Sisi Terang
Sisi Terang

12 Cara supaya Peralatan Rumah Tangga Awet dan Tahan Lama

Mendapati sweter favoritmu menyusut setelah dicuci atau pisau cukurmu satu-satunya berkarat tidak lama setelah dibeli rasanya seperti kekecewaan yang teramat besar. Untungnya, beberapa orang telah menjadi ahli dalam merawat peralatan rumah tangga, sehingga mereka pun bermurah hati berbagi kiat sederhana yang berharga dengan semua orang di internet.

Kami di Sisi Terang mengumpulkan trik-trik yang sangat berguna yang bisa membantumu membuat barang sehari-hari bertahan lebih lama dari yang diharapkan.

1. Tambahkan garam pada lilin untuk memperpanjang durasi menyalanya.

Meski terdengar aneh, menambahkan sedikit garam pada lilin hangat setelah memadamkannya dapat memperlambat proses pembakaran. Taburkan sejumput garam secara merata, gunakan tusuk gigi atau sumpit untuk mengaduknya, maka lilin favoritmu akan menyala lebih lama saat kamu menyalakannya lagi.

2. Remas tisu toilet agar gulungannya tidak berputar dengan cepat.

Meremas tisu toilet atau gulungan tisu akan membuatnya berbentuk oval, sehingga lebih sulit untuk diputar. Dengan gulungan normal berbentuk lingkaran, banyak tisu mudah ditarik sekaligus sehingga orang-orang biasanya tidak menggulung kembali sisa tisu yang terlanjur keluar.

  • Kiat pro: berpura-pura seolah-olah itu gulungan tisu terakhirmu dapat membuatmu lebih sadar tentang seberapa banyak yang telah kamu pakai.

3. Perpanjang umur pakai spons dengan tidak menyeka permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah.

Banyak ahli kesehatan berkata bahwa spons yang dipakai untuk membersihkan permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah harus dibuang. Ini tidak berarti kamu dengan serta-merta membeli spons baru setiap kali membersihkan residu semacam itu. Sebagai gantinya, gunakan semprotan antibakteri dan kertas tisu untuk menyeka talenan. Hal ini akan membuatmu aman dari kuman mematikan dan membantu memperpanjang umur pakai spons dapurmu.

  • Kiat bonus: Alih-alih membiarkan sponsmu tergeletak di bagian bawah wastafel, beli salah satu tempat spons yang menggantung sehingga spons dalam keadaan kering sepanjang waktu. Kelembapan merusak spons, sehingga menjaganya tetap kering adalah kunci untuk membuatnya lebih tahan lama.

4. Memberi minyak pada wajan antilengket dapat membuatnya awet selama bertahun-tahun.

Sebagian besar resep lezat membutuhkan minyak, penggunaan minyak juga dapat memberikan efek positif untuk panci dan wajan antilengketmu. Minyak akan membantu mengisi celah kecil atau pori-pori di wajan, membuat permukaan benar-benar halus dan rata. Berikut cara melakukannya:

  • Cuci wajan dalam keadaan hangat, pakai air berbusa.
  • Bersihkan secara menyeluruh dengan kertas tisu atau kain dapur.
  • Tambahkan satu sendok makan minyak serta gosok bagian bawah dan tepi wajan.
  • Panaskan selama sekitar 60 detik.
  • Angkat wajan dari api dan biarkan dingin.
  • Bersihkan minyak berlebih.
  • Sekarang wajanmu siap terpapar suhu tinggi tanpa mengalami kerusakan.

5. Kibaskan handuk setelah dicuci supaya tetap mengembang.

Setelah selesai mencuci handuk mandi dan handuk tangan, kibaskan handukmu sebelum dilipat dan dijemur. Cara ini meningkatkan daya serap, menjaga seratnya tetap halus, dan memberi kesan mewah, sehingga membuat handuk lebih tahan lama dari yang direncanakan.

  • Kiat bonus: Hindari mencuci terlalu banyak handuk sekaligus. Sebaliknya, urutkan ke dalam kelompok berdasarkan warna, ukuran, dan seberapa parah kotornya. Cara ini akan menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan handukmu dibilas dengan benar, tanpa ada kuman atau noda yang tertinggal di kain, yang akan memperpanjang umur handukmu.

6. Untuk memastikan tepung tetap segar selama berbulan-bulan, simpan saja di dalam freezer.

Tepung bukanlah salah satu bahan makanan yang punya umur simpan lama, sehingga tidak cukup hanya menyimpannya di dapur yang sejuk dan kering untuk membuatnya tetap segar. Cara terbaiknya adalah dengan memasukkan tepung ke dalam kantong atau wadah kedap udara lalu simpan di dalam kulkas atau freezer.

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membeli sekantong tepung baru adalah memasukkannya ke dalam freezer lalu menyimpannya di sana selama 2 hari. Suhu dingin akan membunuh kuman yang mungkin sudah ada di dalam tepung saat kamu membelinya.

7. Jangan simpan pisau cukur di kamar mandi jika kamu ingin memakainya untuk waktu yang lama.

Menurut para ahli, lingkungan yang lembap dan hangat merupakan tempat terburuk untuk menyimpan pisau cukurmu. Tidak hanya dapat membuatnya berkarat, tetapi juga dapat menyebabkan ruam dan masalah kulit saat dipakai. Jadi, untuk membuat pisau cukurmu lebih awet, gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya segera setelah dipakai lalu simpan di tempat yang kering di luar kamar mandi.

8. Balikkan stoples untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Mendapati selai favoritmu dalam keadaan basi sebelum tanggal kedaluwarsa benar-benar bisa merusak harimu. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, letakkan stoples terbalik untuk menciptakan ruang hampa udara yang akan mencegah atau memperlambat pertumbuhan jamur.

9. Jangan buang sweter yang sudah menyusut.

Sebenarnya ada solusi mudah untuk musibah yang bisa menimpa siapa saja ini. Untuk mengembalikan sweter yang menyusut ke bentuk semula, cukup rendam dalam campuran kondisioner rambut dan air hangat lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Efek lembut dari kondisioner rambut membantu melonggarkan serat kain, membuat swetermu meregang kembali ke ukuran aslinya. Jangan lupa untuk melakukan ini dengan lembut untuk menghindari peregangan yang terlalu berlebih.

10. Taburkan soda kue di sofa supaya kainnya awet.

Trik kecil yang berguna ini akan membantumu menghemat uang daripada harus menyewa seorang profesional untuk membersihkan kain pelapis sofamu. Cukup taburkan soda kue secukupnya di atas sofa, lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, singkirkan soda kue dengan penyedot debu. Soda kue akan menghilangkan noda ringan dan bau dari kain. Melakukan hal ini sesekali akan membuat sofamu tetap awet dan segar.

11. Ada satu cara agar roti tetap segar selama berbulan-bulan.

Tidak seperti yang diyakini orang pada umumnya, kulkas bukanlah tempat terbaik untuk menyimpan roti supaya tidak basi. Justru sebaliknya. Masukkan roti ke dalam kantong atau wadah kedap udara dan taruh ke dalam freezer, cara ini bisa membuat roti bertahan hingga 3 bulan.

12. Bersihkan layar laptop dengan kain lap lensa kacamata.

Mengetahui cara membersihkan permukaan sensitif dengan benar, seperti layar laptop, bisa membuatnya terlihat mengilap dan baru untuk waktu yang lama. Gunakan kain lap kacamata untuk menghilangkan sidik jari, noda berminyak, dan sisa-sisa noda tanpa merusak atau menghilangkan lapisan halus layar laptopmu. Kain lap yang dijual dalam bungkusan terpisah juga bagus untuk orang yang sedang bepergian dan membutuhkan pembersihan cepat.

Pernahkah kamu mencoba salah satu dari metode di atas? Seberapa sukses kamu memperpanjang umur peralatan rumah tanggamu? Bagikan cerita serta pengalamanmu dengan kami di kolom komentar.

Sisi Terang/Tips & trik/12 Cara supaya Peralatan Rumah Tangga Awet dan Tahan Lama
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya