Sisi Terang
Sisi Terang

11 Hal Kecil yang Bisa Menunjukkan Situasi Keuangan Seseorang

Banyak orang berusaha keras terlihat lebih kaya daripada kenyataannya. Dan itu bukan cerminan situasi keuangan mereka sebenarnya: kamu selalu bisa tampil lebih baik. Tapi jauh lebih sulit menciptakan ilusi ini daripada kelihatannya, karena ada beberapa hal kecil yang bisa merusak ilusi yang sudah susah payah kita buat.

Sisi Terang telah menganalisis beberapa kecenderungan modern dan mulai memahami hal apa yang harus dihindari untuk urusan pilihan pakaian dan desain interior agar bisa merasa nyaman berapa pun uang yang kamu punya.

1. Sepatu dengan sol merah

Sepatu dengan sol merah terang adalah ciri khas Christian Louboutin—sampai-sampai, desainer itu harus ke pengadilan untuk melindungi sol merah berharga ini. Sepatu ini sangat populer sekitar lima tahun lalu dan hampir semua perusahaan sepatu membuat model sepatu bersol merah yang mirip. Jadi, karena bisa dibilang siapa pun mampu membeli sepatu serupa sekarang ini, sol merah sudah tidak lagi menunjukkan kekayaan. Lagi pula, model sepatu bersol merah lebih murah akan mulai terlihat jelek sebentar lagi.

2. Memakai set perhiasan serasi

Pada tahun ’90-an, ada banyak perempuan yang ingin menunjukkan kekayaan mereka. Jadi, mereka memakai semua perhiasan paling bagus mereka sekaligus. Dulu memakai satu set anting, kalung, cincin, dan gelang bermodel sama itu keren. Masih banyak orang yang berpikir membeli set perhiasan adalah ide bagus. Namun, industri mode berkata sebaliknya: semakin banyak kamu memadukan gaya, semakin bagus. Kamu bisa memakai mutiara dengan sepatu kets, emas dengan perak, dan bahkan anting berbeda. Yang terpenting, jangan memakai terlalu banyak perhiasan sekaligus.

3. Tisu toilet tipis

Tidak seperti tisu toilet mahal, lapisan tisu toilet murah terlalu tipis. Jadi, kita akhirnya menggunakan lebih banyak tisu karena ingin lapisan tebal. Sebenarnya, dengan melakukan ini, kamu tidak berhemat karena harus lebih sering membeli tisu toilet.

Sama halnya dengan tisu dapur: tisu murah sangat tipis sehingga membuatmu memakai lebih banyak dan menghamburkan tisu. Sebaiknya beli tisu toilet dan tisu dapur dalam jumlah besar agar harga satu rolnya lebih murah.

4. Memasang foto sendiri dalam bingkai besar yang mencolok.

Bingkai besar foto penghuni rumah yang ditempatkan di ruang sempit sering kali terlihat agak konyol. Yang terpenting adalah fotonya, bukan bingkainya. Jadi, jika kamu ingin memajang fotomu, pilih bingkai sederhana atau tanpa bingkai sama sekali. Bingkai besar terlihat bagus dengan cermin. Jadi, cobalah itu.

5. Pakaian dan aksesori bermerek, tapi palsu

Dalam kebanyakan kasus, produk bermerek yang palsu memiliki kualitas buruk dan kamu bisa mengetahui itu dari jauh. Tidak apa-apa jika tak mampu membeli pakaian Prada atau Gucci. Jika uangmu tak cukup untuk membeli merek-merek itu, belilah barang berkualitas dari merek yang kurang terkenal.

6. Pakaian diskon

Kebanyakan orang tidak mau menghamburkan uang untuk pakaian. Tapi masalah pakaian diskon adalah produk itu sering kali memiliki desain buruk, ukuran yang kurang pas, atau masalah lain. Dan untuk menemukan produk yang sangat bagus di bagian diskon, kamu harus mencari dengan saksama. Jika kamu berburu produk diskon di akhir musim, kemungkinan besar kamu akan kecewa karena begitu kamu memakai baju ini (yang mungkin terlambat satu tahun karena cuaca), itu tak akan trendi lagi sebab tren mode cepat berganti.

7. Boneka

Boneka hanya bagus jika kamu punya anak-anak. Jika tidak, itu hanya akan menjadi sarang debu. Sebaiknya singkirkan boneka-boneka saat anakmu sudah dewasa. Kamu bisa memberikannya kepada teman-temanmu yang punya anak kecil atau menyimpan beberapa sebagai kenangan untuk dirimu sendiri.

8. Celana jin dengan desain rumit

Bagi banyak orang, celana jin adalah bagian utama pakaian sehari-hari mereka. Jadi, jangan pelit saat berbelanja celana jin dan jangan pilih yang sudah tidak trendi lagi. Sekarang ini, lebih baik beli model yang sangat sederhana tanpa pola, renda, atau unsur dekoratif lain. Celana jin sederhana bagus untuk segala usia dan pekerjaan. Kamu juga bisa menggunakan aksesori untuk membuatnya lebih menarik.

9. Handuk pudar

Semua kain akan kehilangan warnanya seiring waktu, khususnya handuk. Handuk sangat sering dipakai dan dicuci dengan air panas. Handuk berwarna terang sangat rentan karena warnanya terlihat pudar setelah baru dicuci beberapa kali dalam mesin cuci. Sebaiknya pilih handuk yang tidak berwarna terang dan ikuti panduan pencuciannya.

10. Barang elektronik multifungsi murah

Saat membeli barang elektronik, kamu harus sangat berhati-hati. Banyak merek menawarkan beragam fungsi, seperti mesin cuci sekaligus pengering atau microwave yang juga berfungsi sebagai oven. Bahkan ada model 3-in-1, seperti oven+pembuat kopi+kompor! Tapi barang elektronik seperti itu sering kali dijual mahal dan jika kamu melihat yang harganya sangat murah, kemungkinan besar pabriknya mengurangi kualitas komponen, sehingga barang itu tidak akan awet.

11. Seprai satin

Dulu orang percaya jika seprai seseorang dari sutra atau satin, berarti dia sangat kaya. Tapi hal ini tidak lagi benar sekarang. Orang-orang sudah menyadari bahwa seprai sutra alami sangat licin dan tidak nyaman dipakai tidur.

Tentu saja, ada bahan lebih murah yang mirip satin, tapi terasa jauh lebih buruk. Karena tidak menyerap udara, bahan ini buruk untuk musim panas dan musim dingin. Jadi, saat kamu belanja seprai, pastikan itu terbuat dari bahan alami. Linen dan katun adalah bahan terbaik yang bisa kamu pilih.

Barang apa yang kamu beli tanpa memikirkan uang?

Sisi Terang/Tips & trik/11 Hal Kecil yang Bisa Menunjukkan Situasi Keuangan Seseorang
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya