spesifik dalam akupunktur bisa memicu tidur lebih nyenyak juga. Kamu bisa menggabungkannya dengan aromaterapi.

  1. Cari ruang kecil dan cekung di bawah telapak tangan di sisi kelingking. Ini titik pertama. Titik kedua terletak tiga jari dari lipatan pergelangan tangan, di antara tendon.
  2. Tekan perlahan dalam gerakan memutar atau naik turun selama dua sampai tiga menit.
  3. Rasakan ototmu menjadi lemas.
  4. Ulangi di pergelangan tangan satu lagi.

Seberapa sering kamu mengalami masalah tidur? Trik mana yang kamu gunakan agar tidur lebih cepat?

Bagikan Artikel Ini