Sisi Terang
Sisi Terang

12 Cara Genius untuk Membasmi Kutu Busuk

Kutu busuk cukup pintar untuk sembunyi di celah-celah dan menghindari siang hari. Artinya, mereka adalah hama yang tidak boleh kita remehkan. Untungnya, kita bisa lebih pintar. Alam dan sains memberi kita banyak cara untuk mengendalikan dan menyingkirkan kutu busuk dari rumah kita. Kamu hanya perlu tahu apa yang harus dilakukan.

Kami di Sisi Terang suka menemukan cara mudah untuk menjaga keselamatan dan kesehatanmu, terutama jika itu berarti menangani parasit pengisap darah.

1. Singkirkan kutu busuk dengan uap.

Menurut Departemen Entomologi Virginia Tech, menguapi rumah bisa membantu menyingkirkan kutu busuk. Uap membantu untuk memancing kutu keluar dari tempat persembunyian mereka. Pada suhu yang cukup tinggi, uap itu bisa mematikan bagi mereka.

2. Incarlah kutu dengan pengering rambut.

Seperti yang telah disebutkan, panas bisa membantu menyingkirkan kutu busuk. Jika kamu tidak suka uap, cari telur kutu itu, dan menyalakan pengering rambut pada suhu tinggi bisa membantu. Kutu busuk tidak memindahkan telur mereka. Jadi, ini cara untuk perlahan membunuh kutu yang tidak memicu alergi pada manusia seperti solusi lain.

3. Pasanglah selotip dua sisi.

Cari tempat yang sering dilewati kutu busuk dan pasang selotip dua sisi. Kutu akan menempel pada selotip itu. Pada akhirnya, tanpa darah untuk diisap, mereka akan mati, atau langsung pencet saja. Pastikan kamu mengganti selotipnya secara rutin.

4. Keringkan pakaianmu pada suhu tinggi.

Meskipun pakaianmu baru dibeli, pastikan kamu mencuci dan mengeringkannya pada suhu tinggi secepatnya. Ini bisa membantu menyingkirkan kutu busuk yang bersembunyi di pakaianmu. Coba pastikan untuk melakukan ini secara rutin pada semua pakaianmu.

5. Taburkan gel silika.

Apa kamu tahu bungkus gel silika yang kamu dapat saat membeli sepatu, pakaian, dan bahkan makanan? Simpan itu dan kamu bisa menggunakannya sebagai pengering kutu busuk. Menurut penelitian, gel itu bisa membantu menyerap lipid dari kutikula kutu busuk sehingga membuat mereka dehidrasi dan mengering.

6. Simpan cucian di dalam kantong plastik.

Jika kamu biasa mencuci baju di laundry, pastikan kamu menggunakan kantong plastik rapat untuk mengirim dan mengambil bajumu. Selain itu, menyimpan pakaian dalam kantong plastik ketika di rumah bisa membantu mencegah kutu busuk merayap ke pakaian.

7. Buat perangkap menggunakan dry ice.

Menurut para peneliti dari Rutgers University, dry ice bisa membasmi kutu busuk dengan melepaskan karbon dioksida yang menarik serangga. Kamu bisa membuat perangkap dengan mengisi wadah tertutup dengan dry ice dan kelilingi bagian dasarnya dengan sedikit bedak tabur yang membantu memerangkap mereka di dalam.

8. Buat semprotan cuka sendiri.

Cuka mengandung asam asetat yang merusak sistem saraf serangga. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk membuat semprotan yang bisa dipakai untuk membasmi kutu busuk. Isi botol semprotan kosong dengan cuka putih, lalu semprot kutu busuk secara langsung. Selain itu, dengan cuka putih, basahi area yang penuh kutu dan area tempat kutu itu bisa dengan mudah masuk ke rumah.

9. Campur cabai cayenne, oregano, dan jahe.

Satu lagi semprotan yang bisa kamu buat yang berisi berbagai bahan yang mungkin sudah kamu punya di rak bumbumu. Campurkan cabai cayenne, oregano, dan jahe dengan air, masukkan ke botol semprotan, lalu semprot area yang berkutu. Aroma kuat oregano, dicampur dengan rasa pedas cabai cayenne dan jahe, akan mengusir kutu busuk.

10. Gunakan minyak esensial untuk membuat insektisida.

Menurut penelitian dari Entomological Society of America, dua produk berbahan dasar minyak, Bed Bug Patrol dan EcoRaider, membunuh 90% kutu busuk dalam percobaan. Produk alami ini mengandung minyak, seperti geraniol, minyak rosemary, minyak min, minyak kayu manis, minyak pepermin, eugenol, minyak cengkih, dan minyak serai. Kalau kamu mau membuat semprotan, campurkan minyak lavender, minyak pepermin, dan air ke dalam botol semprot.

11. Gunakan dempul pada rumahmu.

Karena kutu busuk cenderung menyerang rumah dengan cara menyusup melalui celah di sekeliling jendela, pintu, dan bahkan dinding, menutup jalan mereka ke rumah bisa mencegah mereka masuk sejak awal. Cari bukaan seperti ini di sekitar rumah, terutama dengan mencari tahu di mana tempat berkumpulnya kutu busuk, lalu oleskan dempul.

12. Gunakan teh kenari hitam.

Teh kenari hitam bisa membantu membasmi kutu busuk dengan komponen bernama juglone dan kamu bahkan tidak perlu meminumnya! Kamu harus mengambil kantong teh yang sudah dipakai dan letakkan di sekitar rumahmu. Itu bisa membantu menyingkirkan kutu dan telurnya. Atau kamu juga bisa mengisi botol semprot dengan teh itu, seperti semprotan dengan cuka.

Cara apa lagi yang pernah kamu gunakan untuk membasmi kutu busuk? Beri tahu kami!

Sisi Terang/Tips & trik/12 Cara Genius untuk Membasmi Kutu Busuk
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya