Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

12 Hal yang Dapat Menjaga Keamanan Rumahmu Saat Kamu Pergi

Menurut statistik, ada sekitar 7.000 apartemen di Barcelona dirampok setiap tahunnya. Apa kita bisa mencegah perampok masuk, meskipun tidak mampu membeli sistem keamanan yang canggih?

Sisi Terang mengumpulkan tips sederhana dan efektif yang dapat melindungi dan bahkan membuat pencuri enggan masuk ke rumahmu.

12. Sembunyikan barang berharga saat ada orang asing di dalam rumahmu.

Saat tukang ledeng memperbaiki wastafelmu, mereka memiliki kesempatan untuk melihat isi ruangan. Mereka bisa saja berubah menjadi orang jahat yang memberitahukan komplotannya. Mereka juga bisa mencuri dompet atau anting yang diletakkan di atas meja. Tentu ini bukan berarti semua tukang ledeng dan tukang lainnya adalah pencuri, tetapi kamu harus tetap waspada. Kami sarankan untuk mencari tahu reputasi perusahaan penyedia jasa sebelum menggunakan jasa mereka.

11. Jangan biarkan pencuri mendengar teleponmu berdering.

Beberapa pencuri menggunakan trik telepon rumah: mereka menelepon ke telepon rumahmu dan menunggu diangkat. Jika tidak ada yang mengangkat, artinya tidak ada orang di rumah. Jika kamu mengecilkan volume atau mematikan suara dering telepon, kamu akan membuat mereka kebingungan karena tidak mendengar suara apa pun.

10. Pasang kunci yang andal.

Menurut data, pencuri hanya memerlukan 60 detik untuk membobol rumah, dan 73% dari kasus pembobolan masuk dari pintu depan. Kunci yang paling berisiko adalah kunci silinder dan kunci yang paling rumit dibuka adalah kunci tuas. Disarankan untuk mengunci pintu dengan kunci pin tumbler dan kunci tuas karena kombinasi ini yang paling dapat diandalkan. Ada juga jenis yang dapat rusak ketika ada yang mencoba membukanya tanpa menggunakan kunci.

9. Lindungi jendela rumah.

Cara lain untuk masuk ke rumahmu adalah melalui jendela. Karena itu disarankan untuk memasang terali jika kamu tinggal di lantai satu atau dua. Jangan lupa untuk mencari tahu cara melarikan diri dalam keadaan darurat: beli terali yang dilengkapi dengan kunci.

8. Jaga kebersihan sekeliling rumah.

Jangan biarkan pencuri berpikir rumahmu kosong. Bersihkan halaman rumah saat musim panas dan jalan kecil di depan rumah saat musim dingin.

7. Manfaatkan rasa takut pencuri untuk melawan mereka.

Pencuri takut tertangkap. Kami sarankan untuk memasang papan bertuliskan, “dilengkapi pengaman”. Trik ini akan membuat mereka berpikir ulang untuk menyusup ke rumahmu.

6. Buang kardus barang-barang mahal dengan benar.

Saat membuang kardus TV atau kulkas baru, kamu menarik perhatian pencuri yang berpotensi untuk mencuri barang tersebut. Untuk menghindari masalah, robek kardus sebelum membuangnya supaya tidak menarik perhatian.

5. Berpura-pura.

Bayangkan kamu ingin pergi ke luar rumah sebentar. Kamu sudah berada di jalan saat melihat ada orang yang bertingkah aneh. Mereka mungkin menunggumu pergi agar dapat membobol rumahmu. Jangan takut: berbaliklah dan lambaikan tangan seolah ada orang di dalam rumah.

4. Periksa kuncimu.

Jika melihat ada goresan di kunci pintumu, artinya ada pencuri yang berusaha membukanya. Jadi, sebelum membuka pintu dan memasuki rumah, periksa kunci rumah agar ada kesempatan untuk bertindak cepat dalam keadaan darurat.

3. Biarkan cahaya matahari masuk.

Jendela yang ditutup dengan gorden selama beberapa hari berturut-turut menandakan bahwa rumah kosong: tidak banyak orang yang suka hidup tanpa sinar matahari. Jadi, saat meninggalkan rumah, pastikan kamu tidak menutup rapat gorden agar pencuri mengira kamu ada di dalam rumah.

2. Tanam pepohonan berdaun kasar atau berduri pada pagar dan jendela.

Ubah pagar biasa menjadi tameng, tanami pepohonan berdaun kasar atau berduri seperti dog rose atau dewberry. Kamu juga dapat menanam mawar di bawah jendela. Semua tanaman ini akan membuat misi pencuri jadi sangat menantang.

1. Jangan memberi informasi apa pun via telepon.

Hati-hati dengan perusahaan layanan aneh yang menelepon dan menanyakan tentang tempat kerja dan jam kerjamu, atau tentang orang-orang yang tinggal bersamamu. Ini adalah salah satu metode yang digunakan pencuri untuk mencari tahu riwayat rumah sasarannya, dan waktu yang paling pas untuk membobol rumahmu.

Apakah kamu menerapkan trik anti maling? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar kepada kami.

Bagikan Artikel Ini