Sisi Terang
Sisi Terang

12 Barang Ini Seharusnya Tidak Dibuang ke Toilet

Orang-orang membuang segala macam barang ke toilet. Di antara segala barang paling aneh yang pernah ditemukan tukang leding, terdapat botol plastik, batu bata, dan bahkan pakaian. Tentu saja, orang-orang biasa tidak akan mencoba membuang barang mereka menggunakan cara tidak wajar ini, tapi siapa sangka barang-barang berbahaya, seperti benang gigi atau masker wajah, juga bisa menyumbat pipa pembuangan?

Kali ini, Sisi Terang telah menyiapkan daftar barang yang tidak boleh kamu buang ke toilet.

1. Tisu toilet

Ada banyak perdebatan soal boleh dan tidaknya membuang tisu toilet ke saluran pembuangan. Sebagian besar ahli berpikir membuang tisu toilet ke toilet tidak membahayakan jika kamu tinggal di perumahan biasa atau gedung apartemen. Namun, jika terdapat septic tank alias tangki septik, kamu sebaiknya tidak membuang apa pun ke saluran pembuangan.

2. Benang gigi

Benang gigi terbuat dari bahan berserat, sehingga dapat menumpuk di dalam pipa dan menyebabkan penyumbatan. Membuang benang gigi ke saluran pembuangan juga sama sekali tidak ramah lingkungan. Serat sintetis ini tidak membusuk dan membahayakan lingkungan.

3. Permen karet

Permen karet tidak larut dalam air dan bisa menempel di pipa dan menyebabkan penyumbatan. Inilah sebabnya kita tidak boleh membuang permen karet seperti ini.

4. Ikan

Membuang ikan mati ke saluran pembuangan ternyata agak umum di seluruh dunia. Namun, ini bukan ide yang baik karena bangkai ikan dapat menyumbat pipa.

Di Kanada, pihak berwenang meminta para warganya untuk tidak membuang ikan hidup ke saluran pembuangan karena saat akhirnya bisa mencapai kolam, ikan ini dapat membunuh ikan yang sudah ada di sana sebelumnya.

5. Pembalut luka

Pembalut luka biasa terbuat dari banyak bahan berbeda, seperti sel lemak, lilin, karet, dan bahan-bahan lainnya. “Campuran” ini tidak larut di dalam air dan dapat menyumbat pipa di rumahmu.

6. Lensa kontak

Lensa kontak terbuat dari bahan polimer yang tidak terurai selama bertahun-tahun. Lensa kecil ini mungkin tidak akan menyumbat pipamu, tapi tetap akan membahayakan lingkungan. Para ahli menghitung bahwa setiap tahunnya, lebih dari 20 ton lensa kontak berakhir di selokan dan mencemari air.

7. Kotoran kucing

Sistem pembuangan seharusnya membantu kita menyingkirkan kotoran, termasuk kotoran kucing. Namun, para ahli tidak menyarankan kita membuang kotoran kucing ke dalam sana. Dalam beberapa jam, kotoran ini akan mengeras dan tersangkut di suatu bagian pipa. Ingat, kotoran kucing harus dibuang bersama dengan sampah lain yang ada di rumahmu.

8. Pemutih berklorin

Detergen berbasis klorin adalah zat yang sangat agresif. Saking agresifnya, zat ini dapat merusak pipa jika kamu terlalu sering menggunakannya. Sebenarnya, kamu tidak perlu mencuci toiletmu setiap hari menggunakan detergen seperti ini, sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan cuka.

9. Masker wajah

Masker wajah berbahan utama tanah liat tidak boleh dibuang ke toilet. Partikel-partikel kecil masker wajah akhirnya akan menumpuk di bagian dalam pipa dan membuat penyumbatan besar. Lapisan atas masker harus dibuang dengan selembar kain dan sisa partikel kecilnya dapat dicuci dengan air.

10. Daun teh

Meski tampak tidak berbahaya, daun teh sebenarnya sangat berbahaya. Seiring berjalannya waktu, daun teh yang menumpuk di dalam pipa akan membentuk penyumbatan yang sangat sulit untuk dibersihkan.

11. Kantong plastik

Potongan kantong plastik sekecil apa pun tetap bisa berbahaya dengan menyebabkan penyumbatan dan, tentu saja, berbahaya bagi lingkungan.

12. Produk-produk yang mengatakan kamu bisa membuangnya ke saluran pembuangan

Informasi di kemasan yang mengatakan bahwa tisu toilet aman untuk dibuang ke toilet, biasanya, hanya taktik pemasaran. Bahkan, tisu seperti itu hanya bisa larut dalam beberapa jam, dan waktu ini sudah cukup untuk menyebabkan penyumbatan.

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah tisu toilet yang kamu miliki akan larut dengan cepat. Masukkan potongan tisu toilet ke dalam segelas air dingin. Dan jika kamu masih melihat potongan besar 5-10 menit setelahnya, berarti kamu tidak bisa membuang tisu toilet itu ke toilet. Tapi jika potongannya hampir tak bisa dilihat lagi, artinya kamu bisa memercayai tulisan yang dibuat sang produsen.

Apa kamu juga membuang semua barang ini ke toilet? Pernahkah kamu mengalami masalah pipa toilet? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah, ya.

Sisi Terang/Tips & trik/12 Barang Ini Seharusnya Tidak Dibuang ke Toilet
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya